Info Sehat

Cara Mudah dan Cepat Menyembuhkan Pilek

Info Sehat – Hidung berair atau pilek adalah masalah yang sangat umum dan menyebalkan. Hal itu terjadi bila ada peningkatan lendir di...

Written by Dwi · 3 min read >
Cara Mudah dan Cepat Menyembuhkan Pilek

Info Sehat – Hidung berair atau pilek adalah masalah yang sangat umum dan menyebalkan. Hal itu terjadi bila ada peningkatan lendir di sinus dan nasal. Peningkatan produksi lendir adalah cara tubuh membilas virus flu atau flu, iritasi dan alergen di luar tubuh.

Beberapa penyebab paling umum dari pilek adalah flu biasa , reaksi alergi , infeksi sinus dan perubahan cuaca yang tiba – tiba . Jika tidak diobati secara tepat waktu, bisa menyebabkan batuk, sakit telinga, sakit kepala dan masalah lainnya.

Cara Mudah dan Cepat Menyembuhkan Pilek
Source:kompas.com

Ada banyak obat bebas untuk pilek, tapi seringkali efek sampingnya tidak enak seperti kantuk. Banyak pengobatan di rumah sederhana dapat memberi Anda kelegaan instan dan mengurangi intensitas gejala Anda, tanpa efek samping.

Berikut adalah pengobatan rumah untuk mengobati pilek dan hidung meler.

 

1.Air Garam

Air garam adalah obat rumah terbaik untuk mengurangi iritasi yang menyertai hidung meler. Air garam akan membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dikeluarkan. Ini juga akan membantu membersihkan saluran hidung dari iritan.

  • Campurkan satu sendok teh garam dalam dua gelas air hangat suling.
  • Dengan menggunakan penetes, masukkan beberapa tetes larutan ke setiap lubang hidung dengan kepala miring ke belakang.
  • Tarik napas dengan sangat hati-hati untuk menarik napas lebih jauh ke bagian hidung Anda. Kemudian hembuskan melalui hidung Anda untuk menghilangkan kelebihan lendir dan larutan.
  • Lakukan ini beberapa kali saat duduk sampai Anda merasa lega.
  • Ulangi beberapa kali setiap hari sampai kondisinya membaik.

 

2.Uap

Uap juga merupakan obat rumah yang efektif untuk hidung meler. Ini membantu mengeluarkan kelebihan lendir yang menyebabkan pilek dan bersin.

  • Pegang wajah Anda di atas semangkuk air panas, dengan handuk di atas kepala Anda untuk menjebak uap. Bernapaslah dalam uap selama sekitar 10 menit, lalu hembuskan napas dari hidung Anda. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari.
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau mentol ke air panas sebelum bernapas dalam uap.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mandi air panas atau mandi.

 

3.Kunyit

Kunyit bekerja sebagai obat penawar untuk banyak kondisi kesehatan, termasuk pilek. Ramuan ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri dan antivirus yang kuat yang membuatnya sangat efektif untuk mengobati pilek dan juga pilek .

  • Rendam satu setengah sendok teh kunyit kering di atas secangkir minyak biji rami. Pegang campuran di atas api sampai mulai mengeluarkan uap. Pelan-pelan menghirup uap melalui satu lubang hidung dan kemudian yang lainnya. Lakukan ini dua kali sehari.
  • Setengah sendok teh bubuk kunyit juga bisa diminum dua kali sehari. Anda bisa membawanya dengan air. Ini akan membantu melonggarkan lendir di tubuh.
  • Campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat dan diminum sebelum tidur. Ini akan menawarkan kelegaan cepat dari pilek, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan juga asma. Anda juga bisa menambahkan sejumput lada hitam.

Baca jugaCara Mudah dan Alami Untuk Mengobati Wasir

4.Jahe

Jahe memiliki berbagai antioksidan serta khasiat antiviral, antitoksik, dan antijamur yang membantu memberikan kelegaan cepat dari berbagai gejala pilek.

  • Mengunyah satu buah jahe kecil mentah yang ditaburi garam beberapa kali sehari mengurangi pilek dengan cepat.
  • Potong akar jahe menjadi irisan tipis, masukkan ke dalam secangkir air dan rebus sebentar untuk membuat teh. Tambahkan sedikit madu secukupnya dan minumlah teh tiga atau empat kali sehari.
  • Rebus satu sendok teh bubuk jahe dalam dua gelas air dan hirup uapnya.
  • Jahe juga bisa diambil dalam bentuk pelega tenggorok, yang tersedia di pasaran, untuk mencegah pilek.

 

5.Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat sehingga menjadikannya perawatan yang luar biasa untuk hidung yang meler.

  • Siapkan sup bawang putih dengan merebus tiga atau empat siung bawang putih cincang dalam secangkir air selama beberapa menit. Saring airnya, tambahkan sedikit gula dan minum sup dua kali sehari.
  • Mengunyah sepotong kecil bawang putih tiga atau empat kali sehari untuk menghangatkan tubuh Anda dan mendapatkan bantuan dari hidung meler.
  • Suplemen bawang putih juga bisa dikonsumsi secara teratur untuk mencegah atau mengurangi frekuensi pilek.

 

6.Madu

Madu memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang kuat yang membantu mengurangi berbagai gejala pilek.

  • Taruh dua sendok makan madu secangkir. Tambahkan sedikit bubuk kayu manis dan satu setengah sendok makan jus lemon ke dalamnya. Ambil campuran ini dua kali sehari.
  • Campur dua sendok teh madu dalam segelas air hangat. Minum ini dua kali sehari.
  • Campurkan satu sendok makan madu dan tiga atau empat tetes jus lemon segar ke dalam segelas air hangat. Minumlah selagi masih hangat, dua kali sehari. Obat ini bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda saat melawan pilek.

 

7.Kemangi

Kemangi memiliki antibakteri, antijamur dan antivirus serta khasiat penyembuhan kuat yang akan menghangatkan tubuh Anda di dalam dan merawat hidung meler Anda.

  • Kunyah tiga atau empat daun kemangi sebelum sarapan setiap pagi dan sebelum tidur di malam hari.
  • Makan dua sampai tiga daun kemangi dengan sedikit jaggery dua kali sehari untuk menyingkirkan pilek dan flu.
  • Tambahkan delapan sampai 10 daun kemangi dan lima cengkeh ke secangkir air. Rebus selama 10 menit. Tambahkan sedikit gula. Biarkan larutan menjadi dingin lalu diminum. Lakukan ini dua kali sehari.

 

8.Cabe rawit

Cabai rawit bertindak sebagai antihistamin untuk membersihkan hidung tersumbat sekaligus membantu mengobati pilek. Cabai rawit meningkatkan debit hidung sehingga tubuh Anda dapat menyiram penyumbatan dan racun yang menyebabkan hidung berair.

Ini juga membantu meningkatkan sirkulasi, yang akan menghangatkan Anda. Jadi, saat menderita pilek, usahakan memasukkan lebih banyak cabe rawit sambil menyiapkan makanan Anda.

Hidung berair biasanya akan sembuh dalam beberapa hari setelah menggunakan satu atau lebih pengobatan di rumah ini. Namun, jika Anda terkena demam, batuk atau sakit badan, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *