Cara Mudah dan Alami Untuk Mengobati Wasir

3 min read

Cara Mudah dan Alami Untuk Mengobati Wasir

Info Sehat – Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, mempengaruhi sebanyak 75 persen orang di Amerika Serikat di di dalam kehidupan mereka. Mereka paling sering menyerang saat orang berusia antara 45 dan 65 tahun .

Masalah umum ini terjadi saat pembuluh darah di anus dan rektum menjadi bengkak dan meradang. Sejumlah faktor yang menyebabkan wasir seperti gravitasi, riwayat keluarga, konstipasi, diet rendah serat, angkat berat, obesitas, alergi makanan, kurang aktivitas fisik, kehamilan, dan duduk atau berdiri lama.

Wasir terutama terdiri dari dua jenis – internal atau eksternal. Sebagai istilah yang disarankan, wasir internal berkembang di dalam rektum dan wasir eksternal berada tepat di bawah kulit di sekitar anus.

Beberapa gejala umum wasir adalah bekuan darah atau benjolan di sekitar anus , berdarah saat buang air besar , iritasi di dekat daerah anus , dan dorongan untuk buang air besar meski tidak ada tinja .

Cara Mudah dan Alami Untuk Mengobati Wasir

Jika dibiarkan dan tidak diobati terlalu lama, wasir juga dapat menyebabkan komplikasi seperti kehilangan darah kronis, tumpukan yang tersendat, kematian jaringan dan bahkan kanker dubur atau kolorektal. Untungnya, tidak sulit mengobati wasir dan meredakan gejala dengan bahan alami yang sederhana.

Cara Mudah Mengobati Wasir dengan Bahan Alami

Berikut adalah pengobatan rumah untuk mengobati wasir.

1.Es

Perawatan rumah pertama yang sangat dianjurkan adalah es. Es akan membantu menyempitkan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan dan memberi Anda penghilang rasa sakit dengan cepat.

  • Oleskan es atau sepotong es yang dilelehkan yang dibungkus kain secara langsung di daerah yang terkena selama sekitar 10 menit. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai wasir hilang.
  • Anda bahkan bisa menggunakan satu pak kecil sayuran beku seperti kacang polong atau jagung. Bungkus bungkus dalam handuk teh dan kemudian oleskan pada wasir. Lakukan ini selama 20 menit setiap kali, tiga kali sehari.

2.Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan terbaik untuk mengobati wasir. Sifat anti-inflamasi dan terapeutik aloe vera membantu mengurangi iritasi wasir. Lidah buaya dapat digunakan untuk wasir internal dan eksternal.

  • Untuk mengobati wasir eksternal, oleskan sedikit gel aloe vera ke anus Anda dan pelan-pelan pijat daerah tersebut. Obat sederhana ini akan menghilangkan rasa sakit dan menenangkan sensasi terbakar.
  • Untuk mengobati wasir internal, potong daun lidah buaya dengan potongan. Pastikan untuk memotong bagian tanaman seperti duri. Tempatkan irisan dalam wadah dan bekukan. Oleskan strip lidah buaya dingin ke wasir yang menyakitkan untuk menghilangkan rasa sakit, terbakar, dan gatal.

Baca jugaCara Alami Untuk Mengobati Penyakit Tuberkulosis

3.Jus lemon

Jus lemon mengandung berbagai nutrisi yang bisa memberi Anda kelegaan dari wasir dengan memperkuat kapiler dan dinding pembuluh darah.

  • Rendam bola kapas ke dalam jus lemon segar dan oleskan pada wasir. Awalnya akan ada sedikit kesemutan atau sensasi terbakar, namun kelegaan dari rasa sakit akan segera sembuh.
  • Sebagai alternatif, peras setengah lemon ke dalam secangkir susu panas dan minumlah. Lakukan ini setiap tiga jam untuk hasil terbaik.
  • Campur satu setengah sendok teh masing-masing jus lemon, jus jahe, jus mint dan madu bersama. Ambil ini sekali sehari.

4.Minyak almond

Minyak almond yang dikenal dengan sifat penyerapan emolien dan penyerapan jaringan dalam, digunakan terutama untuk pengobatan wasir eksternal. Celupkan bola kapas ke minyak almond murni dan oleskan di daerah yang terkena. Ini melembabkan dan meredakan peradangan, dan akan menghilangkan rasa terbakar dan gatal di dalam dan sekitar anus. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

5.Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan digunakan terutama untuk mengobati wasir eksternal. Ini akan membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang akan membantu mengurangi peradangan dan mengecilkan ukuran pembuluh darah bengkak di anus.

  • Konsumsilah satu sendok teh minyak zaitun setiap hari. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan lemak tak jenuh tunggal akan meningkatkan fungsionalitas sistem ekskretoris.
  • Buatlah jus dari beberapa daun plum dan tambahkan ke minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada wasir Anda. Ini akan memberi Anda kelegaan dari rasa sakit dan pembengkakan.

6.biji-bijian utuh

Mulailah mengkonsumsi produk gandum jika Anda menderita wasir. Produk biji-bijian utuh mengandung serat dalam jumlah yang baik, yang sangat efektif dalam menghilangkan gejala ambeien dan pendarahan.

Nutrisi ini membantu membersihkan sistem gastrointestinal, mencegah sembelit dan membiarkan usus besar bekerja lebih efisien. Makanan kaya serat dapat melembutkan tinja dan membantu mengurangi ketegangan saat buang air besar . Beberapa produk gandum terbaik adalah gandum, jelai, jagung, beras merah, millet, quinoa dan soba.

7.Cuka Apel

Karena sifat zat dari cuka sari apel, membantu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak dan memberi kelegaan dari pembengkakan dan iritasi pada wasir internal dan eksternal. Pastikan untuk menggunakan cuka tanpa filter dan tidak dipasteurisasi untuk hasil yang lebih cepat.

  • Dalam kasus wasir eksternal, dengan lembut tekan bola kapas yang direndam dalam cuka sari apel melawan daerah yang meradang. Awalnya akan ada sensasi menyengat, tapi tak lama lagi Anda akan terhindar dari gatal dan iritasi. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai pembengkakan berkurang.
  • Dalam kasus wasir internal, tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke segelas air dan minumlah setidaknya dua kali sehari. Anda bisa menambahkan madu untuk membuatnya terasa lebih enak.

8.Kantong Teh Hitam

Asam Tannic hadir dalam teh adalah sejenis zat alami yang akan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri yang berhubungan dengan wasir.

  • Basahi kantong teh hitam di air panas. Keluarkan dari air dan biarkan dingin sedikit. Oleskan kantung teh hangat dan basah ke pembuluh darah bengkak selama sekitar 10 menit. Lakukan ini dua atau tiga kali sehari.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kantong teh dingin dan bekas ke wasir selama lima sampai 10 menit.

9.Air

Saat menderita wasir internal atau eksternal, tingkatkan asupan air Anda . Usahakan minum delapan sampai 10 gelas air putih per hari.

Asupan air yang cukup membantu membersihkan sistem internal Anda dan melembabkan seluruh tubuh Anda. Ini juga memfasilitasi pergerakan usus dan membuat tinja tetap lembut, dapat juga mengurangi kebutuhan akan ketegangan.

Bila Anda tidak cukup minum air putih dan cairan lainnya, proses pembilasan sampah keluar dari tubuh melambat dan bisa terjadi penyumbatan di usus. Hasil akhirnya adalah tinja keras yang akan membuat masalah wasir lebih parah.

Jika Anda memiliki wasir yang persisten, menyebabkan perdarahan hebat atau sering kambuh lagi, berkonsultasilah dengan dokter.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *