Info Sehat

Cara memilih makanan ringan yang sehat untuk anak

Makanan merupakan sumber kebutuhan energy setiap manusia, namun ada beberapa jenis makanan seperti makanan ringan, makanan berat, dan lainnya. Perlu Anda tahu...

Written by Rachmad · 2 min read >
Cara memilih makanan ringan yang sehat untuk anak

Makanan merupakan sumber kebutuhan energy setiap manusia, namun ada beberapa jenis makanan seperti makanan ringan, makanan berat, dan lainnya. Perlu Anda tahu bahwa makanan ringan merupakan sepertiga kalori yang dibutuhkan oleh anak-anak. Memilih makanan ringan yang sehat seperti cemilan adalah cara terbaik yang dapat Anda berikan pada anak. Hal ini juga sama pentingnya dengan sarapan, makan siang, dan juga makan malam namun dengan kebutuhan gizi yang seimbang. Tidak hanya mementingkan pada makanan utama untuk anak Anda, tetapi Anda juga harus perhatikan juga pada kebutuhan makanan cemilan untuk mereka yang sehat dan bergizi tentunya. Untuk itu kami di sini mengajak Anda bagaimana cara memilih makanan ringan yang sehat untuk anak, sebagai berikut ini.

Cara memilih makanan ringan yang sehat untuk anak

Cara memilih makanan ringan yang sehat untuk anak

1.Hindari makanan camilan yang mengandung rasa ekstra

Orang tua sekarang perlu mewaspadai makanan camilan berbahaya yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan anak seperti pengawet, garam boraks, dan warna artifisial yang tidak aman. Yang terbaik adalah menghindari dan tidak mengandung garam dalam jumlah yang berlebihan, atau rasa dan bahan-bahan lain yang tidak dikenal. Apalagi makanan ringan asin tidak cocok untuk anak kecil. Makanan ringan ini memiliki kandungan natrium yang tinggi dan tidak memiliki manfaat nutrisi, karena dapat merusak kesehatan sedikit. Karena itu orang tua perlu menghindari camilan yang mengandung perasa untuk anak-anak.

2.Jauhkan anak Anda dari makanan tidak sehat (junk food)

Dengan semakin banyak makanan sehat yang bermanfaat untuk Anak, sekarang Anda juga semakin mudah untuk menghindari makanan yang tidak sehat. Tapi, seperti yang sudah diketahui bahwa makan makanan yang tidak sehat (junk food) bisa membuat kecanduan semua orang dan itu juga termasuk anak-anak. Hindari anak Anda untuk makanan junk food dan pilihlah jenis makanan yang lebih sehat, seperti rumput laut goreng untuk pengganti keripik kentang atau gandum. Ini bisa menjadi sumber energi yang baik untuk pertubuhan mereka.

3.Jadikan memakan camilan menjadi menyenangkan

Saran ketiga yang dapat dilakukan orang tua adalah lebih kreatif dalam menyiapkan makanan ringan untuk anak-anak. Bentuklah atau cetak camilan tersebut sesuai dengan selera mereka, hal ini tentunya membuat mereka lebih tertarik untuk memakannya. Contohnya Anda dapat membuat wajah lucu di puding atau buah. Anda juga dapat menggunakan cara-cara baru untuk memakan makanan ringan tersebut yang dapat membuat anak Anda tertarik untuk memakannya. Cobalah untuk menggunakan sumpit atau tusuk gigi ketika akan makan makanan tersebut sambil membuat candaan kecil pada mereka.

4.Jadikan gandum atau biji-bijan sebagai camilan

Biji-bijian atau gandum dalam bentuk sereal maupun cupcakes sangat berguna dan bermanfaat untuk anak-anak. Kacang atau biji-bijian ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama. Kacang ini kaya akan vitamin E dan antioksidan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Jenis kacang-kacangan  ini juga bisa menjadi sumber energi yang baik karena mempunyai kandungan vitamin E dan tiamin. Anda dapat memilih muesli segar dan manis sebagai camilan untuk anak Anda. Segera mulailah dari hari ini, untuk menjadi orang tua yang bijak dalam memilih camilan sehat untuk anak-anak.

5.Tambahkan menu camilan sehat

Sebaiknya Anda sebagai orang tua tidak memilih satu jenis camilan saja dan lebih bervariasi dalam memberikan cemilan pada anak. Tidak ada makanan yang sempurna, serta dapat memenuhi semua kebutuhan gizi pada anak-anak. Oleh sebab itu, temukan banyak camilan lain dan harus bervariasi agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Perlu Anda tahu bahwa ada banyak jenis buah dan sayuran yang dapat Anda siapkan untuk anak-anak, seperti melon, apel, anggur, dan camilan sehat lainnya. Anda juga dapat mengubahnya menjadi salad buah atau keripik buah yang Anda buat sendiri dirumah sebagai camilan sehat untuk anak-anak. Dengan menu makanan cemilan yang lebih bervariasi ini, dimaksudkan agar anak Anda tidak merasakan bosan saat memilih makanan cemilan yang Anda siapkan padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *