Info Sehat

Cara Cepat Mengantuk atau Tidur untuk yang Sudah Terbiasa Begadang

Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur atau tidak mudah mengantuk. Ada juga orang yang sangat mudah tidur, dimanapun tempatnya dan kapanpun pasti...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
cara mudah tidur

Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur atau tidak mudah mengantuk. Ada juga orang yang sangat mudah tidur, dimanapun tempatnya dan kapanpun pasti bisa tidur. Memang kedua masalah tersebut banyak dialami oleh manusia. Banyak yang mengira bahwa aktivitas tidur sangat sederhana dan mudah namun kenyataannya banyak orang yang sulit juga untuk mengantuk atau tidur.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan mengantuk atau tidur, jangan khawatir. Berikut disajikan cara cepat mengantuk atau tidur.

Cara Cepat Mengantuk atau Tidur

cara mudah tidur

Tetapkan Jam Tidur dengan Tepat

Aturlah jam tidur Anda dengan tepat. Cara ini merupakan langkah awal agar Anda cepat untuk tidur dengan porsi normal. Meskipun awalnya Anda akan merasa terbebani dan cukup sulit, tapi jika sudah Anda biasakan akan mudah.

Dengan menerapkan tidur pada jam-jam normal, pastinya Anda akan memperoleh manfaat dari kebiasaan baik tersebut. Tubuh Anda akan lebih rileks dan siap untuk tidur di jam normal. Hal tersebut juga berpengaruh pada psikologis Anda sehingga ego yang ada pada diri akan dikesampingkan. Lakukan hal ini dengan rutin agar menjadi kebiasaan positif yang terus terpelihara.

Benamkan wajah dalam air dingin

Cara yang satu ini juga dapat Anda coba dengan cara membenamkan wajah ke air dingin. Cara tersebut dapat Anda lakukan saat sulit untuk mengantuk.

Cara membenamkan wajah ke dalam air dingin dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah Anda sehingga sistem saraf akan mengatur ulang yang bertujuan menenangkan tubuh sehingga membantu Anda rileks saat tidur.

Lakukan pernapasan 4-7-8

Menurut pakar kesehatan pernapasan 4-7-8 merupakan salah satu cara cepat mudah mengantuk atau tidur. Metode tersebut diawali dengan menenangkan pikiran, setelah itu melakukan relaksasi tubuh dengan cara mengatur pernafasan dalam  tahapan.

Cara tersebut dilakukan dengan fokus saat menghirup dan mengembuskan nafas agar hasilnya maksimal dan Anda dapat mengantuk. Cobalah cara tersebut dalam 2 kali sehari, pada waktu pagi hari dan waktu menjelang tidur.

Cobalah Tidur dengan ruangan gelap dan  posisi tubuh telentang

Cara tidur dengan ruang gelap dan tubuh telentang dapat membuat sinyal otak untuk segera beristirahat. Dengan kondisi tersebut otak tidak akan memproses pesan dengan baik sehingga akan timbul penafsiran untuk tidur. Otot mata akan lelah sehingga rasa kantuk akan Anda rasakan dengan cepat.

Pijitlah titik-titik pemicu tidur dengan lembut

Dalam badan terdapat titik-titik tertentu yang memicu sulit tidur. Oleh karena itu dengan memijat-mijat titik tersebut akan menimbulkan sebuah efek. Titik-titik tersebut diantaranya alis, titik antara jempol dan jari telunjuk kaki sebelah kanan, dan titik di bawah kuku telunjuk kaki sebelah kanan.

Sembunyikan jam! Mengecek waktu terus-menerus justru membuat Anda semakin cemas dan sulit tertidur

Cobalah untuk menyembunyikan jam ataupun ponsel dari jangkauan Anda. Fokuslah untuk segera tidur. Jika Anda melihat jam atau ponsel dengan terus-terusan akan menimbulkan stres sehingga semakin sulit untuk tidur karena sistem saraf yang bertugas mengatur tidur akan terhambat. Dengan melihat jam akan membuat tingkat kekhawatiran Anda semakin meningkat tidak bisa tidur.

Bernapaslah dengan hidung sebelah kiri untuk menurunkan tekanan darah

Cara cepat mudah mengantuk atau tidur yang terakhir adalah bernafas dengan hidung sebelah kiri, cara ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga membuat Anda tenang. Teknik tersebut sangat efektif jika Anda mengalami kesulitan saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *