Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Insomnia

2 min read

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Insomnia

Info Sehat – Insomnia adalah kelainan tidur yang umum ditandai dengan sulitnya tidur. Hal ini menyebabkan kelelahan siang hari, kinerja buruk, sakit kepala tegang, mudah tersinggung, depresi, dan berbagai masalah lainnya.

Insomnia umumnya terdiri dari dua jenis: akut dan kronis. Insomnia akut biasanya lebih sering terjadi dan berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Insomnia kronis, di sisi lain, berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan lebih lama lagi.

Ada berbagai penyebab termasuk stres, kecemasan, gangguan psikotik, kebiasaan tidur yang buruk, gangguan pada lingkungan tidur, perubahan kehidupan, kafein atau stimulan lainnya, nyeri kronis, kesulitan bernafas, dan kondisi medis tertentu seperti radang sendi, gagal jantung, acid reflux , dan lain-lain.

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Insomnia
Source : bbc.com

Ini juga bisa menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, alfa-blocker, beta-blocker, penghambat ACE, dan banyak lagi.

Berikut adalah 10 solusi rumah untuk mengatasi insomnia.

1.Jinten

Jinten adalah bumbu kuliner dengan khasiat obat yang membantu dalam pencernaan . Dalam pengobatan tradisional, obat ini digunakan untuk menginduksi tidur. Minyak jinten juga memiliki efek penenang.

  • Campurkan satu sendok teh bubuk jinten ke dalam pisang tumbuk dan makan sebelum tidur.
  • Anda juga bisa minum teh jinten untuk mengurangi kelelahan, Insomnia dan kelelahan. Untuk menyiapkan teh, panaskan satu sendok teh biji jinten pada suhu rendah selama sekitar lima detik, tambahkan satu cangkir air dan aduk sampai mendidih. Matikan api, tutup wadahnya dan biarkan selama sekitar lima menit. Terakhir, saring dan minumlah teh jinten ini sebelum tidur.

2.Pala

Pala memiliki sifat penenang dan berfungsi sebagai alat bantu tidur alami.

  • Tambahkan satu atau delapan sendok teh atau hanya sedikit bubuk pala ke secangkir susu hangat. Minumlah sebelum tidur.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan seperempat sendok teh pala segar ke secangkir air hangat atau jus buah apapun. Minumlah sebelum tidur.
  • Anda juga bisa mencampur sedikit bubuk pala dalam satu sendok makan jus gooseberry India (amla). Konsumsilah ini tiga kali sehari. Selain insomnia, selain itu juga mengobati gangguan pencernaan dan depresi.

3.Teh Chamomile

Karena sejarahnya yang panjang sebagai alat bantu tidur, teh chamomile adalah obat alami alami yang terkenal untuk insomnia. Meskipun alasan pastinya tidak diketahui, penelitian ilmiah telah menyarankan bahwa senyawa yang disebut apigenin dalam chamomile dapat bertanggung jawab atas efek sedatifnya.

Cukup nikmati secangkir teh chamomile untuk menginduksi tidur dan relaksasi. Anda juga bisa mempermanisnya dengan sejumput kayu manis dan beberapa madu.

Baca jugaTips Tidur Nyenyak Yang Harus Anda Coba

4.Pisang

Makan pisang bisa bermanfaat dalam memerangi insomnia karena mengandung asam amino yang disebut tryptophan yang membantu meningkatkan kadar serotonin, yang membantu mengatur pola tidur. Ini juga akan meningkatkan mood Anda dan membantu mengatur nafsu makan Anda . Mineral seperti zat besi, kalsium, dan kalium yang ada pada buah ini juga membantu tidur.

5.Susu hangat

Susu hangat adalah obat rumah yang sangat baik untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Apalagi, seperti pisang, susu mengandung triptofan yang mempromosikan tidur.

  • Campurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir susu hangat.
  • Minumlah satu jam sebelum tidur.

6.Fenugreek

Fenugreek mengurangi kecemasan, insomnia, dan pusing.

  • Campur dua sendok teh jus yang diambil dari daun fenugreek dan satu sendok teh madu.
  • Konsumsilah setiap hari.

7.Mandi air panas

Mandi air hangat atau mandi sekitar dua jam sebelum tidur bisa sangat membantu dalam mengobati insomnia. Ia bekerja sebagai ritual tidur yang baik untuk menenangkan tubuh Anda dan menenangkan ujung saraf.

Untuk membuat obat ini lebih efektif lagi, tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang menenangkan seperti lemon balm, chamomile, rosemary, atau lavender ke air mandi.

8.Cuka Apel dan Madu

Cuka sari apel mengandung asam amino yang menghilangkan rasa lelah. Plus, ini membantu memecah asam lemak yang melepaskan triptofan. Madu juga mendorong tidur dengan meningkatkan insulin Anda dan menyebabkan pelepasan serotonin, zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur / bangun.

Menariknya, serotonin tingkat rendah menyebabkan gangguan tidur sedangkan kadar tinggi dikaitkan dengan terjaga. Jadi, Anda mungkin perlu menyesuaikan pengobatan tergantung pada bagaimana pengaruhnya terhadap Anda sehingga Anda mencapai tingkat serotonin tingkat menengah yang optimal yang sesuai untuk Anda.

  • Campur dua sendok teh masing-masing cuka sari apel organik dan madu dalam segelas air hangat. Minumlah sebelum tidur.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa membuat tonik dengan mencampur dua sendok teh cuka sari apel dalam secangkir madu. Gunakan satu sendok makan obat ini dengan atau tanpa air.
  • Cukup minum dua sendok teh madu dicampur dalam secangkir air juga bermanfaat, terutama untuk anak-anak.

Selain itu, ambillah beberapa tindakan perbaikan seperti membuat rutinitas tidur yang teratur, tidur di ruangan yang gelap dan sepi, hindari makanan besar dan terlambat sebelum tidur, berlatih teknik relaksasi, hilangkan kafein dari makanan Anda, dan ikuti olahraga ringan ke dalam rutinitas Anda (hindari telat -hari olahraga, meskipun). Jika kurang tidur mempengaruhi aktivitas keseharian Anda, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk perawatan yang tepat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *