Info Sehat

9 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Stress

Di zaman yang serba cepat saat ini, tingkat stres pun semakin meningkat. Berbagai macam faktor resiko terkena stres pun semakin bertambah, terutama...

Written by Irfan · 3 min read >
Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Stres

Di zaman yang serba cepat saat ini, tingkat stres pun semakin meningkat. Berbagai macam faktor resiko terkena stres pun semakin bertambah, terutama beban pekerjaan dan gaya hidup sehari-hari.

Stres sendiri merupakan sebuah kondisi mental yang bisa memicu anda terkena depresi. Selain itu, peradangan dalam tubuh pun biasanya muncul sehingga anda berpotensi mengalami berbagai macam gejala penyakit tertentu.

Karena berpotensi berbahaya jika dibiarkan begitu saja, maka ada baiknya anda untuk mencoba mengatasinya. Beberapa cara yang sudah kami paparkan di bawah ini bahkan tidak cenderung memakan biaya yang besar dan bisa anda lakukan dengan mudah.

Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Stres

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stres.

  1. Olahraga

Berolahraga secara fisik merupakan salah satu hal yang penting dalam mengatasi stres. Meskipun terlihat kontradiktif, tetapi sebenarnya jika tubuh anda mendapatkan tekanan fisik melalui olahraga maka dapat mengatasi tekanan mental anda.

Manfaat terbaik dari olahraga bisa anda dapatkan jika dilakukan secara teratur. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang gemar berolahraga secara teratur lebih jarang terkena gangguan kecemasan dibandingkan dengan mereka yang malas berolahraga.

Tentunya alasan ini bisa dijelaskan secara ilmiah, seperti karena disebabkan oleh:

  • Hormon Stres: Saat anda berolahraga, maka secara bersamaan tubuh anda akan menurunkan hormon stres seperti kortisol dalam jangka panjang. Selain itu, tubuh anda pun bisa mengeluarkan endorfin, yaitu bahan kimia yang mampu meningkatkan suasana hati dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.
  • Tidur: Berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Kekurangan tidur tentunya sudah dikaitkan secara erat dengan meningkatnya stres dan kecemasan.
  • Kepercayaan diri: Ketika anda berolahraga secara teratur, maka anda pun akan merasa lebih kompeten dan percaya diri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

Anda bisa melakukan berbagai macam jenis olahraga yang anda senangi, termasuk berjalan santai, menari, jogging, panjat tebing, atau yoga. Terutama jalan santai dan jogging yang melibatkan gerakan berulang terhadap otot-otot besar anda, secara tidak langsung itu pun dapat mengatasi stres.

  1. Gunakan Lilin

Bukan sembarang lilin, melainkan jenis lilin yang memiliki aroma wangi dengan penerangan sejuk untuk membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan. Beberapa aroma yang disarankan adalah jenis yang dapat menenangkan seperti lavender, bunga ros, geranium, dan lain sebagainya.

Menggunakan wangi-wangian untuk mengatasi suasana hati anda yang buruk bisa disebut juga sebagai aromaterapi. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa aromaterapi bisa mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  1. Kurangi Asupan Kafein

Kafein merupakan sejenis stimulan yang biasa terdapat di dalam kopi, teh, coklat, dan minuman berenergi. Dosis yang terlalu tinggi tentunya dapat meningkatkan kecemasan anda. Uniknya, tiap orang memiliki ambang batas yang berbeda terhadap banyaknya kafein yang bisa mereka konsumsi.

Jika anda merasa bahwa kafein dapat membuat anda merasa gelisah atau cemas, maka segera hindari seketika. Meskipun banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kopi bisa sangat menyehatkan jika dikonsumsi secara normal, tetapi sayangnya itu tidak berlaku bagi semua orang.

  1. Mengunyah Permen Karet

Jika anda mencari obat yang murah dan lezat, maka anda bisa gunakan permen karet. Teori ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang senang mengunyah permen karet lebih mungkin memiliki rasa tenang dan kadar stres yang rendah.

Dengan mengunyah permen karet, maka anda akan memiliki gelombang otak yang sama dengan seseorang yang tengah bersantai. Selain itu, mengunyah permen karet pun bermanfaat untuk mempromosikan aliran darah ke otak anda.

  1. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Dukung sosial dari teman atau keluarga juga dapat membantu anda melawan masa-masa sulit akibat tekanan mental. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa wanita yang selalu menghabiskan waktu bersama teman-temannya atau anak kecil mampu membantu melepaskan oktosin, yaitu obat stres alami dalam tubuh.

Begitupun sebaliknya, mereka yang jarang bersosialisasi lebih mungkin mengalami depresi dan kecemasan. Tetapi selalu jaga jaringan sosial anda dengan sesuatu yang bermanfaat. Jika anda seorang introvert yang tidak terlalu suka dengan keramaian, menghabiskan waktu dengan salah satu orang terdekat juga bisa sudah lebih dari cukup memberikan anda dukungan mental.

  1. Tertawa

Sangat sulit bagi tubuh anda mengalami kecemasan ketika anda tengah tertawa. Aktivitas ini sangatlah baik bagi kesehatan tubuh anda, sekaligus mampu mengusir stres anda dengan cara:

  • Menghilangkan respon stres.
  • Meredakan ketagangan dengan cara merileksasikan otot-otot anda.
  • Dalam jangka panjang, tertawa juga dapat membantu seseorang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan suasana hati mereka.

Cobalah untuk menonton acara komedi yang selalu mengundang tawa, sekaligus hindari sinetron yang biasanya memiliki alur cerita yang kurang menyenangkan.

  1. Belajar Untuk Mengatakan “Tidak”

Tidak semua faktor resiko pemicu stres sulit untuk ditangani. Beberapa dari mereka bahkan bisa berada di bawah kontrol anda. Seperti misalnya dengan mengubah kebiasaan untuk tidak selalu berkata “ya” terhadap orang-orang sekitar.

Sesekali cobalah menjadi egois dengan mengatakan “tidak” terhadap permintaan orang-orang yang biasanya menjadi faktor pemicu anda terkena beban mental.

Tetapi tetap selektif dalam memilih tugas mana yang harus anda lakukan dan tidak. Seperti misalnya, ketika seorang teman meminta anda untuk melakukan tugas pekerjaannya, ada baiknya anda untuk menolaknya jika itu berpengaruh terhadap beban mental anda.

  1. Hindari Menunda-nunda

Siapa sangka kebiasaan anda menunda-nunda suatu tugas atau kegiatan juga bisa berefek pada kondisi mental anda. Penundaan tersebut dapat membuat anda bertindak secara reaktif demi mengejar ketertinggalan. Tentunya kebiasaan ini dapat memicu stres yang secara negatif mempengaruhi kesehatan tubuh dan kualitas tidur anda.

Cobalah buat daftar tugas yang harus anda selesaikan di hari tersebut, untuk menghindari multitasking yang juga bisa berefek pada tekanan mental.

  1. Bergabung Dengan Kelas Yoga

Yoga kini sudah menjadi salah satu metode terkenal dan ampuh dalam melawan stres tanpa mengenal usia. Meskipun banyak sekali jenis yoga di luaran sana, tetapi kebanyakan olahraga ini memiliki satu tujuan, yaitu untuk menyatukan tubuh dan pikiran anda, dengan cara meningkatkan kesadaran akan tubuh dan pernafasan anda.

Beberapa penelitian telah meneliti efek yoga terhadap kesehatan mental seseorang. Secara keseluruhan, para peneliti tersebut menemukan bahwa yoga ternyata mampu meningkatkan suasana hati dan bahkan memiliki efek sama kuatnya seperti antidepresan bagi mereka yang tengah menderita depresi dan kecemasan.

Jika anda disuruh memilih yoga dan antidepresan, tentunya akan lebih menyehatkan yoga karena tanpa mengandung berbagai macam bahan kimia dan hampir tidak meiliki efek samping, pastinya berbanding terbalik dengan obat-obatan.

Secara umum, manfaat yoga yang diberikan terhadap kondisi mental seperti stres dan kecemasan anda nampaknya terkait dengan efek yang terjadi pada sistem saraf dan respon tubuh anda terhadap stres.

Hal ini karena sudah terbukti bahwa yoga bisa menurunkan kadar kortisol, tekanan darah, dan detak jantung di saat yang bersamaan. Selain itu, sejenis neurotransmitter bernama asam gamma-aminobutyric (GABA – gamma-aminobutyric acid) juga terlihat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *