Info Sehat

8 Manfaat Brussels Sprout, Kubis Mini yang Penuh Gizi

Kol yang berukuran kecil atau lebih dikenal dengan sebutan Brussels Sprouts merupakan sejenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga Brassicaceae dan sangat...

Written by Irfan · 3 min read >
8 Manfaat Brussels Sprout, Kubis Mini yang Penuh Gizi

Kol yang berukuran kecil atau lebih dikenal dengan sebutan Brussels Sprouts merupakan sejenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga Brassicaceae dan sangat dekat dengan saudaranya yaitu kale, kembang kol, dan sawi hijau.

Sayuran cruciferous ini terlihat seperti kol mini tetapi masih padat akan nutrisi yang telah terkait dengan berbagai macam manfaat kesehatan. Selain itu, kubis brussel juga sangatlah rendah akan kalori tetapi kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Menurut self.com sendiri, dari 78 gram Brussels sprouts yang telah dimasak bisa memberikan anda beragam gizi diantaranya:

  • Kalori: 28
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin K: 137% AKG
  • Vitamin C: 81% AKG
  • Vitamin A: 12% AKG
  • Folat: 12% AKG
  • Mangan: 9% AKG

Secara khusus, Brussels sprout sangatlah kaya akan vitamin K, dimana sangatlah dibutuhkan untuk penggumpalan darah dan kesehatan tulang. Sementara kandungan vitamin C yang tinggi bekerja layaknya antioksidan dan membantu mempromosikan penyerapan zat besi serta terlibat di dalam perbaikan jaringan serta fungsi sistem kekebalan tubuh.

Tak berhenti sampai di sana, dikarenakan Brussels sprout mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, maka secara otomatis anda pun akan mendapatkan berbagai macam manfaat jika memakannya secara teratur.

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah beberapa alasan penting kenapa mengkonsumsi Brussels sprouts sangatlah menyehatkan.

1.Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mengurangi stres oksidasi pada sel-sel di dalam tubuh anda sekaligus mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ketika para subjek penelitian mengkonsumsi 300 gram Brussels sprouts setiap hari, maka kerusakan sel-sel akibat stres oksidasi mereka menurun hingga 28%. Sumber 1.

Secara khusus, Brussels sprout mengandung kadar kaempferol yang sangat tinggi, yaitu sejenis antioksidan yang telah dipelajari secara ekstensif dan memperlihatkan berbagai macam efek kesehatan terhadap tubuh seseorang.

Bahkan dalam beberapa tes tabung menunjukkan bahwa kaempferol mampu mengurangi perkembangan sel kanker, mengatasi peradangan, serta meningkatkan kesehatan jantung. Sumber 2.

Dengan begitu, mengkonsumsi Brussels sprouts bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi anda yang ingin meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh anda secara alami.

2.Membantu Melawan Kanker

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kaempferol dalam Brussels sprouts mampu melawan dan mencegah anda terkena kanker ganas yang mematikan. Tetapi ternyata cara kerja dari sayuran ini tidak berhenti sampai di sana.

Faktanya, terdapat berbagai macam cara Brussels sprouts melindungi anda dari penyakit mematikan tersebut. Seperti misalnya dalam sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa Brussels sprouts dapat menjaga anda dari karsinogen yang merupakan agen penyebab kanker, sekaligus mencegah sel-sel anda mengalami kerusakan oksidasi. Sumber 3.

Tentunya kemanjuran dari manfaat ini haruslah dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat dalam jangka panjang.

3.Tinggi Akan Serat

Dari 78 gram Brussels sprouts yang sudah dimasak mampu memberikan anda 2 gram serat, atau 8% dari kebutuhan harian anda. Serat sendiri merupakan bagian penting dari pola makan anda yang sehat.

Beberapa penelitian bahkan telah memperlihatkan bahwa serat dari makanan mampu mengatasi konstipasi dengan cara meningkatkan frekuensi dan melembutkan kotoran sehingga akan lebih mudah saat dikeluarkan melalui BAB. Sumber 4.

Selain itu, serat juga mampu mempromosikan kesehatan saluran pencernaan dengan cara memberi makan bakteri baik di usus anda. Meningkatkan asupan serat juga telah terkait dengan berbagai macam manfaat kesehatan lainnya, seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan membantu mengontrol kadar gula darah anda.

4.Kaya Akan Vitamin K

Saat anda mengalami luka dan pendarahan, penting sekali bagi tubuh untuk segera membekukan darah agar anda tidak kehilangan banyak darah secara berkelanjutan. Proses ini biasanya akan dibantu oleh vitamin K yang beredar di dalam tubuh anda.

Agar anda mendapatkan asupan vitamin K yang cukup, maka disarankan untuk menambahkan Brussels sprouts ke dalam pola makan anda, karena dari 78 gram saja sudah menyediakan 137% vitamin K dari asupan harian yang direkomendasikan.

Selain itu, vitamin K juga memainkan peran penting terhadap pertumbuhan dan membantu menjaga anda terkena osteoporosis, yaitu sebuah kondisi yang ditandai dengan kehilangan tulang secara progresif.

Menurut sebuah ulasan terhadap 7 penelitian sendiri menyimpulkan bahwa dengan mendapatkan asupan vitamin K dari suplemen maka mampu meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi resiko patah tulang bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Sumber 5.

Tetapi perlu diingat pula bagi mereka yang tengah mengkonsumsi obat-obatan pengencer darah agar selalu membatasi asupan Brussels sprout atau sumber vitamin K lainnya karena dapat mengganggu proses pengobatan tersebut.

5.Menjaga Kadar Gula Darah

Brussels sprouts juga sudah terbukti menjadi makanan yang sangat baik bagi para penderita diabetes karena kemampuannya dalam mengontrol kadar gula darah yang normal. Hal ini karena Brussels sprouts mengandung kadar tinggi akan serat.

Serat tersebut akan berjalan secara perlahan di dalam saluran pencernaan anda tanpa tercerna sama sekali. Alhasil, ia pun akan mulai menyerap gula dari dalam darah anda secara alami.

Ditambah lagi, Brussels sprouts mengandung asam alfa-lipoat, yaitu sejenis antioksidan yang telah diteliti secara ekstensif karena manfaat positifnya terhadap gula darah dan insulin.

6.Mengandung ALA

Bagi anda yang jarang mengkonsumsi ikan atau bahkan menghindarinya sama sekali, maka anda beresiko kekurangan kadar asam lemak omega-3 dalam tubuh. Padahal, nutrisi ini sangatlah penting untuk didapatkan dari waktu ke waktu demi menjaga anda dari peradangan kronis dan mendukung otak yang sehat.

Tetapi untungnya, omega-3 ternyata hadir dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah ALA (alpha-linolenic acid) yang bisa anda dapatkan dari dalam makanan nabati, seperti Brussels sprouts.

Namun kekurangannya adalah ALA cenderung lebih sulit untuk diserap sehingga anda pun membutuhkan asupan Brussels sprouts dalam jumlah besar. Jadi akan tetap disarankan agar anda menggabungkannya dengan omega-3 dari hewani.

Asam lemak omega-3 sendiri telah terbukti mampu mengurangi trigliserida, memperlambat penurunan kognitif, mengurangi resistensi insulin, dan mengatasi peradangan. Sumber 6.

7.Mengurangi Peradangan

Peradangan atau inflamasi sebenarnya merupakan respon tubuh yang sangat normal, tetapi masalah terjadi ketika peradangan tersebut berlangsung dalam waktu lama bahkan tanpa adanya luka atau cedera sama sekali. Kondisi ini dikenal dengan sebutan radang kronis dan bisa berkontribusi terhadap kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Untungnya, beberapa tes tabung telah memperlihatkan bahwa senyawa di dalam sayuran cruciferous seperti Brussels sprouts memiliki efek anti-radang yang sangat kuat. Sumber 7. Senyawa tersebut akan bekerja sama dengan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang juga penyebab dari peradangan.

Berdasarkan temuan tersebut menunjukkan bahwa Brussels sprouts juga bisa menjadi makanan yang ampuh dalam melawan peradangan serta mengurangi penyakit yang terkait dengan inflamasi itu sendiri.

8.Kaya Akan Vitamin C

Vitamin C tidak hanya berfokus pada buah citrus dan makanan asam saja, tetapi sayuran seperti Brussels sprouts juga mengandung setidaknya 81% kebutuhan vitamin C harian anda.

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan berperan terhadap perbaikan jaringan di tubuh anda. Dikarenakan termasuk ke dalam jenis antioksidan, vitamin ini juga terlibat di dalam produksi protein seperti kolagen dan bertanggung jawab dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *