Info Sehat

8 Manfaat Akar Tanaman Bit Untuk Kesehatan Anda

Pernah mendengar akar tanaman yang bernama bit? Meskipun tidak begitu terkenal di Indonesia, tetapi akar tanaman yang berwarna merah merona ini telah...

Written by Agung Sanjaya · 3 min read >
8 Manfaat Akar Tanaman Bit Untuk Kesehatan Anda

Pernah mendengar akar tanaman yang bernama bit? Meskipun tidak begitu terkenal di Indonesia, tetapi akar tanaman yang berwarna merah merona ini telah dianggap sebagai salah satu jenis makanan yang menyehatkan dan termasuk ke dalam tanaman obat.

Akar bit sendiri mengandung berbagai macam jenis vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi tubuh anda. Sama seperti jenis akar tanaman yang sudah sering dikonsumsi di tempat kita, akar bit pun sangat ramah terhadap perut dan gampang untuk dikonsumsi.

Akar tanaman bit bisa dijus, dipanggang, dikukus, atau dijadikan acar. Saat anda membelinya, cobalah untuk memilih akar tanaman bit yang memiliki ukuran besar dengan daun hijau segar yang masih menempel.

Daun hijau dari akar tanaman bit juga bahkan bisa anda masak dan dinikmati layaknya seperti sayuran bayam. Jadi, pastikan untuk tidak membuangnya karena masih mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat berbagai macam keunggulan yang bisa diberikan oleh tanaman bit untuk tubuh anda.

1.Mengandung Banyak Nutrisi Tetapi Rendah Kalori

Akar tanaman merah ini sangatlah rendah kalori, tetapi masih dikemas dengan berbagai macam vitamin dan mineral penting yang anda butuhkan. Adapun kandungan yang terdapat dalam 100 gram akar bit yang telah dimasak adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 6% RDI
  • Vitamin B6: 3% RDI
  • Magnesium: 6% RDI
  • Kalium: 9% RDI
  • Fosfor: 4% RDI
  • Mangan: 16% RDI
  • Zat Besi: 4% RDI

Akar tanaman bit juga mengandung nitrat dan pigmen anorganik, yang mana keduanya merupakan jenis senyawa tanaman dengan berbagai macam manfaat kesehatan di dalamnya.

8 Manfaat Akar Tanaman Bit Untuk Kesehatan Anda

2.Menjaga Tekanan Darah

Penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, dan stroke merupakan salah satu jenis penyakit penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia, dan tentunya tekanan darah tinggi sudah menjadi faktor resiko pengembang dari kondisi-kondisi kesehatan tersebut.

Tetapi anda bisa menjaga tekanan darah tersebut dengan mengkonsumsi akar tanaman bit. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tanaman merah yang satu ini, maka bisa mengurangi tekanan darah antara 4 hingga 10 mmHg selama beberapa jam saja.

Dan efeknya tersebut malah akan semakin kuat ketika anda tengah mengalami tekanan darah sistolik, yaitu suatu kondisi dimana tekanan detak jantung anda berkontraksi. Untuk mendapatkan manfaatnya, lebih disarankan untuk mengkonsumsi akar tanaman bit yang mentah, atau tanpa dimasak.

Efeknya dalam menurunkan tekanan darah disebabkan oleh tingginnya konsentrasi nitrat di dalam akar tanaman merah tersebut. Di dalam tubuh anda, nitrat makanan akan diubah menjadi nitrat oksida, yaitu sejenis molekul yang dapat melebarkan pembuluh darah anda sehingga mengurangi tekanan darah secara alami.

Tingkat nitrat dalam darah pun akan tetap bertahan hingga 6 jam setelah anda mengkonsumsi akar tanaman bit. Jadi, akar tanaman merah ini hanya membantu anda menjaga tekanan darah secara sementara, dan akan lebih baik ketika digunakan bersama pengobatan.

3.Meningkatkan Kinerja Atletik

Beberapa penelitian lainnya pun menunjukkan bahwa nitrat makanan dapat meningkatkan kinerja atletik, sehingga tak jarang para olahragawan di luaran sana sering menggunakan akar tanaman bit sebagai suplemen alami.

Nitrat sendiri nampaknya mempengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang mana bertanggung jawab dalam menghasilkan energi pada sel-sel tubuh seseorang.

Dengan mengkonsumsi akar tanaman bit, maka anda dapat meningkatkan penggunaan oksigen di tubuh hingga 20% ketika beraktivitas atletik ataupun bersepeda. Tetapi perlu dicatat bahwa kadar nitrat dalam darah akan meningkat dalam 2 hingga 3 jam. Jadi, pastikan anda untuk mengkonsumsinya 2 atau 3 jam sebelum berolahraga.

4.Membantu Melawan Peradangan

Peradangan kronis sudah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit termasuk obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, hingga kanker. Untungnya akar tanaman bit mengandung pigmen yang disebut sebagai betalain, yang mana berpotensi memiliki sejumlah sifat anti-radang.

Terlebih lagi, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para penderita osteoarthritis menunjukkan bahwa kapsul betalain yang terbuat dari ekstrak akar tanaman bit mampu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan terkait kondisi tersebut.

5.Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan merupakan salah satu komponen penting dalam menjalani diet sehat. Sudah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan anda.

Serat dalam akar tanaman bit akan langsung menuju ke usus besar untuk memberi makan bakteri usus baik dan menambahkan berat ke tinja anda agar lebih mudah dikeluarkan.

Aktivitas tersebut tentunya dapat mempromosikan kesehatan saluran pencernaan, menjaga anda untuk tetap BAB secara teratur dan mencegah berbagai macam masalah perut seperti konstipasi, penyakit radang usus dan diverkulitis.

Terlebih lagi, serat makanan telah dikaitkan dengan mengurangi resiko penyakit kronis termasuk kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe-2.

6.Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Fungsi mental dan kognitif akan menurun seiring dengan berjalannya usia seseorang. Bahkan bagi beberapa orang yang kurang beruntung, penurunan yang signifikan tersebut dapat menyebabkan sebuah kondisi yang disebut sebagai demensia.

Pengurangan aliran darah dan oksigen ke otak menjadi salah satu akar masalah dari kondisi tersebut. Artinya, jika anda mampu meningkatkan kembali kedua fungsi tersebut, maka anda pun bisa terhindar dari penyakit demensia secara alami.

Akar tanaman bit sendiri secara khusus telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak, yaitu sebuah area yang terkait dengan kemampuan seseorang dalam berfikir, seperti membuat keputusan dan kinerja memori.

7.Memiliki Efek Anti Kanker

Kanker sudah dikenal sebagai penyakit fatal dan berbahaya yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tak terkontrol. Tetapi kandungan antioksidan dan anti-radang alami di dalam akar tanaman bit tentunya mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit berbahaya yang satu ini.

Fakta ini didukung oleh sebuah tes tabung pada sel manusia dan menemukan bahwa ekstrak akar tanaman bit dengan kandungan pigmen betalain tinggi mampu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker prostat dan kanker payudara.

8.Membantu Mengurangi Berat Badan

Akar tanaman bit pun memiliki gizi yang sangat baik untuk mendukung usaha penurunan berat badan anda. Pertama-tama, makanan ini sudah sangat rendah kalori tetapi tinggi akan kandungan air.

Meningkatkan asupan makanan rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran tentunya sudah dikaitkan dengan penurunan berat badan alami yang menyehatkan.

Terlebih lagi, selain kadar kalorinya yang rendah, akar tanaman bit juga mengandung protein dan serat dalam jumah yang sedang. Keduanya merupakan nutrisi penting dalam mencapai dan menjaga berat badan yang ideal.

Kandungan serat dalam akar tanaman bit juga mampu membantu mempromosikan penurunan berat badan dengan cara mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga anda akan lebih mampu dalam mengurangi asupan kalori berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *