Info Sehat

7 Manfaat Chlorella untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Seafood atau makanan laut sudah terkenal akan manfaat kesehatan, terutama berkat kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya. Tetapi ternyata makanan laut yang...

Written by Irfan · 3 min read >
Manfaat-Chlorella-untuk-Kesehatan

Seafood atau makanan laut sudah terkenal akan manfaat kesehatan, terutama berkat kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya. Tetapi ternyata makanan laut yang menyehatkan tidak terbatas pada ikan dan kerang saja, melainkan bisa anda temukan pula di dalam tumbuhan laut.

Dimulai dari rumput laut hingga spirulina, terdapat sebuah ganggang yang baru-baru ini mendapatkan banyak perhatian di dunia medis, yaitu chlorella. Namun kebanyakan chlorella tidak hadir dalam bentuk utuh, melainkan dalam bentuk suplemen sehingga anda bisa mengkonsumsinya dengan lebih mudah.

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi chlorella? Dimulai dari kandungan gizi hingga kemampuannya dalam melawan penyakit, berikut adalah alasan kenapa anda harus mengkonsumsi chlorella.

1.Padat Gizi

Saking padatnya kandungan nutrisi di dalam chlorella, menjadikan ganggang ini masuk ke dalam daftar “superfood”. Sehingga tak heran jika chlorella mampu melawan berbagai macam penyakit secara alami jika dikonsumsi secara teratur.

Adapun beberapa gizi terpenting yang bisa anda temukan adalah sebagai berikut:

  • Protein. Chlorella mengandung antara 50-60% protein. Ditambah lagi, ganggang ini merupakan sumber protein lengkap yang menyediakan kesembilan asam amino esensial, yang mana tubuh anda tidak akan mampu memproduksinya sendiri secara alami.
  • Vitamin B12. Untuk jenis vitamin ini, hanya beberapa varietas saja yang memilikinya. Hal ini karena kandungan gizi chlorella bisa dipengaruhi oleh tempat dimana ia tumbuh.
  • Zat Besi dan Vitamin C. Seperti yang anda tahu bahwa zat besi membutuhkan vitamin C agar bisa diserap secara efektif oleh tubuh anda. Menariknya, chlorella mengandung kedua jenis nutrisi ini dalam sekali telan.
  • Antioksidan. Warnanya yang hijau membuktikkan bahwa ganggang ini mengandung kadar antioksidan yang sangat menakjubkan.
  • Beragam Vitamin dan Mineral. Disamping vitamin B dan zat besi, chlorella juga dikemas dengan sejumlah kecil dari magnesium, zinc, tembaga, kalium, kalsium, asam folat, dan vitamin B lainnya.
  • Asam Lemak Omega-3. Seperti halnya makanan laut, chlorella pun tak kalah dalam memberikan anda kandungan omega-3, dan bisa memberikan anda sekitar 100 mg hanya dari dalam 3 gram saja.
  • Serat. Dalam jumlah yang besar, chlorella juga bisa menjadi sumber serat yang sangat baik bagi tubuh anda.

2.Mendukung Detoksifikasi

Salah satu hal menarik dari superfood yang satu ini adalah kemampuannya dalam membantu tubuh anda melakukan proses detoksifiasi. Faktanya, dalam berbagai macam penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa chlorella mampu secara efektif menghilangkan logam berat dan senyawa berbahaya lainnya dari dalam tubuh. Sumber 1.

Meskipun terdapat beberapa logam berat yang sangat menguntungkan – seperti zat besi dan tembaga, tetapi terdapat pula jenis yang sangat berbahaya – termasuk cadmium dan merkuri. Jenis logam berat berbahaya tersebut haruslah dihilangkan dari waktu ke waktu, karena jika bertumpuk bisa mengakibatkan toksisitas dalam tubuh.

Paparan logam berat tersebut bisa terjadi akibat seseorang bekerja di pabrik-pabrik dan pertambangan, tinggal di tempat yang penuh polusi seperti Jakarta, atau bahkan karena mengkonsumsi ikan yang telah terpapar zat berbahaya.

Untungnya, chlorella mampu mengurangi toksisitas logam berat tersebut dari dalam hati, otak, dan ginjal. Selebihnya, chlorella juga telah terbukti bisa membantu mengurangi kadar senyawa berbahaya yang terkadang bersemayam dalam makanan. Salah satunya adalah dioksin, yaitu pengganggu hormon yang biasa terdapat dalam makanan hewani yang telah terkontaminasi. Sumber 2.

3.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas anda akan tetap menjaga kesehatan tubuh dengan cara melawan berbagai macam infeksi yang datang. Sistem yang sangat kompleks ini terdiri dari banyak mekanisme dan sel yang bekerja saat penyerang memasuki tubuh anda.

Menariknya, chlorella telah terbukti mampu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh baik terhadap hewan maupun manusia. Seperti misalnya dalam sebuah penelitian kecil memperlihatkan bahwa chlorella cenderung membantu seseorang memproduksi lebih banyak antibodi. Sumber 3.

Bahkan disebutkan pula bahwa beberapa jenis penyakit haruslah dihadapi dengan meningkatkan antibodi agar sistem pertahanan tubuh anda lebih mampu melawan virus dan bakteri yang tengah bersamayam di sana.

4.Mengatur Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi sudah menjadi masalah serius yang harus anda waspadai karena bisa berkembang menjadi penyakit yang sangat berbabaya. Untuk mengatasinya, anda harus menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Selain itu, anda pun bisa mengkonsumsi chlorella dalam bentuk suplemen demi mengurangi kadar kolesterol tinggi yang mungkin tengah anda miliki saat ini.

Asupan 5 hingga 10 gram dari chlorella setiap hari saja sudah bisa mengurangi kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida bagi anda yang tengah menderita tekanan darah tinggi atau memiliki kadar kolesterol tinggi. Sumber 4.

Beberapa kandungan chlorella yang bermanfaat dalam mengatur kadar lipid darah adalah sebagai berikut:

  • Niasin. Sejenis vitamin B yang telah dikenal mampu mengurangi kolesterol dalam darah.
  • Serat. Agen yang bermanfaat dalam mengurangi kolesterol.
  • Karotenoid. Menurut penelitian, juga telah terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol secara alami. Sumber 5.
  • Antioksidan. Membantu mencegah kolesterol LDL menjadi teroksidasi, yang mana telah dikenal sebagai kontribusi dari penyakit jantung.

5.Berfungsi Sebagai Antioksidan

Perlu disebutkan pula bahwa chlorella mengandung beberapa jenis senyawa yang dianggap sebagai antioksidan, termasuk klorofil, vitamin C, beta karoten, likopen, dan lutein. Semua jenis antioksidan ini bisa menjadi serangan langsung terhadap penyakit kronis yang mungkin tengah anda derita saat ini.

Beberapa jenis antioksidan yang disebutkan pun nampaknya mampu mengurangi “produk akhir glikasi lanjutan” atau lebih dikenal dengan sebutan AGEs (advanced glycation end products) sebagai salah satu faktor anda terkena diabetes.

Selain itu pada sebuah penelitian terhadap manusia memperlihatkan bahwa suplemen chlorella mampu meningkatkan kadar antioksidan bagi para perokok berat, yang mana mereka lebih beresiko terkena kerusakan oksidasi. Sumber 6.

6.Membantu Mengatur Tekanan Darah

Mengkonsumsi suplemen chlorella secara teratur juga bisa membantu mempromosikan kesehatan jantung dan ginjal, sekaligus bermanfaat terhadap tekanan darah yang normal.

Teori ini tentunya didukung oleh sebuah penelitian kecil yang memperlihatkan bahwa suplemen chlorella telah dikaitkan langsung dengan berkurangnya kekakuan pada arteri, yaitu salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah anda. Sumber 7.

7.Membantu Mengatasi Penyakit Pernafasan

Agar seseorang mampu mengatasi penyakit saluran pernafasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), maka seringkali membutuhkan pengendalian kadar peradangan yang tengah terjadi di dalam tubuh si penderita.

Jadi, mengkonsumsi makanan anti-radang bisa sangat membantu dalam proses pengobatan dan penyembuhan dari penyakit saluran pernafasan tersebut. Beberapa makanan tersebut bisa meliputi sayuran dan buah-buahan, serta makanan laut seperti ikan dan chlorella.

Chlorella bahkan sudah terbukti mampu mengurangi peradangan dikarenakan kandungan antioksidan yang dimilikinya. Meskipun ganggang ini tidak langsung terlibat dalam mengatasi penyakit saluran pernafasan anda, namun sangat disarankan jika anda tengah menjalani pengobatan dan ingin mengurangi peradangan yang terjadi di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *