Info Sehat

7 Jenis Makanan yang Mengandung Nutrisi Tinggi

Anda tidak bisa memakan berbagai macam jenis makanan dalam satu waktu, karena isi perut anda sangatlah terbatas. Maka dari itulah, demi tetap...

Written by Rachmad · 3 min read >
7 Jenis Makanan yang Mengandung Nutrisi Tinggi

Anda tidak bisa memakan berbagai macam jenis makanan dalam satu waktu, karena isi perut anda sangatlah terbatas. Maka dari itulah, demi tetap menjaga anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka anda harus senantiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dalam sekali santapan.

Selain dapat membuat anda merasa kenyang, tubuh anda pun akan senantiasa dijaga dari berbagai macam jenis penyakit kronis sambil membuatnya tetap bugar dan sehat karena fungsi-fungsinya berjalan dengan sangat baik.

Adapun beberapa makanan padat nutrisi yang bisa anda dapatkan dengan mudah telah kami susun dengan lengkap di bawah ini.

1.Salmon

Tidak semua jenis ikan diciptakan setara. Salmon yang merupakan salah satu jenis ikan berlemak misalnya memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih banyak.

Omega-3 sendiri sangatlah penting bagi fungsi tubuh anda agar tetap optimal. Nutrisi ini telah dikaitkan dengan meningkatkannya kebugaran pada tubuh seseorang sekaligus mengurangi resiko terkena berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

Dari 100 gram salmon saja sudah mengandung sekitar 2,8 gram omega-3, bersama dengan protein berbasis hewani berkualitas tinggi dan sejumlah vitamin serta mineral, termasuk magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B dalam jumlah yang besar.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan berlemak setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu demi mendapatkan asupan lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh.  Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang gemar mengkonsumsi ikan berlemak secara teratur mampu mengurangi resiko penyakit jantung, demensia, depresi, dan berbagai macam jenis penyakit terkait lainnya.

Akan lebih baik pula jika anda mengkonsumsi salmon liar karena cenderung lebih bernutrisi dan mengandung rasio asam lemak omega-3 dengan omega-6 lebih baik dibandingkan dengan jenis yang diternakkan.

2.Sayur Kale

Dari sekian banyaknya sayuran hijau yang menyehatkan, mungkin sayur kale bisa dibilang sebagai ratu dari berbagai macam jenis sayuran tersebut. Sayur hijau ini mengandung vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta berbagai macam senyawa bioaktif lainnya.

Dari porsi 100 gram kale saja sudah mengandung:

  • Vitamin C: 200% dari rekomendasi harian anda (RDI)
  • Vitamin A: 300% RDI
  • Vitamin K: 1000% RDI
  • Sejumlah kandungan tinggi akan vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, dan mangan.

Tidak lupa juga kandungan serat sebanyak 2 gram, dan 3 gram protein, dengan hanya menyertakan 50 kalori saja, sehingga sangat baik bagi anda yang tengah menjalani pola makan penurunan berat badan.

Disebut juga bahwa kale lebih menyehatkan dibandingkan dengan sayur bayam. Meksipun keduanya memang sarat akan nutrisi penting, tetapi kale lebih memiliki kadar oksalat yang lebih rendah, yaitu senyawa yang dapat mengikat mineral seperti kalsium di dalam usus anda, sehingga membuat mereka sulit untuk diserap.

Kale dan berbagai macam jenis sayuran hijau lainnya sangatlah tinggi akan senyawa bioaktif termasuk isotiosianat dan indole-3-carbinol, yang mana telah terbukti mampu melawan kanker pada tes tabung dan penelitian terhadap hewan.

3.Rumput Laut

Laut tidak hanya dihuni oleh ikan-ikan saja, tetapi juga berbagai macam jenis bentuk kehidupan lainnya termasuk flora laut. Terdapat banyak sekali spesies tumbuhan berbeda di lautan sana, dan beberapa diantaranya sangatlah bernutrisi, dan secara kolektif disebut sebagai rumput laut.

Rumput laut sangatlah terkenal dan sering digunakan sebagai bahan makanan utama, salah satunya adalah sushi di negara Jepang. Orang Jepang sendiri sering menggunakan sejenis rumput laut yang disebut nori sebagai bungkus luar yang juga bisa dimakan dari masakan khas tersebut.

Dalam berbagai acam kasus, rumput laut bahkan lebih bernutrisi dibandingkan dengan sayuran darat, terutama akan kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan.

Terdapat pula berbagai macam jenis senyawa bioaktif termasuk phycocyanin dan karotenoid, yang mana merupakan zat antiokidan dengan kapasitasnya sebagai anti-radang yang sangat kuat.

4.Bawang Putih

Bawang putih sudah banyak sekali digunakan dalam berbagai jenis masakan berbeda. Tidak hanya membuat masakan anda menjadi lebih lezat dan beraroma khas, tetapi juga menjadi lebih bernutrisi dan menyehatkan.

Bawang putih sendiri sangat tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan, dan selenium. Tak lupa juga senyawa sulfur khas yang dimilkinya yang disebut sebagai allicin.

Banyak sekali penelitian telah menunjukkan bahwa allicin dari bawang putih mampu menurunkan tekanan darah serta kolesterol total dan kolesterol jahat LDL secara signifikan. Kolesterol baik HDL pun akan naik secara bersamaan sehingga berpotensi mengurangi resiko penyakit jantung.

Terdapat pula sifat pelawan kanker. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa mereka yang gemar mengkonsumsi bawang putih mampu mengurangi resiko terkena kanker secara spesifik, terutama kanker usus besar dan kanker perut. Bahkan jika anda mengkonsumsinya secara mentah dapat menjadi antibakteri dan anti-jamur bagi tubuh anda.

5.Kerang

Selain ikan dan flora, jenis-jenis hewan laut lainnya pun tak kalah dalam memberikan nutrisi bagi tubuh anda, salah satunya adalah kerang dengan sejuta manfaat yang bisa anda dapatkan darinya.

Hewan laut yang satu ini merupakan sumber terbaik dari vitamin B12, serta dikemas dengan vitamin C, berbagai macam vitamin B, kalium, selenium, dan zat besi.

Contohnya jenis tiram yang 100 gram nya saja mampu memberikan 600% zinc dan 200% tembaga dari kebutuhan harian yang direkomendasikan, serta sejumlah vitamin B12, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya.

Tetapi meskipun dikenal sebagai salah satu jenis makanan paling termashyur dalam memberikan manfaat kesehatan dan bernutrisi, tetapi tidak banyak orang Indonesia yang masih belum bisa memakannya secara teratur.

6.Kentang

Kentang berukuran besar sangatlah tinggi akan kandungan kalium, magnesium, zat besi, tembaga, dan mangan. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin C dan vitamin B di dalamnya. Bahkan bisa dibilang kentang memiliki hampir semua nutrisi yang tubuh anda butuhkan, tetapi dalam jumlah yang kecil.

Kentang sendiri sudah sering digunakan sebagai makanan utama selama berabad-abad lamanya oleh penduduk kuno di masa lalu, dikarenakan sayuran ini sangatlah mengenyangkan. Tetapi hindarilah memasaknya dengan cara digoreng karena malah akan memberikan sisi negatif terhadap tubuh anda.

7.Hati

Siapa sangka ternyata jeroan dari hewan pun bisa memberikan anda berbagai macam manfaat kesehatan, salah satunya adalah hati. Organ ini mampu mendukung ratusan fungsi tubuh anda terkait metabolism. Salah satu fungsi utamanya adalah menyimpan nutrisi lainnya yang anda dapatkan untuk tubuh anda.

Dari 100 gram hati sapi mengandung nutrisi seperti berikut:

  • Vitamin B12: 1176% DV
  • Vitamin B5, B6, niasin dan folat: Diatas 50% DV
  • Vitamin B2: 201% DV
  • Vitamin A: 634% DV
  • Tembaga: 714% DV
  • Zat besi, fosfor, zinc, dan selenium: Diatas 30% DV
  • Protein hewani berkualitas tinggi: 29 gram

Mengkonsumsi hati seminggu sekali bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi anda dalam mempertahankan tubuh yang sehat agar fungsinya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *