Info Sehat

7 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma dan Kesuburan Pria

Jika anda atau pasangan anda tengah memiliki masalah dengan tingkat kesuburan, maka anda tidaklah sendiri. Ketidaksuburan merupakan kondisi yang sangat umum bahkan...

Written by Rachmad · 3 min read >
7 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma dan Kesuburan Pria

Jika anda atau pasangan anda tengah memiliki masalah dengan tingkat kesuburan, maka anda tidaklah sendiri. Ketidaksuburan merupakan kondisi yang sangat umum bahkan terjadi di seluruh dunia.

Kondisi yang membuat seseorang kesulitan mendapatkan keturunan ini bahkan mendera 1 dari 6 pasangan, dan para peneliti memperkirakan bahwa 1 dari setiap 3 kasus ketidaksuburan tersebut disebabkan karena kondisi si pria.

Meskipun ketidaksuburan tersebut tidak selalu bisa disembuhkan, tetapi masih terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan dan jumlah sperma yang dikeluarkan.

Cara-cara ini tentunya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli kesehatan, dan bukan berdasarkan mitos belaka saja. Namun sebelum buru-buru kita membahasnya, perlu anda ketahui bahwa terkadang ketidaksuburan tersebut disebabkan oleh fungsi seksual dan kualitas sperma anda.

Beberapa diantaranya yang mempengaruhi adalah:

  • Libido. Atau dikenal pula sebagai dorongan seks, libido merupakan sebuah gambaran dari keinginan seseorang untuk melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Tingkat libido yang tinggi bisa terhindar dari ketidaksuburan. Salah satu makanan atau suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan libido disebut afrodisiak.
  • Disfungsi Ereksi. Dikenal pula dengan sebutan impotensi, dimana terjadi ketika seorang pria tidak apat mengembangkan atau mempertahankan ereksi sehingga sulit untuk penetrasi.
  • Jumlah Sperma. Sperma merupakan aspek yang sangat penting karena tanpanya pasangan anda tidak akan mampu hamil dan mendapatkan keturunan.
  • Motilitas Sperma. Fungsi penting dari sel sperma yang sehat adalah kemampuannya untuk bisa berenang dan masuk ke dalam rahim untuk dibuahi. Motilitas sperma ini diukur sebagai persentase pergerakan sel sperma di dalam sampel air mani seseorang.
  • Level Testosteron. Rendahnya tingkat testosteron atau hormon seks pria juga bisa mempengaruhi ketidaksuburan.

Selain dari pengaruh-pengaruh di atas, terdapat pula beberapa kebiasan yang dapat mempengaruhi ketidaksuburan para pria, seperti misalnya jarang berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat.

Jadi jika anda ingin mendapatkan kembali kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma yang dikeluarkan, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti yang sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

  1. Konsumsi Suplemen Asam D-aspartat

Asam D-aspartat (D-AA) merupakan bentuk dari asam aspartat, yaitu sejenis asam amino yang bisa anda konsumsi dalam bentuk suplemen. D-AA sendiri bisa anda temukan di dalam kelenjar tertentu di tubuh seperti testis, air mani, dan sel sperma.

Para peneliti sendiri bahkan percaya bahwa D-AA memainkan peran penting terhadap kesuburan pria. Faktanya, para pria yang tidak subur memiliki kadar D-AA yang lebih rendah dibandingkan dengan pria normal pada umumnya. Sumber 1.

Berkat temuan tersebutlah para ahli kesehatan mulai merekomendasikan suplemen D-AA demi meningkatkan kadar testosteron yang sangat penting bagi kesuburan pria. Tetapi perlu berhati-hati saat menggunakannya. Para peneliti sendiri masih belum yakin tingkat keamanan dari suplemen D-AA jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

  1. Dapatkan Vitamin C yang Cukup

Semua orang pasti sudah mengenal vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi masih jarang orang yang tahu bahwa antioksidan yang satu ini pun bisa meningkatkan kesuburan pria.

Stres oksidasi terjadi ketika kadar spesies oksigen reaktif (ROS – reactive oxygen species) sampai pada titik berbahaya di tubuh anda. ini bisa terjadi akibat pertahanan tubuh anda merasa kebingungan dikarenakan adanya penyakit, usia tua, gaya hidup yang kurang menyehatkan, atau polusi lingkungan.

Kadar tinggi ROS tersebut bisa menyebabkan cedera jaringan dan peradangan, serta meningkatkan resiko anda terkena penyakit kronis. Terdapat pula bukti kuat bahwa stres oksidasi dan kadar ROS tinggi bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Sumber 2.

Untuk alasan inilah mengkonsumsi antioksidan seperti vitamin C sangat dibutuhkan demi membalikkan efek berbahaya dari ROS tersebut.

Penelitian sendiri bahkan telah memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C sebanyak 1000 mg dua kali sehari selama 2 bulan berturut-turut maka mampu meningkatkan motilitas sperma hingga 92%, serta jumlah sperma hingga 100%, sekaligus mengurangi proporsi sel sperma yang cacat sebesar 55%. Sumber 3.

  1. Dapatkan Vitamin D yang Cukup

Vitamin D juga merupakan jenis nutrisi yang dibutuhkan bagi kesuburan baik pria maupun wanita, sekaligus meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh anda. Kekurangan vitamin D sendiri telah dikaitkan dengan tingkat testosteron yang rendah.

Dalam sebuah penelitian terkontrol terhadap 65 pria dengan kadar testosteron dan vitamin D yang rendah dalam tubuhnya memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi 3000 IU vitamin D3 setiap hari selama 1 tahun maka mampu meningkatkan kadar testosteron mereka hingga 25%. Sumber 4.

  1. Santai dan Hindari Stres

Sangat sulit untuk mendapatkan suasana hati yang baik ketika terkena stres, sehingga dapat berpengaruh terhadap aktivitas seksual anda bersama pasangan. Bahkan disebutkan pula bahwa stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan mempengaruhi kesuburan anda.

Para peneliti sendiri percaya bahwa biang keladi dari efek tersebut disebabkan karena adanya hormon kortisol dalam tubuh. Stres yang berkepanjangan tentunya bisa meningkatkan kadar kortisol dan memberikan efek negatif terhadap testosteron anda. Secara sederhananya, ketika hormon kortisol anda meningkat, maka testosteron anda menurun di saat yang bersamaan.

  1. Coba Tribulus Terrestis

Tribulus terrestis merupakan sejenis tanaman herbal yang seringkali disebut sebagai obat untuk meningkatkan kesuburan pria secara alami.

Dalam sebuah penelitian sendiri juga memperlihatkan bahwa kaum pria yang memiliki jumlah sperma rendah dan mengkonsumsi 6 gram akar tribulus 2 kali sehari selama 2 bulan mampu meningkatkan fungsi ereksi dan libido mereka. Sumber 5.

Namun sama halnya seperti Asam D-aspartat, penggunaan jangka panjang dari tribulus terrestis haruslah dihindari karena masih belum diketahui tingkat resiko yang bisa diberikannya.

  1. Dapatkan Asupan Zinc yang Cukup

Zinc termasuk ke dalam mineral esensial yang bisa anda temukan di dalam makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan kerang. Mendapatkan mineral yang satu ini juga merupakan cara terbaik bagi anda untuk meningkatkan kesuburan.

Kekurangan zinc bisa membuat anda memiliki kadar testosteron rendah, kualitas sperma yang buruk, dan meningkatkan resiko ketidaksuburan bagi pria.

  1. Rajin Berolahraga

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ketidaksuburan juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, maka dari itulah mulai biasakan diri anda untuk rajin berolahraga setidaknya 3-5 kali seminggu.

Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mental anda secara keseluruhan, latihan secara teratur ternyata mampu meningkatkan kadar testosteron dan mengatasi ketidaksuburan.

Tetapi anda harus tetap menjaga intensitas dari olahraga tersebut. Latihan yang terlalu berat malah akan memberikan efek sebaliknya terhadap kadar testosteron anda. Tetapi jika terdapat suatu kondisi yang tidak bisa dihindari (misalnya anda adalah seorang atlet), maka menambahkan asupan zinc bisa meminimalisir resiko tersebut. Sumber 6.

Tetap aktif secara fisik juga merupakan salah satu cara terbaik agar anda bisa mengatasi ketidaksuburan. Banyak hal yang bisa dilakukan, dimulai dari berjalan santai, jogging, bersepeda, hingga memainkan permainan bola yang anda sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *