Info Sehat

6 Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Di dunia ini banyak sekali jenis nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin A. Jenis nutrisi yang satu ini merupakan...

Written by Agung Sanjaya · 3 min read >
Manfaat Vitamin A

Di dunia ini banyak sekali jenis nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin A. Jenis nutrisi yang satu ini merupakan istilah umum untuk sekelompok senyawa yang larut dalam lemak dan sangat penting bagi kesehatan manusia.

Vitamin A memainkan berbagai macam proses penting di dalam tubuh seseorang, termasuk menjaga kesehatan penglihatan, memastikan organ-organ fungsi sistem kekebalan tubuh anda tetap normal, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim seorang ibu.

Sangat direkomendasikan bagi kaum pria untuk mendapatkan 900 mcg per harinya, sementara wanita adalah 700 mcg. Berbeda dengan anak kecil dan bayi yang hanya membutuhkan kadar asupan antara 300 hingga 600 mcg vitamin A setiap harinya.

Senyawa vitamin A dapat ditemukan baik di dalam makanan hewani maupun nabati, serta datang dalam 2 bentuk yang berbeda, yaitu preform vitamin A dan provitamin A karotenoid.

Preform vitamin A dikenal juga sebagai bentuk aktif dari vitamin itu sendiri, yang mana tubuh anda akan menggunakannya seperti apa adanya. Vitamin A jenis ini terkandung di dalam daging, ayam, ikan, dan produk susu yang menyertakan senyawa retinol, retinal, dan asam retinoat.

Sementara provitamin A karotenoid adalah bentuk vitamin tidak aktif yang bisa anda temukan dalam tanaman. Beberapa jenisnya termasuk alpha-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin.

Meskipun berbeda, tetapi keduanya dapat dikonversi ke dalam bentuk aktif di dalam tubuh anda. Seperti contohnya, beta-karoten yang dikonversi ke dalam retinol (sejenis bentuk aktif dari vitamin A) di dalam usus kecil anda.

Meskipun jenisnya yang berbeda, tetapi vitamin A masih bisa memberikan anda berbagai macam jenis manfaat kesehatan yang telah terbukti oleh para ahli kesehatan dan penelitian.

Manfaat Vitamin A

1.Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A sangatlah penting untuk menjaga penglihatan mata anda. Jenis nutrisi ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk mengkonversi cahaya yang masuk ke mata anda ke dalam sinyal elektrik yang dapat dikirim ke otak. Faktanya, salah satu gejala pertama dari kekurangan vitamin A adalah rabun senja atau rabun ayam, yang dikenal sebagai nyctalopia.

Rabun senja bisa terjadi pada orang-orang yang kekurangan vitamin A karena nutrisi ini merupakan komponen utama dari pigmen rhodopsin, yang mana ditemukan di dalam retina mata anda dan sangatlah sensitif terhadap cahaya.

Orang-orang yang menderita rabun senja memang masih bisa melihat di siang hari, tetapi kemampuan penglihatannya akan menurun drastis saat malam hari atau di tempat yang memiliki penerangan rendah.

Selain vitamin A dapat mencegah rabun senja, mengkonsumsi sejumlah yang cukup akan beta-karoten juga dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan yang dialami oleh beberapa orang seiring bertambahnya usia mereka.

Degenerasi makula terkait usia (AMD – Age-related macular degeneration) merupakan penyebab utama kebutaan di beberapa negara-negara maju. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, tetapi ada dugaan bahwa terdapatnya kerusakan seluler pada retina seseorang yang disebabkan oleh stres oksidasi.

2.Mengurangi Kanker Tertentu

Kanker terjadi ketika sel-sel mulai tumbuh secara tidak normal dan membelah dengan cara yang tidak terkendali. Dikarenakan vitamin A dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel di dalam tubuh anda, maka secara otomatis memiliki pengaruh besar terhadap resiko kanker dan perannya dalam mencegah penyakit tersebut.

Dalam studi pengamatan, mengkonsumsi dosis vitamin A yang tinggi dalam bentuk beta-karoten telah dikaitkan dengan menurunnya resiko seseorang terkena jenis kanker tertentu, termasuk limfoma Hodgkin, serta kanker serviks, paru-paru, dan kandung kemih.

Meskipun saat ini hubungan antara kadar vitamin A di dalam tubuh dan berkurangnya resiko kanker masih belum dipahami sepenuhnya, tetapi bukti kuat telah memperlihatkan bahwa mendapatkan vitamin A yang cukup – terutama dari makanan nabati – sangatlah penting dalam menjaga pembelahan sel yang sehat serta mengurangi resiko anda terkena kanker tertentu.

3.Mendukung Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A juga sangatlah memainkan peran penting dalam menjaga pertahanan alami tubuh anda, termasuk selaput lendir di mata, paru-paru, usus, dan alat kelamin yang berfungsi untuk menjebak bakteri dan berbagai macam agen infeksi lainnya agar tidak masuk ke dalam tubuh anda lebih jauh lagi.

Selain itu, nutrisi ini juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih, yang akan membantu menangkap dan membersihkan bakteri dan patogen lainnya dari aliran darah anda.

Ini artinya, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan kerentanan anda terkena infeksi dan memperlambat proses penyembuhan ketika anda tengah sakit. Bahkan di beberapa negara-negara yang seringkali terjadi infeksi seperti malaria atau campak pada anak-anak bisa terbantu dengan memberikan tambahan asupan vitamin A.

4.Mengurangi Resiko Anda Terkena Jerawat

Jerawat termasuk ke dalam peradangan kronis yang terjadi pada kulit anda. Para penderitanya biasanya akan mengembangkan sebuah kondisi berupa bintik-bintik dan komedo yang gatal atau menyakitkan. Area yang sering terkena adalah wajah, punggung, dan dada.

Bintik-bintik ini terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat oleh kulit mati dan minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh. Kelenjar-kelenjar ini biasa terdapat di folikel rambut di kulit dan memproduksi sebum, yaitu senyawa berminyak dan berlilin yang berguna dalam menjaga kulit anda agar tetap lembab.

Meskipun bintik-bintik tersebut tidaklah berbahaya, tetapi bisa memberikan efek serius terhadap kesehatan mental dan rendahnya kepercayaan diri, sehingga rentan terkena kecemasan dan depresi.

Penelitian sendiri telah memperlihatkan bahwa mereka yang kekurangan vitamin A beresiko menumbuhkan jerawat karena menyebabkan kelebihan protein keratin pada folikel rambut seseorang.

5.Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Nutrisi utama yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang seiring dengan bertambahnya usia anda adalah protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, vitamin A pun sebenarnya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang di dalam tubuh anda.

Faktanya, mereka yang kekurangan vitamin A lebih beresiko mengalami patah tulang dibandingkan dengan mereka yang senantiasa mengonsumsinya..

Tetapi perlu dicatat bahwa vitamin A hanyalah pendukung dari kesehatan tulang. Nutrisi yang paling memiliki peran penting dalam kesehatan tulang tetaplah vitamin D dan kalsium. Hanya saja, kedua nutrisi tersebut haruslah tetap didukung oleh vitamin A yang menyehatkan.

6.Membantu Menjaga Sistem Reproduksi

Mungkin manfaat yang paling terkenal dari vitamin A selain menjaga kesehatan mata adalah kemampuannya dalam mendukung kesehatan sistem reproduksi, baik untuk pria maupun wanita, serta memastikan pertumbuhan dan perkembangan embrio yang normal selama masa kehamilan.

Terlebih pada wanita hamil, vitamin A juga terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan berbagai macam organ dan struktur utama bayi yang belum lahir, termasuk tulang, sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru, dan pankreas.

Tetapi asupan vitamin A tersebut haruslah tetap dijaga. Kekurangan vitamin A memang dapat memberikan berbagai macam masalah kesehatan, tetapi kelebihan asupan dari nutrisi ini pun bisa begitu membahayakan bayi anda dan beresiko mengalami cacat lahir.

Maka dari itulah banyak sekali para ahli kesehatan menyarankan kepada setiap wanita yang tengah menjalani masa kehamilan untuk selalu menghindari makanan yang mengandung sejumlah vitamin A yang terkonsentrasi, seperti hati dan suplemen vitamin A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *