Info Sehat

4 Manfaat Jus Tomat dan Kekurangannya

Jus tomat sudah menjadi salah satu jenis minuman paling terkenal dan menyehatkan, dikarenakan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan ampuh yang dimilikinya. Terutama...

Written by Agung Sanjaya · 3 min read >
4 Manfaat Jus Tomat dan Kekurangannya

Jus tomat sudah menjadi salah satu jenis minuman paling terkenal dan menyehatkan, dikarenakan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan ampuh yang dimilikinya. Terutama kandungan likopen yang mana merupakan sejenis antioksidan kuat dengan kemampuannya dalam melawan berbagai macam penyakit di tubuh.

Meskipun terdapat sekelompok orang yang percaya bahwa jus tomat tidak sesehat seperti kelihatannya, dikarenakan kandungan natrium yang tinggi di beberapa merk produk tertentu, tetapi jika anda mampu membuatnya sendiri, malah keraguan tersebut bisa dihilangkan.

Cara Membuat Jus Tomat

Sebelum buru-buru membahas tentang manfaatnya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara membuat jus tomat atau makanan berbasis tomat yang baik dan benar. Diperlukan proses memasak jika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih dari buah menyehatkan yang satu ini.

Untuk membuat jus tomat sangat mudah sekali. Anda cukup memasak tomat segar yang telah diiris selama 30 menit di atas api sedang. Setelah didinginkan, segera blender tomat tersebut hingga mudah untuk diminum. Meskipun tomat mentah memiliki kandungan yang memukau, tetapi kandungan likopennya bisa meningkat 2 kali lipat setelah dimasak.

Anda juga bisa mencampurkannya dengan berbagai macam jenis sayuran dan tanaman herbal, seperti seledri, paprika merah, oregano, dan lain sebagainya demi meningkatkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Jika anda ingin memasaknya sebagai makanan, disarankan untuk menggunakan minyak zaitun agar mendapatkan manfaat berlebih. Likopen merupakan sejenis nutrisi yang larut dalam lemak, sehingga akan lebih berguna jika dikonsumsi dengan makanan yang mengandung lemak sehat.

Adapun beberapa manfaat dan keuntungan anda mengkonsumsi jus tomat sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

1.Mengandung Nutrisi yang Tinggi

Jus tomat bisa disebut sebagai minuman tersehat yang bisa anda dapatkan dengan sangat mudah. Untuk mendapatkan manfaat tambahan, anda bisa mencampurnya dengan beberapa sayuran seperti seledri, wortel, atau buah bit.

Tetapi diminum polos saja sebenarnya sudah bisa memberikan anda berbagai macam vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Adapun dalam satu gelas (240 ml) jus tomat saja sudah mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 41
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A: 22% dari nilai harian anda (DV)
  • Vitamin C: 74% DV
  • Vitamin K: 7% DV
  • Vitamin B1 (Tiamin): 8% DV
  • Vitmain B3 (Niacin): 8% DV
  • Vitamin B6 (Folat): 12% DV
  • Magnesium: 7% DV
  • Kalium: 16% DV
  • Tembaga: 7% DV
  • Mangan: 9% DV

Dari kandungan diatas bisa disimpulkan maka dengan mengkonsumsi 2 gelas jus tomat per hari saja sudah dipastikan anda bisa mendapatkan asupan vitamin C yang sangat cukup serta kebutuhan vitamin A sebanyak 22% dalam bentuk alpha dan beta-karotenoid.

Karotenoid sendiri merupakan pigmen yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh anda. Vitamin jenis ini tentunya sangat penting bagi kesehatan mata anda dan pemeliharaan jaringan di tubuh.

Selain itu, karotenoid juga tidak hanya sekedar diubah ke dalam vitamin A, tetapi juga bisa bertindak sebagai antioksidan ampuh dalam menjaga sel-sel anda dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tak stabil yang disebut sebagai radikal bebas.

Radikal bebas sendiri telah dikaitkan dengan berbagai macam jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung dan dipercaya sebagai biang keladi dari proses penuaan.

Jus tomat juga merupakan sumber yang baik dari magnesium dan kalium, yaitu dua jenis mineral penting bagi kesehatan jantung anda. Sementara vitamin B seperti folat juga merupakan nutrisi penting untuk proses metabolisme dan berbagai macam jenis fungsi tubuh lainnya.

2.Tinggi Antioksidan

Jus tomat adalah sumber antioksidan kuat terkonsentrasi seperti likopen, yaitu pigmen tanaman karotenoid yang telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan yang mengagumkan.

Likopen akan melindungi sel-sel anda dari kerusakan radikal bebas, sehingga akan mengurangi peradangan di tubuh anda. Bahkan sebuah penelitian melaporkan bahwa likopen mampu mengurangi kadar kolesterol secara signifikan dan lingkar pinggang pada wanita.

Penelitian lain yang melibatkan sekitar 106 wanita dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tomat jus sebanyak 330 ml per hari selama 20 hari mampu mengurangi penanda peradangan secara signifikan, seperti interleukin 8 (IL-8) dan Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-α).

Selain itu, likopen juga dapat mengurangi kadar serum 8-Oxo-2’-deoxyguanosine (8-oxodG) ketika dikonsumsi setelah latihan fisik yang ekstensif. 8-oxodG sendiri merupakan penada kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. Kadar tinggi dari penanda ini telah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit kronis seperti kanker payudara dan penyakit jantung.

3.Mengurangi Faktor Resiko Penyakit Jantung

Tomat sudah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung seseorang. Hal ini karena kandungan antioksidan yang dimilikinya, seperti likopen dan beta-karoten, dimana keduanya mampu membantu mengurangi faktor resiko penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penumpukan lemak di arteri seseorang.

Sebuah ulasan dari 13 penelitian lainnya juga menemukan bahwa likopen dari tomat yang dikonsumsi sebanyak 25 mg per hari ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL sebanyak 10% serta mengurangi tekanan darah secara signifikan.

Sebagai pengingat, satu gelas dari jus tomat sendiri menyediakan 22 mg likopen, sehingga akan sangat baik jika anda bisa mengkonsumsinya 2 gelas per hari jika memiliki penyakit kolesterol.

4.Menjaga Anda Dari Kanker Tertentu

Dikarenakan tingginya kadar nutrisi dan antioksidan di dalam jus tomat, maka beberapa penelitian pun memperlihatkan bahwa minuman sehat ini bisa bertindak sebagai anti-kanker.

Sebuah ulasan dari 24 penelitian yang terkait dengan asupan tomat dosis tinggi juga telah memperlihatkan terdapat pengurangan resiko kanker prostat pada tubuh seseorang.

Sementara dalam tes tabung memperlihatkan bahwa ekstrak likopen yang berasal dari buah tomat mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat dan menginduksi apoptosis, atau kematian sel.

4 Manfaat Jus Tomat dan Kekurangannya

Sisi Jelek Jus Tomat

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa beberapa orang percaya bahwa jus tomat tidak sesehat kelihatannya. Hal ini mungkin karena kandungan natrium di dalamnya. Beberapa produk yang dipasarkan bahkan memasukkan natrium dan gula sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi jika anda ingin mengejar manfaat kesehatannya secara optimal.

Faktanya, asupan makanan yang tinggi akan natrium bisa jadi masalah baru bagi anda. Beberapa penelitian sendiri telah memperlihatkan bahwa natrium dapat berkontribusi terhadap meningkatnya tekanan darah pada seseorang.

Kekurangan lainnya dari jus tomat adalah sedikitnya kandungan serat jika dibandingkan dengan buah tomat utuh.

Jadi, jika anda ingin mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan di atas dari dalam jus tomat, pastikan untuk meminum 100% jus tomat asli tanpa tambahan gula ataupun garam.

Selain itu, bagi anda yang tengah menderita penyakit GERD (gastroesophageal reflux) diharapkan untuk menghindari jus tomat secara total karena malah akan membuat gejala penyakit anda tersebut semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *