Info Sehat

12 Makanan yang Mengandung Sodium Tinggi

Garam yang biasa anda gunakan saat memasak dikenal juga sebagai garam meja, atau secara kimiawi disebut sebagai sodium klorida, yang terbuat dari...

Written by Rachmad · 3 min read >
12 Makanan yang Mengandung Sodium Tinggi

Garam yang biasa anda gunakan saat memasak dikenal juga sebagai garam meja, atau secara kimiawi disebut sebagai sodium klorida, yang terbuat dari 40% kandungan sodium di dalamnya.

Meskipun memberikan citarasa yang lezat terhadap makanan, sayangnya diperkirakan hampir setengah dari para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi disebabkan oleh asupan tinggi akan sodium. Artinya, banyak orang yang merasa sensitif terhadap garam. Terlebih lagi, resiko anda terkena sensitivitas terhadap garam pun akan meningkat seiring dengan berjalannya usia anda.

Batasan asupan garam yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan sendiri adalah 2.300 mg per hari, atau sekitar 1 sendok teh. Sayangnya, banyak orang yang masih terlalu banyak mengkonsumsi sodium tersebut bahkan rata-rata hingga 3.400 mg per hari. Jadi, pantas saja jika semakin banyak orang yang menderita hipertensi dari waktu ke waktu.

Disebabkan oleh berbagai macam jenis makanan yang telah kami susun di bawah ini, banyak sekali orang yang melebihi batas asupan garam yang telah direkomendasikan.

Sodium sendiri bisa terdapat dalam makanan baik secara buatan maupun alami. Jika anda merasa sensitif terhadap garam atau ingin mengurangi asupan senyawa sodium tersebut, pastikan untuk selalu membatasi asupan makanan-makanan ini:

1.Udang

Udang yang telah dikemas dan dibekukan sudah sangat mengandung garam tambahan untuk memberikan cita rasa yang lebih tinggi, bahkan tak jarang juga mengandung pengawet yang membahayakan bagi tubuh anda.

Seperti contohnya, sodium tripolifosfat seringkali dimasukkan ke dalam udang untuk membantu meminimalisir kehilangan kelembabannya. Dari 3 ons udang beku saja sudah mengandung sebanyak 800 mmg sodium, atau mencakup 35% dari batasan harian anda.

Berbeda dengan 3 ons udang segar yang baru ditangkap hanya mengandung sekitar 101 mg atau 4% dari batasan harian anda. Dengan begitu, bagi anda yang memfavoritkan makanan laut yang satu ini, akan lebih baik untuk mengkonsumsi varian yang belum diproses.

12 Makanan yang Mengandung Sodium Tinggi

2.Puding Instant

Pudding sebenarnya jauh dari kata asin, tetapi sebenarnya banyak sekali kadar sodium yang bersembunyi di balik rasanya yang manis tersebut, terutama jenis puding instant yang biasa dijual di pasaran.

Sodium dari garam dan aditif (disodium fosfat dan tetrasodium pirofosfat) biasa digunakan untuk membantu mengentalkan puding instant tersebut. Dari porsi sebanyak 25 gram puding instant rasa vanilla saja sudah mengandung sebanyak 350 gram sodium, atau 15% dari batas harian anda.

Berbeda dengan puding vanilla biasa yang hanya mengandung 135 mg sodium atau 6% dari batas harian anda.

3.Keju Cottage

Keju cottage memang merupakan sumber yang sangat baik akan kalsium dan protein, tetapi di sisi lain sangatlah tinggi akan garam. Dari 113 gram keju cottage saja rata-rata menghasilkan 350 mg sodium atau 15% dari batasan harian anda.

Garam dari keju cottage tidak hanya bekerja sebagai penguat rasa tetapi juga berkontribusi terhadap tekstur dan berfungsi sebagai pengawet. Jadi tak heran jika anda tidak akan menemukan keju cottage yang rendah akan sodium.

4.Jus Sayuran

Meminum jus sayuran merupakan salah satu cara praktis anda dalam mengkonsumsi minuman sehat, tetapi tetap harus berhati-hati karena terdapat beberapa varian atau merk yang sangat tinggi akan sodium. Dari 8 ons jus sayuran yang dijual di pasaran rata-rata mengandung 405 mg sodium atau 17% dari batasan harian anda.

5.Pizza

Beberapa tahun belakangan, makanan dari negara Italia ini sudah mulai diminati dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Tetapi meskipun rasanya yang enak dan memberikan kesan mewah, sayangnya pizza juga termasuk ke dalam jenis makanan yang tinggi akan sodium.

Banyak sekali bahan-bahan yang dicampurkan ke atas roti lezat ini sebagai topping-nya, seperti keju, saus, dan daging terproses yang sudah pasti mengandung sejumlah besar sodium di dalamnya.

Dari porsi 140 gram potongan pizza besar saja sudah mengandung 765 mg sodium, atau 33% dari batasan garam harian anda. Jadi jika anda mengkonsumsi lebih dari satu potong dalam satu waktu, maka asupan sodium anda jelas bisa berlipat ganda.

6.Sandwiches

Sandwiches atau roti lapis juga merupakan jenis makanan luar yang sudah diterima baik oleh masyarakat kita. Makanan ini terbuat dari roti, daging terproses, keju, atau berbagai jenis bumbu yang seringkali ditambahkan ke dalam makanan tersebut.

Tetapi anda masih bisa mengurangi asupan sodium tersebut jika menggunakan daging tak terproses seperti dada ayam atau buah-buahan dan sayuran seperti alpukat dan tomat sebagai isinya.

7.Kaldu

Kaldu kemasan yang biasa anda gunakan sebagai bumbu masak untuk membuat sup tentunya sangat tinggi akan kandungan garam. Seperti contohnya 8 ons dari kaldu sapi saja mengandung rata-rata hingga 782 mg sodium atau 34% dari batasan asupan garam anda. kaldu ayam dan kaldu sayuran juga masih sangat tinggi akan sodium.

8.Acar

Seringkali acar memiliki rasa asin dan asam, sehingga secara sekilas pun sudah terlihat bahwa jenis makanan ini mengandung kadar sodium yang tinggi. Acar pun seringkali digunakan sebagai isi dari sandwiches, yang mengandung sekitar 241 mg sodium, atau 10% dari batas harian anda.

9.Kecap Asin

Sesuai namanya, bumbu ini juga mengandung kadar garam yang tinggi sehingga memberikan cita rasa asin yang teramat sangat. Dari 15 ml kecap asin yang terbuat dari kacang kedelai saja sudah mengandung 1024 mg sodium, atau 44% dari batas harian anda.

Jadi sangatlah tidak disarankan bagi anda yang tengah menderita hipertensi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kecap asin di dalamnya dalam jangka panjang.

10.Saus Tomat

Saus tomat juga tidak lepas dari kadar sodium yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda jika dikonsumsi terlalu banyak. Dari 62 gram saus tomat saja bisa memberikan anda sebanyak 321 mg sodium atau 14% dari batasan harian anda.

11.Makanan Kalengan

Untuk memudahkan masyarakat dalam memasak, banyak sekali produsen makanan yang membuat sejenis makanan kaleng agar lebih mudah dan menghemat waktu dalam memprosesnya.

Tetapi sekalipun memberikan kemudahan bagi anda, tetapi perlu diperhatikan juga kandungan di dalamnya, terlebih kadar sodium yang sangat tinggi.

Berdasarkan analisa baru-baru ini, tuna kalengan mengandung sekitar 247 mg sodium per 3 ons nya, atau 10% dari batasan harian anda.

Bahkan daging sapi yang dikalengkan seperti daging kornet bisa lebih asin dan mengandung lebih banyak garam, yaitu bisa mencapai antara 794 hingga 1393 mg sodium per 3 ons nya, atau 29-51% dari batasan asupan harian anda.

12.Biskuit

Salah satu camilan yang telah banyak dikenal dan diminati masyarakat, biskuit memang sudah menjadi makanan yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Tetapi jangan sampai anda memasukkannya ke dalam kulkas karena akan membuat makanan ini mengandung kadar sodium yang semakin tinggi.

Beberapa jenis tertentu menunjukkan kadar rata-rata sodium hingga 528-840 mg, atau 23%-36% dari batas harian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *