Info Sehat

10 Jenis Makanan yang Melancarkan Aliran Darah

Sirkulasi yang buruk merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang sangat umum terjadi diantara kita. Banyak sekali penyebab yang menjadi faktor resiko...

Written by Irfan · 3 min read >
10 Jenis Makanan yang Melancarkan Aliran Darah

Sirkulasi yang buruk merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang sangat umum terjadi diantara kita. Banyak sekali penyebab yang menjadi faktor resiko dari kondisi tersebut, seperti penyakit arteri perifer (PAD – Peripheral artery disease), diabetes, obesitas, merokok, penyakit Raynaud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berkurangnya aliran darah tentunya dapat menciptakan beberapa gejala yang kurang menyenangkan seperti rasa nyeri, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, hingga perasaan dingin di area tangan dan kaki.

Nah, selain masalah aliran darah ini bisa diatasi dengan berolahraga dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, meningkatkan asupan makanan bergizi pun bisa sangat berperan penting. Kali ini, kita akan membahas makanan apa saja yang dapat melancarkan aliran darah anda secara alami, dimana daftarnya sudah kami susun di bawah ini.

1.Cabe Rawit

Rasa pedas dari cabe rawit dihasilkan oleh sejenis fitokimia yang disebut sebagai capsaicin, yang mana mampu meningkatkan aliran darah ke jaringan dengan cara mengurangi tekanan darah dan menstimulasi pelepasan oksida nitrat dan vasodilator lainnya. Secara sederhananya, senyawa ini dapat membantu tubuh anda melebarkan pembuluh darah.

Vasodilator memungkinan darah mengalir dengan lebih mudah melalui pembuluh darah dan arteri anda dengan cara mengendurkan otot-otot kecil yang ditemukan pada dinding pembuluh darah.

Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi cabe rawit maka anda dapat meningkatkan sirkulasi di tubuh, kekuatan pembuluh darah, serta mengurangi plak yang terbangun di arteri anda.

Jadi tak heran jika cabe rawit seringkali dimasukkan ke dalam krim penghilang rasa sakit karena kemampuannya dalam mendorong aliran darah ke bagian tubuh yang telah terkena.

2.Buah Delima

Buah delima merupakan jenis buah yang berair dan manis, dan sangat tinggi akan kandungan antioksidan polifenol dan nitrat di dalamnya, yang mana merupakan sejenis vasodilator ampuh.

Mengkonsumsi buah delima – baik secara polos, dijus, atau dalam suplemen – bisa meningkatkan aliran darah dan okseginasi jaringan otot, yang secara khusus akan membantu seseorang yang senantiasa aktif secara fisik.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 19 orang menemukan bahwa dengan mengkonsumsi sebanyak 1000 mg ekstrak buah delima 30 menit sebelum berolahraga, maka dapat meningkatkan aliran darah, diameter pembuluh darah, serta kinerja olahraga menjadi lebih efektif.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 17 ons jus buah delima selama atau sebelum latihan beban mampu mengurangi rasa sakit, kerusakan otot, dan peradangan di antara para atlet angkat besi.

3.Bawang Merah atau Bombay

Bawang jenis ini sudah dikenal sebagai sumber terbaik dari antioksidan flavonoid yang sangat penting bagi kesehatan jantung seseorang. Tetapi tak hanya itu saja manfaat yang bisa diberikan, ternyata sayuran ini pun mampu meningkatkan sirkulasi dengan cara membantu arteri dan vena dalam tubuh anda melebar ketika aliran darah meningkat.

Dalam sebuah penelitian selama 30 hari melibatkan 23 pria yang mengkonsumsi 4,3 gram ekstrak bawang setiap hari memperlihatkan peningkatan aliran darah dan pelebaran arteri setelah makan secara signifikan.

Bawang putih juga mengandung efek anti-radang sehingga dapat pula meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung dengan cara mengurangi peradangan di area vena dan arteri.

4.Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah hangat yang juga memiliki berbagai macam manfaat termasuk meningkatkan aliran darah. Tanaman ini dapat pula mengurangi tekanan darah secara efektif dengan cara melemaskan pembuluh darah di tubuh seseorang. Tentu saja efeknya tersebut akan meningkatkan sirkulasi dan menjaga agar jantung anda tetap sehat.

5.Bawang Putih

Selain saudaranya bawang merah dan bawang Bombay yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, bawang putih pun tak kalah terkenalnya dalam memberikan dampak kesehatan pada tubuh seseorang, salah satunya terhadap sirkulasi dan jantung anda.

Dalam sebuah penelitian melibatkan sebanyak 42 orang penderita penyakit arteri koroner yang mengkonsumsi tablet bubuk bawang putih dengan kandungan allicin 1,200 mg sebanyak dua kali sehari selama 3 bulan berturut-turut, menunjukkan peningkatan aliran darah hingga 50% di area arteri lengan atas dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya.

6.Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak seperti salmon dan makarel merupakan sumber yang sangat baik akan asam lemak omega-3. Jenis lemak ini khususnya sangatlah bermanfaat terhadap sirkulasi tubuh anda karena mendukung pelepasan nitrat oksida, yang mana akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah di saat yang bersamaan.

Lemak omega-3 juga akan membantu menghambat penggumpalan trombosit dalam darah anda. Tak berhenti sampai di sana, suplemen minyak ikan juga sudah dikaitkan dengan berkurangnya tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah pada otot rangka selama dan setelah berolahraga.

7.Akar Tanaman Bit

Banyak sekali olahragawan atau atlet yang senantiasa mengkonsumsi suplemen akar tanaman bit atau jus bit demi meningkatkan performa mereka. Hal ini karena akar tanaman bit mengandung kadar tinggi akan nitrat, di mana tubuh anda akan mengubahnya ke dalam nitrat oksida.

Nitrat oksida sendiri telah dikenal dengan kemampuannya dalam merileksasikan pembuluh darah dan aliran darah ke dalam jaringan otot seseorang.

Sementara suplemen jus akar tanaman bit mampu meningkatkan aliran oksigen pada jaringan otot, menstimulasi aliran darah, dan meningkatkan kadar nitrat oksida – yang mana semuanya itu berkontribusi besar terhadap meningkatnya performa seseorang.

Di samping kemampuannya dalam membantu para atlet dan olahragawan, akar tanaman bit juga mampu meningkatkan aliran darah pada orang lanjut usia yang memiliki masalah sirkulasi pada tubuhnya.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 12 orang lanjut usia, di mana mereka meminum 140 ml (5 ons) jus bit per harinya memperlihatkan pengurangan tekanan darah, waktu pembekuan darah, dan peradangan pada pembuluh darah mereka.

8.Kunyit

Meningkatkan aliran darah merupakan salah satu tugas penting dari rempah-rempah kuning berwarna kunyit. Faktanya, baik dari pengobatan Ayurveda maupun China tradisional telah menggunakan kunyit semenjak zaman dahulu untuk membuka pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemuka dalam kunyit yang disebut sebagai kurkumin mampu membantu meningkatkan produksi nitrat oksida, mengurangi stres oksidasi dan peradangan di saat yang bersamaan.

9.Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan sawi sangatlah tingi akan kandungan nitrat, di mana nantinya tubuh anda akan mengubahnya ke dalam nitrat oksida sebagai vasodilator yang ampuh.

10.Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali dikemas dengan antioksidan seperti flavonoid. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan jenis antioksidan ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh anda, sehingga berefek pada berkurangnya tekanan darah dan kekakuan pada arteri anda sembari memperbaiki aliran daran dan meningkatkan produksi nitrat oksida di saat yang bersamaan.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 31 orang yang mengkonsumsi 500 ml jus jeruk asli sekali sehari selama satu minggu memperlihatkan perbaikan pada pelebaran arteri dan pengurangan penanda peradangan seperti IL-6 dan CRP.

Selain itu, mengkonsumsi buah citrus secara teratur – seperti lemon dan jeruk bali – sudah dikaitkan dengan berkurangnya tekanan darah dan resiko seseorang terkena stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *