Info Parenting

Cara Mengajari Anak Menulis Di Usia 7 Tahun

Kemampuan anak untuk dapat menulis dengan baik, tidak terlepas dari peran orang tuanya dirumah. Karena menulis bukanlah kemampuan yang bisa dilakukan dalam...

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara Mengajari Anak Menulis Di Usia 7 Tahun

Kemampuan anak untuk dapat menulis dengan baik, tidak terlepas dari peran orang tuanya dirumah. Karena menulis bukanlah kemampuan yang bisa dilakukan dalam sekejap. Tetapi hal ini memerlukan proses dan butuh dukungan serta semangat dari orang tuanya.

Usia tepat untuk mengajarkan anak belajar menulis adalah dimulai dari usia 7 tahun. Atau ketika anak sudah siap untuk belajar menulis sebelum usia tersebut, maka orang tua boleh membantunya untuk belajar menulis. Yang terpenting adalah kita tidak memaksa anak dalam mengajari menulis.

Cara Mengajari Anak Menulis Di Usia 7 Tahun

Beberapa cara mengajari anak menulis di usia 7 tahun dapat dilihat pada ulasan berikut ini.

1. Lakukan dengan cara yang menyenangkan

Cara mengajari anak menulis pertama buatlah menulis menjadi lebih menyenangkan. Sebaiknya jangan buru-buru dalam mengajari anak untuk menuliskan alfabet dari A-Z. kita bisa mulai dengan menuliskan nama anak terlebih dahulu pada selembar kertas. Lalu kita bisa membebaskan anak untuk berkreasi diatas kertas tersebut dengan menggunakan pensil . ini dilakukan agar anak tidak merasa stres dan cepat bosan.

2. Menulis dengan cara menebalkan huruf

Dalam mengajari anak menulis, kita bisa melakukannya dengan cara menebalkan huruf atau yang lebih dikenal dengan trace the dot. Di toko- toko buku, buku yang berisi trace the dot ini banyak tersedia. Namun kita juga bisa membuat sendiri dirumah loh.

Caranya mudah kok, kita tinggal membuat pola-pola sendiri yang menggambarkan huruf, ataupun angka. Buatlah pola titik- titik tersebut diatas selembar kertas dengan menggunakan pensil. Ajak si kecil untuk menyambungkan titik-titik tersebut agar bisa menciptakan sebuah huruf atau angka tertentu.

3. Gunakan alat tulis yang disukai anak

Sebaiknya dalam langkah awal ketika memulai untuk belajar menulis, maka kita bisa menggunakan alat tulis yang disukai anak. Tidak selalu menggunakan pensil saat pertama kali anak belajar menulis, tetapi pensil tersebut bisa diganti dengan menggunakan crayon. Cara seperti ini dilakukan agar anak terlihat antusias melihat warna-warni pada sebuah kertas.

4. Belajar menulis dimana saja

Ketika mengajari anak menulis kita bisa melakukannya dimana saja. Apabila anak kita senang mencorat-coret tembok maka kita bisa mengalasi tembok tersebut dengan kertas putih. Agar anak bisa menuliskan di kertas tersebut, bukan diatas tembok.

Selain itu, saat kita sedang berekreasi bersama dengan keluarga di pantai. Maka kita bisa mnegajari anak menulis diatas pasir. Tulislah sebuah kata yang pendek diatas pasir tersebut bersama anak. Pasti terlihat seru dan menyenangkan.

5. Latih menulis dengan permainan

Orang tua juga bisa membuat permainan puzzle untuk mengajari anak menulis. Caranya yaitu tulislah kata pada selembar ketas, sebelumnya kita bisa memotong huruf tersebut serta menyuruh anak untuk menuliskannya sendiri pada kertas lain. Cara seperti ini terlihat sangat seru dan mengasyikkan.

6. Latih anak untuk menulis sesuai garis kertas

Setelah anak menguasai alfabet dan angka , maka kita bisa melatih anak untuk menulis sesuai dengan garis kertas yang ada di buku. Ini akan membuat anak terbiasa ketika menulis di sekolah. Apabila didalam menulis, masih terlihat beberapa huruf yang tidak rata ataupun miring maka kita bisa meminta anak untuk menghapus huruf tersebut kemudian mengulanginya.

7. Pujilah Anak

Kita harus selalu memberi dukungan serta memberikan pujian pada anak ketika berhasil melakukan sesuatu. Ini bisa membuat anak lebih bersemangat. Selain itu kita juga harus melihat prosesnya agar anak bisa termotivasi untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *