Info Parenting

Cara Mengajari Anak Mengaji Di Era Modern

Perkembangan jaman yang begitu pesat pastinya akan mempengaruhi gaya hidup seseorang, tak terkecuali anak-anak. Perubahan ini juga tak lepas dari teknologi yang...

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara Mengajari Anak Mengaji Di Era Modern

Perkembangan jaman yang begitu pesat pastinya akan mempengaruhi gaya hidup seseorang, tak terkecuali anak-anak. Perubahan ini juga tak lepas dari teknologi yang makin maju. Penggunaan gadget terutama pada anak-anak membuat kita para orang tua untuk selalu memperhatikan dan mengawasi tentang tumbuh kembang anak.

Tetapi pengawasan tersebut tidak bisa selama 24 jam mendampingi anak, karena mungkin terkendala oleh orang tua yang bekerja ataupun anak yang sibuk karena aktivitas sekolah.

Memberikan bekal agama sangat diperlukan dan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Diantaranya adalah untuk membentengi anak dari hal-hal buruk. Salah satu bekal ilmu agama tersebut adalah dengan mengajari anak mengaji.

Cara Mengajari Anak Mengaji Di Era Modern

Bagaimana cara mengajari anak mengaji di era modern seperti sekarang ini? Yukkk simak caranya dibawah ini.

1. Biasakan anak mendengar ayat Al Quran setiap hari

Contoh yang paling mudah dan paling gampang dilakukan adalah dengan membiasakan anak mendengar Al Quran setiap hari. Ini bisa kita lakukan ketika habis selesai sholat dirumah.

Selain itu ayat Alquran juga bisa didengar melalui laptop atau gadget kita. Anak akan merekam aktivitas tersebut dan selanjutnya merekam didalam otaknya. Ini adalah salah satu cara mengajari anak mengaji pertama yang dapat orang tua lakukan setiap hari.

2. Berikan pemahaman tentang mengaji

Berikan pemahamn pada anak tentang pentingnya mengaji. Beri penjelasan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami anak. Jelaskan bahwa apabila kita belajar mengaji maka kehiduan kita akan dimuliakan oleh Allah. Selain itu juga mengaji merupakan perintah Allah. Dengan memberi penjelasan tersebut, diharapkan anak akan lebih mudah dan tergerak hatinya untuk selalu belajar mengaji.

3. Perkenalkan huruf Hijaiyah

Selanjutnya setelah kita beri pemahaman tentang mengaji maka kita juga harus mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. Caranyapun bisa dengan bermacam-macam. Orang tua bisa menempelkan huruf hijaiyah didinding kamar atau ruang tengah. Ajak anak untuk bernyanyi bersama tentang huruf hijaiyah.

Berikutnya adalah dengan mengacak huruf hijaiyah tersebut. Kemudian mintalah anak untuk mengurutkannya sesuai dengan urutan hijaiyah.

Terakhir adalah dengan mengenalkan langsung menggunakan buku iqro. Lakukan dengan penuh kesabaran, pasti membuahkan hasil yang baik.

4. Hargai Usaha si Kecil

Berikan penghargaan ketika anak berhasil melafalkan huruf hijaiyah atau selesai mengaji Alquran. Ini membuatnya menjadi lebih bersemangat untuk melakukannya lebih baik lagi.

Sesekali berilah makanan kesukaannya atau buatlah kejutan kecil ketika selesai mengaji. Selain itu selalu ucapkan kata-kata semangat dan terimkasih pada anak.

5. Ajak anak untuk mengaji di TPA/ TPQ

Agar anak tidak bosan dalam belajar mengaji maka kita juga bisa mengajak anak untuk belajar mengaji di lingkungan rumah kita bersama dengan teman-temannya. Biasanya disekitar rumah terdapat TPA ( Taman Pendidikan AlQuran).

Jangan lupa sesekali untuk mengawasi anak kita ketika belajar mengaji. Karena terkadang anak lebih asyik bermain dengan teman-temannya dibandingkan dengan mengaji.

Tanyakan selalu tentang perkembangan mengaji anak pada para ustadz ataupun ustadzah yang mengajari. Agar kita bisa mengulang kegiatan yang sama dirumah bersama anak. Ini dimaksudkan agar anak tidak mudah lupa.

6. Disiplin dan Konsisten

Disaat mengajari anak mengaji maka orang tua juga harus disiplin dan konsisten dalam membasakan anak mengaji. Apabila anak terlihat tidak mood, maka kita sebagai orang tua perlu untuk selalu memberi rangsangan agar anak mau kembali belajar mengaji. Berkreasilah selalu untuk memberikan rangsangan pada anak agar semangat dalm mengaji. Tetapi lakukan cara tersebut dengan santai. Niscaya anak akan dengan mudah untuk mengembalikan mood yang hilang.

Sekian itulah tips dan cara mengjari anak mengaji di era modern seperti sekarang ini, semoga dengan sedikit tips diatas bisa membantu orang tua agar anak pintar membaca Al-Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *