Info Parenting

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Mudah

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang bisa memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan anak. Diantaranya adalah bisa meningkatkan kemampuan bahasa serta komunikasi...

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara Mengajari Anak Membaca

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang bisa memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan anak. Diantaranya adalah bisa meningkatkan kemampuan bahasa serta komunikasi pada anak. Oleh karena itu, membaca bisa dikenalkan pada anak semenjak usia dini.

Selain itu dengan membaca, kita dapat meningkatkan kedekatan atau bonding terhadap anak. Dengan kita mengajari anak membaca maka kedekatan akan mulai terjalin. Agar kegiatan belajar membaca terlihat menyenangkan, maka kita pun bisa melakukan aktivitas ini dengan gembira dan menyenangkan.

Namun kita juga harus mengerti bahwa belajar membaca tidak harus memaksa kepada anak. Jadi jika anak merasa tertekan dan merasa bosan, maka kita harus mengganti cara mengajarinya agar lebih efektif. Yukkk kita simak bersama cara mengajari anak membaca dibawah ini.

Cara Mengajari Anak Membaca

1. Membacakan buku pada anak terlebih dahulu

Cara mengajari anak membaca yang pertama adalah dengan membacakan buku. Saat kita akan mengajari anak membaca, maka kita bisa mulai dengan membacakan buku pada anak terlebih dahulu. Aktifitas ini bisa kita lakukan sehari-hari dirumah tentunya dengan mengikuti mood anak.

Apabila anak terlihat mengantuk, karena mungkin terlalu capai maka kita bisa membacakan buku cerita sebelum anak tidur. Atau saat anak sedang bersantai, maka kita bisa membacakan buku cerita untuknya. Yang terpenting anak tidak rewel dan merasa nyaman saat kita membacakan sebuah cerita.

2. Asosiasikan kata dengan benda yang ada disekitar kita

Selanjutnya adalah mengasosiasikan kata dengan benda yang ada di sekitar. Seperti kita tahu bahwa setiap anak akan belajar dari lingkungan yang ada disekitarnya. Sehingga diharapkan anak bisa lebih cepat memahami suatu kata.

Selain itu kita juga bisa membacakan buku bergambar dengan menunjukan gambar pada anak ssat sedang bercerita. Cara ini juga akan terekam di dalam otak anak.

3. Jadilah Contoh

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa anak akan belajar dari lingkungannya. Lingkungannya disini termasuk didalamnya adalah orangtua dan keluarga. Ketika anak melihat orang tuanya sering membaca, maka anak juga biasanya akan meniru kegiatan tersebut dirumah. Jadi kita tidak hanya memerintahkan kepada anak saja untuk belajar membaca, kitapun harus bisa mencontohkan kegiatan tersebut.

Walaupun mungkin sebagian dari kita sebagai orang tua tidak menyukai membaca, tetapi alangkah baiknya kita mencontohkan kegiatan tersebut kepada anak. Karena cara ini efektif dilakukan ketika anak sedang belajar membaca.

4. Bacakan buku yang berbeda

Sebaiknya saat kita membacakan buku kepada anak, usahakan buku yang dibaca berbeda setiap minggunya. Disamping tujuannya agar anak tidak bosan, kita juga bisa mengetahui buku apa yang paling disukai anak.

5. Ajari anak Belajar Mengeja

Ajari anak untuk mengeja setap huruf dengan benar sebelum bisa membaca kalimat penuh. Jika anak bisa mengeja dengan benar saat belar membaca maka perkembanagan proses membaca anak juga akan meningkat.

Usahakan kita jangan terlalu memaksa apabila anak belum bisa mengeja dengan benar. Lakukan secara perlahan-lahan sampai anak benar-benar menguasainya.

6. Gunakan alat bantu kartu bergambar Glen Doman

Aktifitas belajar membac ajuga bisa dilekaukan dengan membjuat kartu bergambar ala Glen Domann. Carnya adalah kita bisa membuat kartu bergambar sebnayak 15 buah. Lalu kartu tersebut dibagi kedalam 3 kelompok.

Misalkan un tuk kelompok A adalah kategori nama anggota keluarga. Kelompok B kategori nama bunga, sedangkan kelompok C berisi nam hewan. Selanjutnya adalah kita mengambil kartu dari kelompok yang sama lalu bacakan, setelah itu mintalah anak untuk meniru ucapan kata tersebut.

Lakukan cara mengajari anak membaca diatas dengan penuh kesabaran agar anak bisa menikmati proses cara belajar membaca tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *