Info Parenting

Cara Mengajari Anak Berjalan di Usia 1 Tahun

Sebagian orang tua panik saat mendapati anaknya yang sudah setahun belum bisa berjalan atau malah belum bisa berdiri sendiri. Padahal sesuai dengan...

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara Mengajari Anak Berjalan di Usia 1 Tahun

Sebagian orang tua panik saat mendapati anaknya yang sudah setahun belum bisa berjalan atau malah belum bisa berdiri sendiri. Padahal sesuai dengan tumbuh kembang anak, umur 1 tahun masih dalam tahap wajar jika belum bisa berjalan.

Kita sebagai orang tua hanya perlu memberikan stimulus dan melatihnya agar bisa berjalan sendiri. Jika kita masih bingung bagaimana cara mengajari anak berjalan di usia 1 tahun,maka dibawah ini akan diberikan cara yang harus dilakukan.

Cara Mengajari Anak Berjalan di Usia 1 Tahun

1. Berikan pijatan kaki

Cara mengacari anak berjalan di usia 1 tahun bertama adalah dengan melakukan pijatan pada kaki. Usahakan ketika anak belum bisa berjalan maka kita sebagai orang tua harus bisa memberikan pijatan kaki yang lembut pada anak. Gunakan Baby oil atau minyak zaitun agar anak merasa nyaman ketika dipijat.

Tujuan dari pemijatan ini adalah agar peredaran darah anak lancar serta kaki terasa rileks dan tidak kaku saat diajak berlatih berjalan.

2. Berdiri tegak tanpa dibantu

Saat anak berdiri mungkin masih membutuhkan tangan kita untuk memeganginya. Apabila kaki anak sudah cukup kuat dan sudah waktunya berjalan,maka kita perlu untuk melepas pegangan tangan kita saat anak berdiri. Lakukan secara perlahan dan hati-hati. Ini bisa dimulai dengan melepas tangan kita selama setengah menit,apabila terjatuh ulangi langkah tersebut sambil terus kita semangati.

Ketika anak sudah bisa melewati tahapan ini,berarti anak sudah siap untuk belajar berjalan.

3. Berjalan dalam jarak dekat

Setelah anak sudah cukup kuat untuk berdiri sendiri,maka kita bisa memulai melatihnya untuk berjalan dalam jarak yang dekat.

Saat anak sedang berdiri sendiri,maka kita bisa memanggil anak untuk mendekat. Usahakan jarak dengan kita dimulai dari satu meter dahulu. Biarkan anak mendekat sambil belajar melangkahkan kaki. Ulangi cara ini beberapa kali. Kita bisa menjauhkan jarak secara perlahan.

4. Pancing dengan mainan

Cara lainnya untuk merangsang anak berjalan yaitu dengan memberikan stimulus berupa mainan. Berikan mainan pada anak dengan jarak tertentu agar anak mengambil sendiri mainan tersebut.

Tidak mengapa jika anak memghampiri mainannya dengan cara berjalan tetapi masih berpegangan tembok, karena ini akan membuat langkah kakinya terbiasa sehingga otot kaki akan kuat jika berjalan.

Berikan penghargaan jika anak sudah bisa mengambil mainan tersebut dengan cara berjalan. Ini akan menambah rasa percaya diri dan semangat anak.

5. Mendorong Barang

Berikan mainan pada anak yang bisa didorong,karena anak pasti akan menyukainya. Anak akan selalu mendorong mainan tersebut kesana kemari. Jika anak terjatuh terus semangati,sehingga anak akan terlihat senang.

6. Biarkan anak bereksplorasi

Jika anak sudah siap berjalan, maka kitapun harus siap dengan segala sesuatunya. Diantaranya adalah memindahkan barang-barang yang bisa membahayakan anak ketika sudah mulai berjalan.

Karena saat anak mulai berjalan, bisa dimungkinkan masih berjalan dengan memegangi benda yang ada disekitar. Kita bisa untuk sementara menjauhkan barang terlihat runcing, serta tutup bagian saklar listrik yang mudah terjangkau anak.

Selain itu hindari juga barang yang mudah pecah belah, tutup semua tangga, atau kita bisa membuat pagar pintu kecil agar anak tidak mudah untuk keluar masuk rumah. Apalagi jika rumah terletak dipinggir jalan raya. Pasti akan membahayakan keamanannya,jadi kita harus terus melakukan pengawasan ekstra.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengajari anak berjalan di usia 1 tahun.  Semoga dengan artikel ini bisa membantu orang tua dalam mengajari anak ketika akan berjalan. Lakukan dengan penuh kesabaran dan jangan lupa selalu untuk menyemangati anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *