Info Parenting

Cara Mengajari Anak Berhitung Sejak Dini

Berhitung merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak. Oleh karena itu kita harus mengajari anak berhitung sejak usia dini....

Written by Rachmad · 1 min read >
cara mengajari anak berhitung

Berhitung merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak. Oleh karena itu kita harus mengajari anak berhitung sejak usia dini. Ini bisa dimuai dengan cara berhitung yang sederhana dulu.

Sayangnya, ketika orang tua mengajari anak berhitung bukanlah sesuatu yng mudah. Karena sifat anak -anak yang mudah bosan serta belum bisa berkonsentrasi lama membuat orang tua kesulitan dalam mengajari anak berhitung. Tetapi jangan khawatir, dibawah Ini akan kami ulas mengenai cara mengajari anak berhitung dengan cepat.

cara mengajari anak berhitung

1. Gunakan jari tangan

Kita bisa menggunakan jari tangan untuk cara mengajari anak berhitung dengan cepat. Saat sedang bersama anak, mintalah bantuan anak untuk menyebutkan usianya lalu ajarkan dengan menggunakan jari. Misalnya saat anak berusia 4 tahun, maka tunjukan 4 jari tangannya sambil berhitung dan berkata “satu dua tiga empat”.

Setelah anak memahami konsep tersebut, lakukan dengan menghitung benda benda yang ada di sekitar tentunya dengan cara diatas. Lama kelamaan anak akan paham dan mengerti cara menghitung.

2. Belajar berhitung menggunakan lagu

Banyak lagu anak anak yang mengenalkan konsep berhitung dengan lebih menarik menggunakan nyanyian. Contohnya, lagu satu satu aku sayang ibu nyanyikan bersama anak sambil kita memperagakan dengan menggunakan jari tangan. Ini dimaksudkan agar anak mengenal hitungan 1,2,3 dengan riang gembira.

Yang kedua adalah dengan menyanyikan lagu Balonku Ada Lima. Lagu seperti ini bisa dikenalkan pada anak yang lebih besar. Karena lagu ini mengajari anak tentng cara pengurangan bilangan.

3. Memasukan permen kedalam toples

Permen merupakan salah satu jenis cemilan yang disukai anak. Kita bisa menggunakan cara dengan memasukkan permen kedalam toples. Ajak anak untuk memasukkan permen berjumlah lima atau sepuluh kedalam toples. Lalu kita bisa ajarkan untuk menambahkan permen tersebut kedalam toples. Dengan cara seperti ini anak diharapkan bisa belajar menghitung sambil bermain menggunakan benda yang disukai anak.

4. Memasang poster angka

Dengan memasang poster angka akan membantu anak dalam mengenal angka . Pilihlah poster yang berwarna warni yang menarik agar anak tertarik untuk melihatnya. Pasang lah poster tersebut dikamar tidur anak atau pun di ruang tengah intinya adalah, kita bisa memasang poster tersebut ditempat yang bisa dilihat oleh anak.

5. Berhitung dengan menggambar

Menggambar adalah salah satu aktivitas yang disukai anak-anak. Ajaklah anak untuk menggambar buah, bunga atau benda yang disukai anak dengan jumlah sesuai angka yang kita sebutkan. Misalnya saat orang tua menyebutkan gambarlah 2 apel, maka anak harus menggambar dua buah apel.

6. Melalui aplikasi

Perkembangan teknologi yang cepat terutama gadget sangat mempengaruhi terhadap tumbuh kembang anak-anak. Akan tetapi kita bisa menyiasati hal tersebut yaitu dengan menggunakan gadget sebagai sarana untuk edukasi.

Banyak games yang menawarkan tentang konsep berhitung. Sebaiknya sebelum mengenalkan anak terhadap games tersebut, orang tua harus mencobanya terlebih dahulu. Tetap awasi anak dan batasi saat menggunakan gadget. Bagaimana pun juga motorik anak harus bisa dimaksimalkan.

Yang terpenting dalam cara mengajari anak berhitung sesuaikan dengan kemampuan anak dan jangan terlalu dipaksakan. Apalagi dilakukan dengan cara memarahi dan membentak. Jika ini terjadi maka bisa ditebak anak tidak mau lagi untuk belajar berhitung.

Jika anak sudah siap untuk belajr berhitung, biasanya ditandai dengan antusias anak terhadapa apa yang kita ajarkan. Anakpun akan lebih menguasai konsep berhitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *