Info Parenting

Cara Mengajari Anak Berbicara Dengan Lancar

Berkomunikasi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan sesuatu. Akan terlihat sangat menyenangkan ketika melihat si kecil pandai berbicara dan mudah mengucapkan semua...

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara Mengajari Anak Berbicara Dengan Lancar

Berkomunikasi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan sesuatu. Akan terlihat sangat menyenangkan ketika melihat si kecil pandai berbicara dan mudah mengucapkan semua hal yang ada disekitarnya. Agar anak bisa melakukan hal tersebut dengan baik, maka peran utama orang tua sangat penting. Karena orang tua merupakan orang yang paling dekat dengan anak sehingga bisa menstimulus anak agar bisa berbicara dengan lancar.

Ada beberapa cara mengajari anak berbicara agar kemampuannya dapat cepat berkembang. Berikut ini adalah cara mengajari anak berbicara dengan lancar yang harus dilakukan orang tua.

Cara Mengajari Anak Berbicara Dengan Lancar

1. Mengajari anak berbicara dengan berbincang

Sebenarnya ini bisa dilakukan saat anak masih dalam kandungan, ibu sudah bisa mulai mengajaknya berbicara. Hal tersebut bisa dilanjutkan saat ibu sedang memberi asi pada anak, ajaklah anak berbicara sambil menatap wajahnya. Walaupun saat itu anak belum mengerti, tetapi biasanya anak akan merespos dengan senyuman atau yang lain.

Setelah anak sudah lebih dari dua tahun, maka bisa dilanjutkan dengan sering mengajak anak mengobrol banyak hal. Tentunya dengan gaya bahasa yang mudah dipahami anak. Pada saat anak selesai bermain dan akan tidur. Maka orang tua perlu mendampingi anak sebelum tidur dan  ajaklah bicara tentang kegiatan anak sepanjang hari.

Usahakan memberi pertanyaan pada anak yang jawabannya tidak hanya sekedar “ ya” dan “ tidak”. Kita bisa memberi pertanyaan lain yang merangsang anak agar lebih banayak bicara.

2. Bacakan buku cerita

Bacakan buku cerita saat anak sedang santai atau menjelang tidur. Gunakan buku cerita yang mempunyai gambar warna-warni agar anak tertarik untuk melihatnya dan mendengarkannya. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengajari anak berbicara. Selain itu dengan mengenalkan buku sejak kecil maka akan mengembangkan minat meeka terhadap buku.

3. Jelaskan sesuatau dengan detail

Untuk membuat anak pandai berbicara dengan lancar maka kita juga harus selalu menjelaskan sesuatu dengan detail. Misalnya saat kita berbelanja di pasar, kita bisa bercerita dengan membeli apa saja, harga ,pedagangnya dan lain-lain. Kita yakin saja dengan memberikan penjelasan yang demikian maka merangsang anak untuk bisa berbicara.

Terkadang memang memberikan penjelasan seperti itu akan terasa sangat melelahkan. Seakan-akan kita berbicara sendiri ditambah lagi dengan berbagai kesibukan kita yang lain dirumah. Akan tetapi kalau dilakukan untuk kebaikan anak, pastilah semua orang akan dengan ikhlas melakukannya.

Nah saat kita bejalan-jalan di taman bersama anak, dan melihat burung. Maka kitapun bisa menjelaskan burung tersebut dengan detail. Misalnya itu namanya burung, burung itu punya sayap, burung berwarna putih dan lain-lain. Saat menjelaskan burung, maka anak bisa mendengar kata burung lebih dari empat kali, sehingga bisa membantu dalam proses mengingat serta berbicaranya.

4. Hindari Baby Talk

Saat kita berbicara pada anak, maka selalu hindari penggunaan “ baby talk “. misalnya menyubut sapi denagn “ moo” atau menyebut kucing dengan “ puss”. gunakan kata yang sebenarnya untuk menyebutkan benda tersebut, karena anak perlu tahu pelafalan dan nama sebenarnya dari benda.

5. Beri gestur saat berbicara dan mendengarkan

Komunikasi non verbal juga sangatt mempengaruhi dalam kemampuan berbicara. Saat kita sedang berkomuniksi dengan anak, maka kita bisa memberikan gestur seperti menunjuk sesuatu, melambaikan tanagn, memeluk atau akalu perlu kita lakukan denganbrjoget bersama anak.

Usahakan dengan selalu memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita ataupun dengan menjawab pertanyaan. Walaupun terkadang cerita yang disampaikan kurang jelas, tetapi ini bisa menambah kepercayaan diri anak untuk bercerita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *