Info Parenting

Cara Menasehati Anak Yang Merokok

Saat pertama kali orang tua melihat anaknya yang merokok pasti akan sangat sedih. Apalagi jika anak tersebut masih di bangku sekolah dasar....

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara menasehati anak yang merokok

Saat pertama kali orang tua melihat anaknya yang merokok pasti akan sangat sedih. Apalagi jika anak tersebut masih di bangku sekolah dasar. Tentulah berbagai macam reaksi orang tua yang diberikan pada anak saat mengalami hal tersebut. Ada yang langsung marah, menginterogasi anak atau malah yang lebih parah lagi orang tua memukul anak.

Pada hal reaksi yang berlebihan tersebut tidak baik terhadap tumbuh kembang anak. Anak malah akan merasa tertekan atau bisa jadi reaksi anak akan bertambah parah dalam hal merokok. Sebenarnya ada beberapa cara menasehati anak yang merokok paling tepat dilakukan oleh orang tua.

Cara menasehati anak yang merokok

1. Tidak emosi secara berlebihan

Cara yang pertama sebagai cara menasehati anak yang merokok adalah tidak emosi berlebihan. Jika orang tua mendapati anak merokok di usia yang masih belum dewasa, tentulah orang tua akan sangat marah. Terkadang orang tua tidak berpikir panjang bahwa emosi yang orang tua lampiaskan terhadap anak akan mengakibatkan anak menjadi takut terhadap orang tua. Apabila anak sudah merasa takut kepada orang tua, biasanya akan menjadi anak yang tertutup dan mengatakan hal yang tidak jujur karena takut dimarahi.

2. Menjelaskan dampak buruk merokok

Karena merokok mempunyai dampak yang tidak baik kepada kesehatan maka sebaiknya orang tua memberikan penjelasan tersebut kepada anak. Lakukan dengan berbicara disaat sedang santai serta jauh dari kesan yang menggurui. Utarakan hal tersebut dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh anak.

3. Berikan contoh tentang perilaku yang bebas dari rokok

Perilaku anak yang merokok biasanya meniru dari orang tuanya dirumah. Apabila orang tuanya merokok kemungkinan besar anaknya pun akan merokok. Ini terjadi karena anak akan melihat perilaku orang tuanya dirumah.

Oleh karena itu jika menginginkan anak tidak merokok maka contohkanlah hal tersebut dirumah. Jadikan perilaku hidup sehat sebagai contoh yang baik.

4. Rutin berkomunikasi dengan anak

Saat kita mencegah anak untuk tidak merokok bukan berarti orang tua mengekang kebebasan anak. Kita tidak perlu melarang anak untuk bergaul dengan teman temannya. Kunci yang utama adalah membangun komunikasi serta memberikan kepercayaan terhadap anak.

Dengan cara seperti ini kemungkinan besar semua nasehat serta nilai nilai yang baik yang ditanamkan oleh orang tua pada anak akan terus melekat dan diingat. Walaupun anak bergaul dengan teman temannya yang merokok kemungkinan besar tidak akan terpengaruh. Ini akan sangat berguna jika kita jauh dari anak dan seketika itu juga anak ditawari merokok.

5. Mengenal teman teman anak

Dengan mengenal teman teman anak maka bisa membantu kita untuk memantau pergaulanya. Sesekali ajaklah teman teman si kecil untuk bermain kerumah. Ini bertujuan selain kita bisa mengobrol dengan mereka kita juga bisa mengawasi secara langsung perilaku teman temannya.

Walaupun kita hanya bisa melihat dari luar dan tidak menjamin anak bebas dari rokok, namun kita jadi tahu teman bermain yang dipilih anak.

6. Mendorang minat dan bakat anak

Dorong anak untuk menekuni minat dan bakatnya agar jauh dari pengaruh rokok . Ajak anak untuk melakukan olahraga sesui dengan yang disukainya atau kita juga bisa mengajaknya untuk bersepeda bersama. Selain untuk mendekatkan diri dengan anak, hal positif tersebut bisa membantu anak untuk mencari pelepasan stres yang sehat.

Dari semua cara menasehati anak merokok diatas , tentunya kita harus lebih mendekatkan diri dengan anak, sediakan waktu yang lebih bagi anak. Agar anak terhindar dari bahaya merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *