Info Parenting

Cara Menasehati Anak Remaja Melenial Jaman Now

Bagi sebagian orang tua yang mempunyai anak remaja mempunyai tantangan tersendiri. Ada kalanya kita sebagai orang tua mengalami berbeda pendapat sehingga saling...

Written by Rachmad · 1 min read >
Cara Menasehati Anak Remaja

Bagi sebagian orang tua yang mempunyai anak remaja mempunyai tantangan tersendiri. Ada kalanya kita sebagai orang tua mengalami berbeda pendapat sehingga saling bersitegang, anak mulai melawan orang tua, sulit diatur, mulai sibuk dengan dirinya dan lain-lain. Sikap-sikap tersebut yang terkadang membuat orang tua stres karena perubahan yang terjadi pada anak.

Bagi kita para orang tua jika anak sudah mulai menunjukkan sikap dan sifat yang kurang baik, maka orang tua harus segera menasehati anak. Menasehati anak yang sudah beranjak remaja dengan menasehati anak kecil tentulah hal ini sangat berbeda. Kita sebagai orang tua harus mengetahui cara menasehati anak remaja melenial jaman now agar apa yang kita bicarakan bisa didengar dan dipatuhi anak.

Cara Menasehati Anak Remaja

Dibawah ini ada beberapa cara menasehati anak remaja yang bisa kita coba dirumah.

1. Jadikan diri kita sebagai teman

Saat anak sudah mulai beranjak remaja , biasanya anak akan sedikit menjauh dengan kita orang tuanya. Ini bisa dikarenakan terjadi perbedaan dalam memandang suatu hal. Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi , mengingat rentang usia anak dan orang tua yang terpaut jauh.

Cobalah kita sebagai orang tua masuk kedalam dunianya. Misalnya dengan memahami apa yang sedang tren dan kekinian serta pelajari pula kondisi psikologis remaja jaman sekarang. Sehingga kita akan dengan mudah mendidik mereka. Agar kita tidak ada jarak dengan anak, usahakan menempatkan diri kita sebagai teman. Karena teman biasanya akan mudah dicari oleh anak untuk tempat berbagai dan berkeluh kesah.

Dengan menjadikan diri kita sebagai teman mereka, maka kita dengan mudah akan memantau mereka, memberikan masukan dan nasehat. Disamping itu hubungan kita dan anak akan menjadi semakin dekat.

2. Menghargai pemikiran anak

Terkadang kita sebagai orang tua merasa paling tua dan paling benar mengenai apa yang harus dilakukan anak. Namun pemikiran tersebut adakalanya berbeda dengan apa yang dipikirkan anak. Jika kita memaksakan pendapat kita terhadap anak, bisa jadi hal tersebut akan menyakiti anak dan membuatnya tertekan. Kalau sudah seperti ini maka biasanya anak akan melakukan hal buruk, seperti kenakalan remaja.

Sebaiknya berikan anak kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka. Hargailah apa yang mereka kemukakan beserta pemikirannya. Dengan menggunakan cara seperti ini maka anak akan lebih mudah mengerti dan menghormati orang tua. Kita sebagai orang tua jangan terlalu menentukan masa depannya, tetapi kita harus arah kan anak sesuai bakat dan minatnya.

3. Mengajarkan Pendidikan Agama

Agama merupakan pondasi yang kuat untuk membentengi anak dari hal-hal buruk. Kenalkan agama pada saat anak masih usia dini. Terapkan hal tersebut di lingkungan rumah dengan memberi contoh langsung, misalnya dengan beribadah bersama di rumah.

4. Memberikan Nasehat dengan tegas dan tenang

Mengahadapi anak remaja haruslah mempunyai trik yang khusus agar bisa didengar. Saat anak melakukan kesalahan sebaiknya jangan tegur dan memarahi anak di muka umu. Sebaiknya saat kita berbicara untuk menasehatui anak, perhatikan kondisi yang ada disekitarnya. Jika anak sudah berada pada mood yang sedang baik dan tenang, berikan nasehat kepadanya. Gunakan bahasa yang mudah dipahami anak. Sampaikan secara tenang tanpa ada bentakan.

Itulah beberapa cara menasehati anak remaja melenial jaman now. Walaupun anak remaja kadang mempunyai sikap yang cuek, tetapi sebenarnya mereka punya sisi yang lembut yang mudah kita arahkan ke hal baik. Asalkan penyampaiannya dilakuakan secara tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *