Info Mudah

Tips Membuat CV Yang Menarik Agar Dilirik HRD di Banyak Perusahaan

Bagi Anda yang sudah menyelesaikan jenjang kuliah, maka saatnya lah Anda untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan bidang yang Anda kuasai. Berbagai...

Written by Irfan · 1 min read >
Tips Membuat CV Yang Menarik

Bagi Anda yang sudah menyelesaikan jenjang kuliah, maka saatnya lah Anda untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan bidang yang Anda kuasai. Berbagai perusahaan yang membutuhkan karyawan untuk memajukan perusahaan tersebut tentu memberikan kesempatan untuk siapa saja bergabung dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Dan pihak perusahaan membutuhkan biodata lengkap Anda yang dirangkum ke dalam sebuah CV. CV menjadi salah satu penentu untuk Anda melanjutkan tahap tes berikutnya. Karena itu Anda harus membuat CV yang bagus dengan mengikuti tips membuat CV yang menarik agar banyak dilirik oleh HRD berbagai perusahaan.

Berbagai tips yang akan dijelaskan ini tentu akan sangat membantu Anda dalam menjelaskan data diri Anda. Untuk itu pastikan Anda jangan salah langkah dalam membuatnya, karena CV adalah yang paling menjadi acuan para HRD untuk melihat jati diri Anda dan perjalanan hidup Anda.

Tips Membuat CV Yang Paling Utama Adalah Jelaskan Siapa Diri Anda

Hal pertama yang harus Anda jelaskan adalah siapa diri Anda yang sebenarnya. Bukan berarti Anda harus menjelaskannya secara detail dan lengkap, karena selembar kertas tidak cukup menjelaskan diri Anda sampai dengan sekarang. Sebutkan saja hal-hal yang penting seperti identitas pribadi, pendidikan, minat, hobi, pengalaman kerja dan keahlian Anda.

Walaupun Anda ingin perusahaan yang Anda tuju mengetahui seluruh hal tentang diri Anda, bukan berarti Anda harus mencantumkan semua hal tersebut. Karena HRD yang membacanya akan merasa bosan dan Anda dianggap terlalu arogan dengan memberikan informasi yang se-detail-detailnya kepada mereka.

Informasi Pendidikan Terakhir

Informasi pendidikan juga diperlukan pada saat membuat CV. Namun Anda tidak harus menuliskan informasi pendidikan dari TK sampai dengan selesai. Anda cukup menuliskan pendidikan terakhir saja, bahkan HRD hanya akan melihat di dua pendidikan terakhir Anda.

Pihak HRD hanya focus pada pendidikan terakhir Anda. sehingga ada baiknya Anda menuliskan pendidikan terakhir yang memang sudah sesuai dengan bidang Anda dan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Informasi Kemampuan Anda Yang Sesuai Dengan Posisi Pekerjaan Yang Dilamar

Dalam membuat CV, anda juga diharuskan untuk melampirkan kemampuan yang Anda miliki. Pastikan kemampuan tersebut sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Karena jika bidang yang Anda kuasai tidak sesuai dengan posisi yang sedang dilamar, maka dapat dipastikan pihak HRD tidak akan memanggil Anda untuk ikut tes selanjutnya seperti wawancara

Pastikan Anda memberikan informasi terkait skill atau kemampuan yang Anda punya memanglah seperti posisi kerja yang sedang Anda lamar. Dengan begitu diantara keduanya ada keterkaitan dan pihak HRD tidak pikir dua kali untuk memanggil Anda pada tes berikutnya.

Informasi Pengalaman Kerja

Tak hanya info pendidikan terakhir dan juga kemampuan yang Anda miliki, CV yang bagus juga harus dilengkapi dengan informasi pengalaman kerja. Karena dengan begitu pihak HRD perusahaan yang Anda lamar mengetahui bahwa Anda memiliki pengalaman kerja sebelum diterima dan bergabung di perusahaan yang sedang Anda lamar.

Jika Anda mengikuti tips membuat CV seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa berharap bahwa pihak HRD akan memberikan peluang buat Anda untuk melanjutkan tes selanjutnya dan dengan begitu Anda lebih dekat selangkah lagi untuk bergabung ke perusahaan yang Anda pilih dan juga lamar. Yang terpenting adalah setelah Anda dipanggil tes selanjutnya karena CV Anda bagus, lakukanlah dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *