Info Mudah

Tips Jitu Untuk Menghadapi UAS

Mempelajari UAS merupakan salah satu penentu hasil pendidikan selama satu semester. Meski hanya dilakukan dalam beberapa hari, hasil yang didapat akan memberikan...

Written by Irfan · 1 min read >
Tips Jitu Untuk Menghadapi UAS

Mempelajari UAS merupakan salah satu penentu hasil pendidikan selama satu semester. Meski hanya dilakukan dalam beberapa hari, hasil yang didapat akan memberikan gambaran intelektual selama enam bulan. Artinya, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapi UAS dengan belajar secara maksimal. Dibaah ini adalah beberapa metode efektif menghadapi UAS yang bisa dilaukan jika ingin memperoleh nilai tinggi.

Tips Jitu Untuk Menghadapi UAS

1.Jangan malu mengajukan pertanyaan

Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Dalam belajar, jangan sungkan atau bahkan sombong untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dipahami oleh orang yang lebih tahu. Namun langkah ini tidak berlaku saat Anda menjalani UAS, maka tanyakan pada teman Anda selanjutnya untuk mendapatkan jawaban yang benar. Bertanya disini harus dilakukan sebelum ujian UAS berlangsung. Hal itu juga dilakukan kepada guru atau dosen tentang materi apa yang biasanya keluar di UAS. Sebab, hanya mereka yang tahu grid. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan materi dengan lebih fokus.

2.Jangan Mudah Puas

Kunci untuk memasukkan materi dengan sempurna ke dalam otak adalah latihan terus menerus. Jangan puas bisa menjawab satu pertanyaan. Terus cari pertanyaan yang akan menguji pemahaman Anda tentang materi. Apabila diperlukan, temukan beberapa pertanyaan yang lebih sulit atau bisa Anda  cari dari generasi yang lebih tua atau guru atau dosen. Perlu diketahui, guru atau dosen biasanya tidak akan memberikan soal yang jauh dari soal sebelumnya. Bahkan bisa jadi soal diberikan dari tahun yang sama, hanya beberapa poin sentral saja yang diganti, misalnya pada mata kuliah kanan. Dengan mengetahui bagaimana mengerjakan dari masalah sebelumnya, meskipun beberapa bagian telah diubah, Anda tetap dapat melakukannya dengan mudah.

3.Buat catatan atau ringkasan

Untuk mengingatkan Anda lebih banyak tentang semua materi yang dipelajari, disarankan untuk menulis ringkasan. Tuliskan beberapa poin kunci dari setiap pelajaran di selembar kertas. Bawalah selalu kertas dimanapun Anda berada, agar Anda bisa membaca dan menghafalnya kapan saja. Langkah ini dapat diterapkan ke semua mata pelajaran yang diujikan

4.Jangan Hafalkan, Tapi Pahami

Menghafal lebih mudah dilupakan daripada dipahami. Oleh karena itu, hindari menggunakan sistem hafalan. Akan lebih baik jika Anda memahami materi dengan baik. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengungkapkannya kembali dalam bahasa Anda sendiri saat materi ujian sudah keluar. Untuk beberapa mata pelajaran menghafal, Anda dapat menggunakan teknik “jembatan memori”. Dengan menyusun kata-kata yang mudah diingat, hafalan akan masuk ke otak lebih cepat.

5.Hindari Belajar dengan Metode SKS

Selama ujian, Anda membutuhkan otak yang segar. Oleh karena itu, pada malam sebelum UAS, Anda membutuhkan istirahat yang cukup agar otak Anda lebih segar. Artinya, Anda dilarang keras untuk belajar sepanjang malam, bahkan hingga dini hari. Pelajarilah semua materi di hari-hari sebelumnya, agar ada cukup waktu bagi otak untuk menyegarkan diri. Ingat, menunda otak di malam hari hanya akan melemahkannya keesokan harinya. Semua materi yang dihafal di malam hari mungkin hilang dari ingatan setelah tes dimulai. Artinya, Anda telah melakukan studi sia-sia sepanjang malam UAS. Selamat menghadapi UAS dan semoga hasilnya memuaskan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *