Info Mudah

Tips jadi Buzzer, Kerja Nyantai Dompet Tebal

Pada masa yang sudah serba modern ini, tips jadi buzzer adalah suatu hal yang banyak dicari oleh para pengguna media sosial. Saat...

Written by Bambang Winarso · 7 min read >
tips menjadi buzzer

Pada masa yang sudah serba modern ini, tips jadi buzzer adalah suatu hal yang banyak dicari oleh para pengguna media sosial. Saat ini media sosial sendiri sudah menjadi salah satu hal yang harus dimiliki, terutama untuk mereka yang menjadi generasi anak muda. Tidak sedikit mereka yang memanfaatkan media sosial menjadi sebuah usaha atau bisnis, seperti hal buzzer di Instagram. Pada awal tahun 2018 telah disebutkan dan dicatat bahwa pengguna Instagram telah mencapai 57 juta pengguna.

Mereka memanfaatkan media sosial Instagram untuk menjadikannya sebagai peluang usaha, salah satunya yaitu buzzer yang sudah banyak dikenal. Ada banyak orang yang ingin dirinya menjadi buzzer, tidak hanya untuk mendapatkan uang namun juga mendapatkan kepopuleran yang baik. Hal ini karena ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjadi buzzer di media sosial, yang saat ini sedang banyak diminati.

Apa Itu Buzzer Media Sosial

tips menjadi buzzer

Buzzer memiliki banyak artian, namun dalam media sosial buzzer merupakan salah satu profesi yang banyak diinginkan dan di mimpikan. Buzzer sendiri adalah seseorang yang memberikan dan menyampaikan informasi serta mengiklankan suatu produk yang mereka rekomendasikan kepada masyarakat. Informasi itu disampaikan melalui media sosial kepada para pengguna yang melihat informasi tersebut.

Jika di perhatikan dan dibahas lebih jauh buzzer berasal dari sebuah kata buzz, dengan artinya yaitu pembicaraan atau suatu percakapan. Dari hal inilah yang membuat buzzer biasa disebut juga sebagai orang yang membuat suatu topik dengan pembahasan yang menarik, bahkan menjadi trending. Biasanya seorang buzzer memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam menyampaikan suatu hal mengenai apa saja  di akun sosial mereka, untuk menginformasikan kepada masyarakat.

Secara terminologi buzzer sering kali disebut dan dikenal sebagai orang yang dipilih dan memilih topik untuk dijadikan sebagai bahan pembicaraan yang hangat dan bisa diterima. Topik tersebut tidak hanya di dunia maya atau media sosial saja, namun juga dapat diketahui dan tersebar secara luas hingga ke dunia nyata. Namun tips jadi buzzer perlu diketahui bahwa informasi yang disampaikan harus sudah jelas dan juga benar, tanpa adanya manipulasi yang akan menimbulkan masalah baru.

Hal yang di informasikan tersebut bisa berupa suatu iklan dari produk untuk dipromosikan ke masyarakat luas agar lebih dikenal, dan menarik minat bagi yang melihat. Bisa juga sebagai media informasi seperti berita, gosip dan sebagainya yang biasa Anda temukan pada media sosial, mereka memposting info tersebut melalui video, story, dan juga foto unggahan mereka. Biasanya para buzzer sangat aktif dan selalu memberikan tampilan posting yang menarik, berbeda dengan akun yang biasa.

Dalam satu kali postingan, atau informasi yang mereka sampaikan bisa memberikan mereka uang atau bayaran dari produk yang mereka promosikan tersebut. Jumlah yang di dapatkan tidak menentu, dan setiap buzzer memiliki pendapatannya sendiri, ada yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Selain itu tidak sedikit yang mendapat puluhan bahkan ratusan juta pada setiap iklan dan informasi yang mereka sampaikan, baik dalam video maupun foto.

Buzzer selalu update media sosial dengan memberikan postingan yang menarik untuk di simak, tidak sedikit yang dapat tertarik dengan apa yang mereka sampaikan dalam postingan nya. Saat Anda menjadi seorang buzzer Anda akan diberikan kepercayaan besar untuk memberikan dan mengiklankan produk dengan sangat baik, dan harus mampu menarik perhatian. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang melihatnya menjadi tertarik dengan produk yang diiklankan, serta percaya dengan apa yang telah Anda sampaikan.

Ciri-Ciri Seorang Buzzer 

Setiap sesuatu tentunya memiliki ciri-ciri dan kriteria sendiri, sama halnya dengan buzzer ini, ciri-ciri akun sosial buzzer sangat berbeda dengan akun sosial pada umumnya. Biasanya akun mereka akan terlihat lebih rapi dan profesional untuk meyakinkan masyarakat dan juga pemberi iklan, untuk mempercayai mereka. Setiap advertiser tentunya  memiliki kriteria yang mereka inginkan, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan juga mudah dipercayai oleh masyarakat saat mengiklankan produk tersebut.

  • Nama Akun Tidak Berlebihan

Seorang buzzer tidak akan memasang nama yang sulit untuk diucap bahkan di ingat kembali, dengan rangkaian nama yang berlebihan dan terkesan tidak profesional. Mereka akan menggunakan nama yang mudah di ingat, tidak sedikit buzzer yang menggunakan nama asli pada akun mereka agar menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, mereka akan jarang menggunakan nama yang penuh dengan simbol, singkatan nama, atau huruf-huruf yang akan membuat advertiser sulit untuk mencari akun mereka.

  • Memiliki Banyak Followers

Ciri khas pertama pada seorang buzzer yaitu memiliki followers yang banyak, yang pasti followers ini semuanya adalah pengguna aktif yang selalu merespons postingan mereka. Saat buzzer update postingan, mereka dengan cepat akan melihat dan memberikan respons pada unggahan buzzer, baik dengan menyukai postingan atau mengomentarinya. Semakin banyak followers dan juga pengguna yang merespons maka akun tersebut sudah tidak dapat dipungkiri sebagai akun buzzer, mengingat bahwa followers sendiri merupakan salah satu tips jadi buzzer.

Anda juga dapat melihatnya bahwa followers yang buzzer miliki adalah akun yang real pengguna, bukan akun fake, akun robot, dan sebagainya, yang bukan pengguna aktif. Jumlah followers mereka sendiri ribuan, bahkan hingga jutaan followers aktif, yang setia untuk mengikuti dan melihat aktivitas pada akun media sosial mereka. Namun seorang buzzer biasanya tidak memiliki banyak orang yang mereka ikuti pada akunnya, sering kali hanya orang penting dan beberapa akun saja yang mereka ikuti kembali atau follback.

  • Postingan dengan Topik Khusus

Setiap hal yang buzzer posting tentunya selalu menarik perhatian, mulai dari kualitas hasil foto, dan tampilan posting mereka yang telah di edit dengan baik. Para buzzer juga memiliki topik khusus untuk setiap foto dan video yang akan mereka post pada akun Instagram mereka, topik tersebut bisa berupa edukasi, informasi, dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit buzzer yang mengunggah foto traveling mereka, namun tetap sesuai dengan topik yang mereka sampaikan di akun media sosial mereka, dengan tujuan untuk berbagi atau merekomendasikan liburan menarik.

Tidak hanya itu di setiap postingan mereka biasanya terdapat kata-kata atau deskripsi yang menarik untuk dibaca, baik itu informasi atau hanya sekedar caption biasa mengenai unggahan mereka. Namun hal itu selalu mendapatkan respons yang baik dari followers akun mereka, biasanya selalu mendapatkan tanggapan yang positif seperti like atau love dan komentar yang banyak. Tentunya hal ini juga yang membuat akun mereka lebih dipercayai untuk menyampaikan atau mengiklankan suatu produk dari para advertiser.

  • Akun Selalu Aktif

Ciri yang ketiga ini termasuk dalam jenis tips jadi buzzer, yaitu memiliki akun sosial yang selalu aktif dan juga update setiap harinya, baik untuk sekedar menyapa followers atau sebagainya. Biasanya mereka akan sering bahkan selalu memposting foto yang menarik pada setiap waktu, atau memulai video siaran di akun Instagram mereka. Jika Anda melihat akun dengan ciri seperti di atas dan selalu update serta aktif setiap saat maka bisa disimpulkan bahwa akun tersebut adalah buzzer.

Tidak hanya itu seorang buzzer memiliki akun yang tersusun dan terlihat lebih Instagramable dibanding akun lainnya, sehingga terlihat lebih tampilannya yang lebih hidup. Foto-foto mereka akan tersusun dengan rapi, tidak berantakan sehingga ketika dilihat akan lebih nyaman dan menarik, dengan gaya yang beragam. Tampilan video story atau siaran pada akun mereka juga akan tersusun rapi, sehingga menciptakan kesan yang lebih berbeda.

Langkah dan  Tips Jadi Buzzer

Untuk bisa menjadi buzzer tidak mudah, di butuhkan beberapa hal penting yang perlu untuk Anda ketahui dan pelajari terlebih dahulu agar bisa menghasilkan uang dari profesi ini. Mengingat bahwa buzzer dapat memberikan keuntungan besar, Anda tidak bisa sembarangan untuk bisa menjadi seorang buzzer, karena harus bisa meyakinkan advertiser untuk memilih Anda. Berikut ini ada beberapa tips jadi buzzer yang bisa Anda coba untuk menerapkannya pada akun atau media sosial yang Anda miliki, dengan cara yang lebih bertahap.

  • Tentukan Topik Menarik untuk Akun Anda

Tips jadi buzzer pertama yaitu, topik merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, dengan adanya topik akan membantu Anda untuk mengurus akun agar tidak keluar dari topik yang telah Anda tentukan. Hal ini akan membantu Anda, sehingga Anda akan membuat konten yang sesuai, serta akan membuat followers Anda tetap setia untuk menantikan topik tersebut. Ketika Anda tidak memiliki topik menarik, dan juga sesuai Anda akan mengunggah postingan yang tidak teratur sehingga topik yang disampaikan tidak teratur dan berantakan.

Ada banyak topik yang bisa Anda pilih, salah satunya yaitu topik yang membahas seputar informasi atau gosip, untuk membahas suatu hal baik itu selebriti atau hal politik. Jika suka humor, Anda bisa memilih topik yang penuh dengan humor untuk bisa menghibur masyarakat, tidak lupa untuk sisipkan sedikit informasi yang bermanfaat dari humor tersebut. Jika merasa kesulitan, Anda bisa sedikit melihat akun buzzer yang sudah terkenal untuk melihat cara mereka, namun tidak untuk meniru serta mengcopy apa yang mereka posting.

  • Buat Akun dan Tentukan Nama Unik

Tips jadi buzzer yang satu ini yaitu membuat akun baru untuk Instagram Anda, ada baiknya dengan Gmail yang telah disesuaikan dengan nama akun yang telah Anda pilih, untuk mempermudah. Nantinya email ini yang akan menjadi sarana advertiser untuk bisa menghubungi Anda, walaupun ada juga yang langsung mengirimkan pesan melalui direct message instagram Anda. Pilih avatar untuk akun Anda dengan foto menarik, serta gunakan juga nama yang unik dan tidak terkesan berlebihan agar mudah untuk di hafal dan dituliskan.

  • Miliki Banyak Followers Aktif

Saat membuat akun baru, Anda akan memiliki jumlah followers yang sedikit, untuk itu berusahalah menambah followers dengan cara yang sehat. Anda bisa memfollow akun-akun lain sebanyak mungkin dengan rajin, untuk mendapatkan folback dan respons dari mereka, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ingatlah bahwa tips jadi buzzer yaitu dengan memiliki followers, dengan begitu nilai jual dati jasa buzzer Anda akan semakin tinggi dan semakin dipercayai oleh para advertiser.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukannya dengan membuat konten yang menarik, memfollow dan juga unfollow  akun lain, tidak mengunci akun instagram. Selain itu Anda juga bisa menggunakan hastag untuk menambah followers, sehingga saat akun Anda dilihat oleh mereka yang bukan followers Anda, dan tertarik mereka akan memfollow Anda. Cara ini lebih baik untuk menambah followers, namun jangan gunakan akun followers robot, membeli followers, atau followers dengan akun fake, dan hal lainnya.

  • Miliki Konten Jelas

Anda harus bisa mengisi konten pada akun Anda dengan topik yang bagus dan banyak dicari oleh masyarakat, tentunya dengan topik yang lebih jelas dan hidup. Saat Anda menggunakan tips jadi buzzer seperti ini, Anda akan lebih dicari oleh advertiser dan juga akan semakin banyak followers yang menantikan topik menarik dari Anda. Cobalah untuk mengisinya sesuai dengan apa yang Anda inginkan namun berfokus pada satu hal saja, jika suka dengan kosmetik, isikan konten seputar kecantikan seperti tutorial make up, atau hal yang mengedukasi.

Adanya konten serta topik yang sesuai dan terencana seperti ini akan memudahkan para advertiser untuk menentukan iklan serta informasi yang akan mereka pilihkan untuk Anda sampaikan pada masyarakat luas. Namun jika konten tidak jelas, mereka akan sulit dan kemungkinan tidak jadi memasangkan iklan pada Anda, karena susunan konten yang tidak sesuai. Buatlah topik dengan tema yang menarik, sehingga followers dan advertiser menjadi tertarik saat mengunjungi dan melihat  konten yang Anda unggah pada akun tersebut.

  • Posting Foto dan Caption Menarik

Kemampuan editing tidak terlalu dibutuhkan untuk hal ini, namun Anda harus bisa memastikan bahwa foto yang akan Anda posting tersebut memiliki tampilan yang instagramable. Hal ini dilakukan, agar hasil foto yang Anda posting tersebut terlihat bagus seperti foto profesional, dengan gaya dan cara mengedit yang menarik, untuk dapat kesan yang tepat. Perhatikan kembali saat Anda mengambil gambar, pilih metode editing dengan teknik yang sesuai agar hasilnya bagus, dengan begitu foto akan terlihat lebih hidup dan berwarna.

Tuliskan sedikit caption dengan kata-kata yang tepat, dan sesuai dengan foto yang akan Anda unggah, caption yang bagus dengan tampilan foto indah akan menarik minat followers. Mereka akan memberikan love dan juga komentar untuk foto tersebut, baik untuk sekedar memuji atau mengajak Anda berkenalan, respons ini juga yang membantu bahwa akun tersebut real. Saat sudah seperti ini, rajinlah untuk memposting foto dan video sesuai konten, agar mereka menjadi followers setia Anda, dan tidak segan untuk merespons unggahan Anda.

Menjadi Buzzer Kreatif

Ketika followers sudah mencapai jumlah 20.000 lebih, dengan topik yang sudah rajin Anda buat dan sesuaikan dengan posting yang instagramable. Saat seperti inilah Anda sudah harus memulai untuk menjadi buzzer yang mampu menghasilkan uang lebih banyak, dengan menyampaikan hal yang telah di tentukan oleh advertiser. Jika sudah seperti ini, Anda harus bisa untuk memikirkan konsep penyampaian informasi dengan tepat, agar dapat membuat masyarakat tertarik dengan apa yang disampaikan.

Jadilah buzzer yang kreatif dan juga aktif, dengan menjadi kreatif Anda akan bisa menentukan konsep lebih cepat dan lebih baik daripada harus mengandalkan konsep lama. Ciptakan suasana baru, untuk memberikan hal yang lebih bagus, sehingga advertiser menjadi lebih percaya kepada Anda untuk mengiklankan produk mereka. Buatlah informasi yang benar dan juga tepat, jangan berbohong dan menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya, karena ini akan berpengaruh pada akun Anda nantinya, seperti itulah tips jadi buzzer yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *