Info Mudah

Seputar BPJS Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui

Info Mudah – BPJS adalah program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pemerintah berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011. BPJS Kesehatan mulai operasional...

Written by Yoko Widito · 2 min read >
seputar-bpjs-yang-harus-diketahui-1

Info Mudah – BPJS adalah program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pemerintah berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011. BPJS Kesehatan mulai operasional secara resmi pada 1 Januari 2014 dan berbentuk badan hukum untuk meggantikan peran PT Askes Indonesia. Sementara PT Jamsostek digantikan menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Peserta BPJS Kesehatan adalah seluruh penduduk Indonesia, termasuk juga pekerja asing yang sudah memiliki masa kerja minimal 6 bulan di Indonesia. BPJS sifatnya adalah wajib dimiliki setiap warga negara walaupun mereka sudah memiliki jaminan kesehatan lainnya.

Macam macam keanggotaan BPJS Kesehatan

seputar-bpjs-yang-harus-diketahui-1

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 keanggotaan BPJS Kesehatan terbagi menjadi 2

  1. PBI Jaminan Kesehatan

PBI adalah Penerima Bantuan Iuran, mereka yang mendapatkan ini adalah orang yang tidak mampu, fakir miskin dan mereka yang mengalami cacat tetap total. Para peserta program ini tidak perlu lagi membayar biaya apapun, karena dibiayai oleh pemerintah dan masuk ke dalam program Jaminan Kesehatan.

  1. Non PBI Jaminan Kesehatan

Mereka yang masuk dalam golongan ini adalah :

Pekerja penerima upah (termasuk anggota keluarga)

Para pekerja yang bekerja dan menerima upah baik itu karyawan Swasta, PNS, Anggota TNI dan POLRI dan semua jenis karyawan yang menerima upah dalam semua strata manajemen.

Pekerja bukan penerima upah (termasuk anggota keluarga)

Mereka yang bekerja di luar hubungan kerja dan sistem gaji, yang bekerja dengan resiko sendiri atau pekerja mandiri.

Bukan pekerja (termasuk anggota keluarga)

Mereka yang masuk ke dalam golongan ini adalah mereka yang bukan seorang pekerja mandiri dan pekerja yang menerima gaji, seperti Investor, pemberi kerja, dan penerima pensiun (baik mereka yang menerima hak pensiun atau keluarga veteran)

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Mengenai BPJS

1.Kepesertaan

seputar-bpjs-yang-harus-diketahui-2

Saat ini BPJS Kesehatan sedang banyak menuai kritik tajam yang mengarah langsung ke BPJS Kesehatan. Namun tidak sedikit juga yang mengakui kalau BPJS membawa angin segar ke tengah masyarakat dalam situasi yang serba sulit seperti ini.

Kritik tajam ini penyebabnya salah satunya adalah kepesertaan BPJS yang sampai saat ini belum merata seluruhnya padahal kalau menilik pada Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), seluruh warga Indonesia tanpa kecuali wajib mengikuti program JKN kecuali mereka yang tergolong masyarakat tidak mampu atau yang masuk ke dalam golongan PBI (Penerima Bantuan Iuran) kepesertaannya akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Sesuai tagline BPJS, “Dengan Gotong Royong Semua Bisa Tertolong”

2.Biaya Kepesertaan

cara-mudah-bayar-bpjs

Sampai hari ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara jelas berapa biaya kepesertaan BPJS Kesehatan. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 keanggotaan BPJS Kesehatan terbagi menjadi 2, PBI dan Non PBI.

Mereka yang masuk ke dalam golongan PBI tidak perlu mengeluarkan biaya karena biaya kepesertaan mereka ditanggung oleh pemerintah. Namun mereka yang masuk ke dalam golongan Non PBI memiliki nominal iuran yang berbeda beda sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Golongan pekerja penerima upah berupa potongan sebesar 5% dari gaji atau upah yang diterima setiap bulannya. Dimana besarannya adalah 4% dibayar oleh pemberi kerja dan 1% dibayar oleh peserta. Pemotongan ini tidak dilakukan sekaligus namun dalam beberapa tahap

Golongan pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja akan membayar iuran secara mandiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan membayar masing masing peserta

Fasilitas kelas I dikenai iuran Rp80.000 per orang per bulan.

Fasilitas kelas II dikenai iuran Rp51.000 per orang per bulan.

Fasilitas kelas III dikenai iuran Rp25.500 per orang per bulan.

Dimana pembayaran dilakukan setiap bulannya dan paling lambat dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya.

3. Fasilitas

seputar-bpjs-yang-harus-diketahui-3

Kewajiban yang harus dilakukan sebagai peserta BPJS akan mendapatkan banyak hak peserta berupa fasilitas kesehatan yang diberikan program JKN.

Golongan pekerja penerima upah akan mendapatkan pelayanan kelas I dan II yang disesuaikan dengan posisi dan golongan pekerja penerima upah.

Sedangkan golongan pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja akan mendapatkan kelas I, II dan III yang disesuaikan dengan premi kelas yang dipilih.

Mereka yang masuk kedalam golongan PBI (Penerima Bantuan Iuran), orang yang tidak mampu, fakir miskin dan mereka yang mengalami cacat tetap total akan mendapatka layanan kesehatan kelas III

4.Alur Pelayanan

seputar-bpjs-yang-harus-diketahui-4

Setelah memiliki kartu BPJS Kesehatan, maka dalam menggunakan fasilitasnya haruslah mengikuti alur pelayanan yang sudah ditetapkan oleh BPJS.Untuk Golongan PBI, fasilitas kesehatan tingkat pertama yang didapatkan adalah puskesmas yang sudah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan kota setempat.

Baca jugaCara Melakukan Pendaftaran BPJS Kesehatan

Untuk semua Golongan Non PBI, baik itu pekerja penerima upah, golongan pekerja bukan penerima upah atau bukan pekerja bisa memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama yang diinginkan. Biasanya yang dipilih adalah dokter langganan dekat rumah atau klinik yang terdekat dengan rumah.

Bagi golongan Non PBI yang ingin ganti fasilitas kesehatan tingkat pertama bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Jadi bijaksanalah dalam memilih fasilitas kesehatan.

Jika ingin berobat kerumah sakit, terlebih dahulu peserta diharuskan untuk masuk ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, setelah mendapatkan rekomendasi surat rujukan kerumah sakit barulah peserta bisa mendapatkan fasilitas kesehatan rumah sakit.

Namun kalau sedang berada dalam kondisi darurat yang tidak memungkinkan untuk mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama, peserta bisa mendatangi UGD Rumah Sakit Terdekat untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang disesuaikan dengan kelas BPJS yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *