Info Mudah

Prosedur Rujukan Online BPJS Kesehatan

Bagaimana prosedur rujukan online BPJS Kesehatan? Dengan BPJS Kesehatan masyarakat menjadi lebih diuntungkan. Alasannya, BPJS Kesehatan ini memberikan kemudahan dalam menjamin kesehatan...

Written by Bambang Winarso · 2 min read >
Prosedur Rujukan Online BPJS Kesehatan

Bagaimana prosedur rujukan online BPJS Kesehatan? Dengan BPJS Kesehatan masyarakat menjadi lebih diuntungkan. Alasannya, BPJS Kesehatan ini memberikan kemudahan dalam menjamin kesehatan namun tagihan setiap bulannya tak terlalu besar.

Dengan BPJS Kesehatan pula, pasien yang sakit terlebih dahulu harus mengunjungi faskes 1. Setelah itu, apabila dibutuhkan dokter akan memberi rujukan ke faskes 2.

Namun tahukah Anda bahwa sistem rujukan ini mulai berlaku per 1 September 2018? Berikut ini adalah beberapa informasi terkait rujukan online BPJS Kesehatan dan prosedurnya supaya Anda bisa mencobanya sendiri.

 

Prosedur rujukan online BPJS Kesehatan Tidak Membutuhkan Surat

Prosedur Rujukan Online BPJS Kesehatan

Jika sebelumnya pasien harus memiliki surat saat periksa ke faskes 2 karena rujukan, maka pada prosedur rujukan online BPJS Kesehatan surat tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi. Pasien hanya perlu menyebutkan nomor kartu BPJS Kesehatan saja saat memeriksakan diri ke faskes 2.

Inovasi prosedur rujukan online BPJS Kesehatan ini tak lain adalah karena banyaknya antrian di rumah sakit yang mana dinilai mengurangi efisiensi. Implementasi dari sistem online BPJS Kesehatan ini mengacu pada Permenkes Nomor 01 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan.

Saat di uji coba, BPJS Kesehatan versi online ini sempat menemui kendala, yaitu dengan diberhentikannya pada beberapa hari tertentu. BPJS Kesehatan online sempat diberhentikan pada 15 sampai 31 Agustus 2018, 1 sampai 15 September 2018, dan 15 sampai 20 September 2018, sampai akhirnya berlaku terus-menerus sampai sekarang.

Setelah dijalankan kembali hingga 15 Oktober 2018, telah diamati bahwa sistem ini berlaku cukup efektif dan efisien. Antrian di rumah sakit menjadi berkurang, namun tetap ada kekurangan pada sistem online ini.

Adapun kekurangan yang ditemui saat itu adalah adanya antrian menumpuk lain oleh pasien. Ya, saat itu terjadi ketidaksesuaian input pada kapasitas dan jadwal prakteknya. Meski demikian, apakah BPJS Kesehatan ini cukup menguntungkan? Jelas saja, berikut keuntungan dari BPJS Kesehatan versi online.

 

Keuntungan BPJS Kesehatan Versi Online

Prosedur Rujukan Online BPJS Kesehatan

Petugas kesehatan di faskes 1 tak perlu lagi membuatkan Anda surat sebagai keterangan di faskes 2 nanti. Mereka hanya akan mendaftarkan anda secara online yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan hal ini, Anda juga akan diberi data rumah sakit tujuan, jadwal dokter yang diberikan untuk Anda, serta nomor antrian saat di rumah sakit faskes 2 nantinya.

Jika tadinya Anda perlu melakukan pengecekan apakah rumah sakit yang dituju penuh atau tidak, maka hal ini tidak berlaku lagi dengan BPJS Kesehatan online. Pada sistem ini petugas kesehatan bisa memastikan apakah suatu rumah sakit penuh atau tidak.

Hal ini membuahkan keuntungan berupa keefektifan waktu. Pasalnya, proses rujukan menjadi lebih tepat sasaran dan tepat waktu. Rumah sakit faskes 2 yang akan dituju bersifat sudah pasti karena nantinya Anda sudah terdaftar.

Waktu Anda akan lebih efektif karena Anda hanya perlu datang ke rumah sakit rujukan tanpa harus mendaftar ulang. Rujukan BPJS Kesehatan versi online ini juga dinilai sangat efektif untuk meminimalkan adanya rujukan berulang.

Rujukan berulang biasanya terjadi karena tidak adanya sarana dan Sumber Daya Manusia dari rumah sakit rujukan. Dengan sistem BPJS versi online Anda dan petugas di faskes 1 bisa mengetahui profil rumah sakit rujukan yang mana dipercaya bisa mengurangi ketidak tersedianya sarana dan sumber daya manusia.

 

Prosedur BPJS Kesehatan Online

Prosedur rujukan online BPJS Kesehatan ini dibagi menjadi dua, Anda harus menentukan terlebih dahulu yang mana yang Anda butuhkan. Apakah Anda hendak mendaftarkan diri Anda periksa pertama kali secara online, atau justrus sedang membutuhkan rujukan yang dilakukan dengan versi online.

Jika Anda sedang ingin periksa dan akan menggunakan BPJS Kesehatan online maka beginilah prosedurnya. Untuk keperluan ini Anda harus menggunakan smartphone pribadi untuk melakukan pendaftaran. Pada smartphone Anda lakukanlah install aplikasi Mobile JKN yang bisa didapat di Play Store atau App Store.

Setelah terinstall Anda hanya perlu masuk dan melakukan pendaftaran. Pendaftarannya pun bisa dibilang sederhana. Disana Anda akan mengambil nomor FKTP sebagai nomor antrian di FKTP atau rumah sakit faskes tertentu. Dengan hal ini Anda tidak perlu lagi antri untuk mengambil nomor FKTP seperti sebelumnya.

Anda juga bisa bisa berobat ke FKTP yang dipilih dengan menggunakan kartu digital yang ada di aplikasi Mobile JKN milik Anda.

Untuk Anda yang sedang mencari rujukan maka bisa terbantu juga dengan sistem ini. saat ternyata rumah sakit faskes 1 tidak bisa membantu Anda, maka Anda akan dirujuk ke faskes 2 melalui BPJS Kesehatan Online. Rujukan ini dilakukan oleh petugas karyawan dan Anda hanya perlu melakukan konsultasi saja.

Setelah petugas selesai melakukan rujukan, Anda akan diberitahu rumah sakit mana yang harus Anda tuju dan nomor antrian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *