Info Mudah

Pengertian Limbah, Karakteristik, Jenis, dan Mengenal Limbah B3

Pengertian Limbah – Di zaman yang semakin maju saat ini semakin banyak kegiatan yang menghasilkan limbah, terutama kegiatan industri atau pabrik yang...

Written by Rachmad · 6 min read >
Pengertian Limbah

Pengertian Limbah – Di zaman yang semakin maju saat ini semakin banyak kegiatan yang menghasilkan limbah, terutama kegiatan industri atau pabrik yang banyak terdapat di kota – kota besar. Bukan itu saja ada pula limbah domestic atau limbah rumah tangga yang kini semakin menumpuk. Pada dasarnya limbah itu sendiri dihasilkan oleh kegiatan manusia, baik itu limbah industri maupun limbah domestic. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai limbah dan jenisnya kita akan melihat pengertian dan jenis limbah terlebih dahulu.

Pencemaran lingkungan akibat limbah atau bahan sisa sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Limbah yang dibuang ke alam akan menyebabkan sanitasi lingkungan yang tidak baik, jika lingkungan tempat kita tinggal sudah tercemar maka secara otomatis orang yang tinggal di sekitarnya juga akan terkena dampak buruk lingkungan. Bukan hanya itu, limbah juga bisa mencemari udara yang kita hirup maka, sistem pernapasan kita juga akan terganggu.

Masalah limbah memang cukup sulit diatasi. Dan hingga kini terus menarik perhatian pemerintah dalam menangani masalah limbah. Meski tidak semua limbah bisa mencemari lingkungan karena secara umum limbah terbagi menjadi dua yaitu limbah yang bisa terurai dan limbah yang tidak bisa terurai. Untuk limbah yang bisa terurai kita tidak begitu bingung memikirkannya, namun untuk jenis limbah yang tidak bisa terurai ini kita kesulitan menghadapinya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan jenis limbah, karakteristik, serta akan mengenal lebih jauh mengenai limbah B3, menurut pandangan umum dan beberapa ahli juga turut berpendapat mengenai pengertian limbah.

Pengertian Limbah

Pengertian Limbah Secara Umum

Kini kita akan masuk ke pembahasan inti yaitu mengenal lebih jauh pengertian dan jenis limbah dan yang lainnya yang masih berhubungan dengan limbah. Berikut penjabarannya:

Pengertian limbah adalah material sisa atau buangan yang dianggap tidak memiliki nilai yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik itu industry mapun domestic (rumah tangga). Ada pula yang berpendapat bahwa pengertian limbah adal semua material sisa atau buangan yang berasal dari proses alam dimana kehadirannya tidak memiliki manfaat sama sekali bagi lingkungan serta tidak memiliki nilai ekonomis.

Pengertian limbah menurut para ahli

Untuk lebih memahami lebih jelas mengenai pengertian dan jenis limbah yang sebenarnya kita akan melihat pendapat dari beberapa ahli, seperti berikut ini:

  • Susilowarno

Pengertian limbah yang diutarakan oleh seorang ahli pada tahun 2007 yang bernama Susilowarno, definisi limbah adalah sisa atau hasil sampingan dari kegiatan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup.

  • Karmana

Pada tahun yang sama seorang pakar bernama Karmana mengeluarkan pendapat mengenai pengertian limbah yaitu sisa atau sampah dari suatu proses kegiatan manusia yang dapat menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.

  • Cahyono Budi Utomo

Pendapat lain muncul dari Cahyo Budi utomo yang merupakan seorang ahli tentang definisi limbah adalah suatu zat atau benda yang timbul sebagai hasil dari kegiatan manusia yang tidak digunakan lagi dan dibuang.

  • Hieronymus Budi santoso

Seorang ahli berpendapat bahwa limbah itu sebenarnya adalah bahan yang dibuang / terbuang dari hasil aktivitas manusia atau berbagai proses alam dan tidak memiliki nilai ekonomi, bahkan dapat merugikan manusia.

  • Deden Abdurahman

Menurut seorang ahli yang bernama Deden Abdurahman definisi limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestic (rumah tangga), dimana kehadirannya dapat menurunkan kualitas lingkungan.

  • Daniel A. Okun dan George Ponghis

Pengertian limbah menurut para ahli yang terakhir adalah semua limbah cair rumah tangga, termasuk air kotor dan semua limbah industri yang dibuang ke sistem saluran limbah cair, kecuali air hujan atau drainase permukaan.

Pengertian Limbah

Karakteristik Limbah

Setelah melihat dengan jelas mengenai pengertian dan jenis limbah kini kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai karakteristik yang dimiliki limbah atau sisa buangan, seperti berikut ini:

  • Berukuran mikro : karakter limbah yang pertama adalah limbah yang berukuran mikro atau limbah yang berukuran kecil atau partikel – partikel kecil namun masih bisa dilihat oleh mata manusia
  • Bersifat dinamis : limbah ada juga yang bersifat dinamis yang terus bergerak sesuai dengan pergerakan lingkungan penghasil limbah, contoh yang paling nyata ketika limbah masuk ke dalam sungai maka limbah tersebut akan mengikuti arah aliran sungai tersebut.
  • Penyebarannya berdampak luas : ada limbah yang bersifat memberikan dampak yang cukup luas bagi lingkungan dan manusia. Dampaknya bisa bermacam – macam saat pencemaran limbah sudah termasuk berat maka bisa menjadi penyebab kerusakan yang terjadi pada alam dan manusia yang hidup di dalamnya
  • Berdampak jangka panjang : karakteristik limbah yang terakhir ini bisa memiliki dampak yang cukup panjang dada wilayah atau lingkungan yang sudah terkontaminasi, sehingga memberikan bahaya yang cukup lama bagi manusia yang hidup di sekitarnya, serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengembalikan kondisi wilayah tersebut.

Jenis – jenis limbah

Pengertian dan jenis limbah akan kita bahas secara detail agar kita bisa membedakan limbah yang ada disekitar kita dan pastinya menghindari limbah. Untuk jenisnya limbah bisa dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan wujudnya, berdasarkan sumbernya, serta berdasarkan senyawanya. Berikut penjelasan masing – masing kelompok, diantaranya:

  • Jenis limbah berdasarkan wujudnya

Jenis limbah yang pertama bisa kita lihat berdasarkan wujudnya bisa dibedakan menjadi beberapa jenis lagi, diantaranya:

  • Limbah padat

Limbah pada adalah sisa atau buangan yang berbentuk padat, limbah ini memiliki sifat atau karakter kering dan tidak dapat berpindah sendiri. Beberapa contoh limbah padat adalah sampah, plastic, botol, potongan kayu, sisa makanan, kardus, dll.

  • Limbah cair

Limbah cair adalah hasil sisa produksi atau limbah yang berbentuk cair. Limbah ini memiliki sifat atau karakter yang mampu larut ke dalam air, serta dapat berpindah sendiri. Beberapa contoh limbah cair, seperti air bekas cucian baju, air bekas cucian piring, air bekas mandi, air bekas cucian kendaraan, dan lainnya.

  • Limbah gas

Menurut wujudnya jenis limbah berikutnya adalah limbah gas yang berbentuk zat yang wujudnya gas yang memiliki kandungan racun di dalamnya (CO2, HCL,SO2, dll) yang bisa berpindah sendiri. Contoh limbah gas seperti asap pabrik, asap bakaran sampah, asap pembakaran hutan, asap kendaraan, dan lainnya

  • Jenis limbah berdasarkan sumbernya

Jenis limbah berikutnya bisa kita lihat berdasarkan sumbernya bisa dibedakan menjadi beberapa jenis seperti:

  • Limbah industri

Limbah ini sudah sangat jelas bahwa dihasilkan dari hasil sisa pembuangan atau sisa kegiatan industri pabrik dan industri rumahan. Limbah ini cukup berbahaya karena dihasilkan dalam jumlah yang banyak , sehingga mampu menyebabkan kerusakan yang cukup berat bagi lingkungan dan manusia, serta sangat sulit ditanggulangi

  • Limbah domestic

Limbah yang dibedakan berdasarkan sumbernya ini berasal dari sisa kegiatan manusia atau kegiatan rumah tangga, sekolah, pasar dan tempat lainnya. Contoh limbah domestic adalah botol plastic, sisa makanan, kaleng, air sabun, plastic sampo dan sabun, dan lainnya

  • Limbah pertanian

Limbah pertanian ini sendiri berasal dari proses atau kegiatan pertanian

  • Limbah pertambangan

Limbah ini dihasilkan oleh proses atau kegiatan pertambangan

  • Jenis limbah berdasarkan senyawa
  • Limbah organic

Limbah organic sendiri sebenarnya sangat baik bagi lingkungan karena limbah ini dapat terurai atau mudah membusuk kemudian mampu berbaur dengan alam dan menjadikan tanah lebih subur karena memiliki banyak unsur hara yang baik. Bahkan banyak yang menjadikan limbah organik sebagai pupuk untuk lahan pertanian organik. Selain mudah didapat dan mudah dibuat pupuk organic juga sangat hemat. Contoh limbah organic seperti kotoran hewan

  • Limbah anorganik

Limbah yang satu ini sangat berbahaya dan tidak bisa terurai atau membusuk meski telah mengalami proses selama jutaan tahun. Sampah anorganik inilah yang mampu merusak bumi kita dan mencemari lingkungan dalam jangka waktu yang sangat lama. Contoh limbah anorganik adalah sampah plastic, sampah kaleng, sampah seng, sisa potongan baja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Limbah

Bahan berbahaya dan Beracun Limbah B3

Setelah kita melihat dengan jelas pengertian dan jenis limbah kini kita akan melihat mengenai bahan berbahaya dan beracun atau limbah B3. Bahan ini mampu memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan dan sangat berbahaya. Bahan berbahaya dan beracun limbah B3 adalah bahan berbahaya dan beracun sebagai zat, energi atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi maupun jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemari dan merusak lingkungan hidup serta berbahaya bagi lingkungan, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya.

Bahan berbahaya dan beracun atau limbah B3 memang sangat berbahaya dan dapat digolongkan dalam beberapa kelompok bahan yang memiliki sifat, diantaranya:

  • Mudah meledak (exploisif)
  • Saat barang atau bahan tersebut sangat mudah menyala maka bisa digolongkan sebagai limbah B3 (highly flammable)
  • Mengoksidasi
  • Jika sebelumnya sangat mudah menyala maka barang dengan level yang lebih rendah yaitu mudah menyala (flammable) juga disebut limbah B3
  • Amat sangat beracun (extremely toxic)
  • Levelnya lebih rendah yaitu sangat beracun (highly toxic)
  • Barang atau sisa buangan yang bersifat beracun (moderately toxic)
  • Limbah B3 memiliki sifat berbahaya, baik untuk lingkungan maupun makhluk hidup (harmful)
  • Korosif (corrosive)
  • Limbah B3 juga memiliki sifat iritasi (irritant)
  • Berbahaya bagi lingkungan (dangerous to the environment)
  • Karsinogenik (carcinogenic)
  • Teratogenik (teratogenic)
  • Mutagen (mutagenic)

Jenis Limbah B3

Limbah B3 yang sangat berbahaya ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumbernya. Berikut penjelasan masing – masing dari semua jenis yang ada:

  • Limbah B3 dari sumber spesifik

Jenis limbah yang pertama berasal dari sumber yang spesifik seperti berasal dari proses suatu industri atau kegiatan utama. Pelarut terhalogenasi contohnya klorobenzena, metilen klorida, dll. Untuk pelarut yang tidak terhalogenasi contohnya toluene, aseton, nitrobenzene, dll. Untuk asam atau basa contohnya asam folat, asam sulfat, natrium hidroksida, dll.

  • Limbah B3 dari sumber tidak spesifik

Jenis limbah selanjutnya berasal dari sumber tidak spesifik, yang merupakan dari kegiatan pemeliharaan alat, inhibitor korosi, pelarutan kerak, pencucian, penegasan dan lainnya yang bukan berasal dari proses utama.  Beberapa contoh limbah B3 dari sumber tidak spesifik seperti aki bekas, limbah laboratorium yang memiliki kandungan B3, kemasan bekas B3, dll.

  • Limbah B3 kadaluarsa

Jenis yang terakhir dihasilkan dari sumber lain yang kadang tidak terduga sumbernya, contohnya seperti produk kadarluarsa, sisa kemasan, tumpahan, serta buangan produk yang tidak memenuhi spesifikasi.

Barang yang Menyebabkan Limbah B3

Setelah pembahasan mengenai pengertian dan jenis limbah kini kita membahas mengenai barang yang menyebabkan limbah B3. Kadang tanpa kita sadari kita seringkali berhubungan langsung dengan barang – barang berbahaya yang memiliki kandungan bahan kimia. Barang tersebut sebenarnya memiliki kandungan limbah B3, diantaranya:

  • Baterai bekas

Salah satu contoh limbah B3 yang sering kita lihat dan kita temukan adalah baterai bekas. Kandungan di dalam baterai bekas ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup. Baterai bekas ini memiliki kandungan bahan kimia yang berupa logam berat seperti merkuri, nikel, timbal, kadmium, serta lithium. Setelah melihat kandungan berbahaya yang ada pada baterai bekas kini sebaiknya jangan biarkan anak – anak bermain baterai bekas dan tidak membuangnya sembarangan.

  • Detergen

Tahukah anda jika detergen yang kita pakai untuk mencuci pakaian sebenarnya memiliki kandungan yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia dan lingkungan dan termasuk ke dalam limbah B3. Beberapa kandungan bahan kimia berbahaya seperti surfaktan, builder, filler, serta aditif. Cara deterjen mencemari lingkungan adalah dari busa yang dihasilkan yang dibuang melalui saluran air

Busa deterjen yang dihasilkan juga bisa menyebabkan kontak air dan udara menjadi terbatas. Hal ini menyebabkan orgasme yang ada di dalam air mati karena kekurangan oksigen. Dampak lain juga bisa disebabkan oleh kandungan surfaktan yang bisa menyebabkan kulit menjadi kasar.

Macam – macam Limbah beracun

  • Limbah mudah meledak : limbah ini bisa saja meledak sewaktu – waktu karena memiliki reaksi kimia yang dapat menghasilkan gas dengan suhu serta tekanan tinggi yang bisa merusak lingkungan dengan cepat
  • Limbah mudah terbakar : limbah yang satu ini sangat berbahaya yang bisa memicu kebakaran dan tidak bisa sama sekali terkena api, percikan api, gesekan atau sumber nyala lain yang mudah menyala. Jika sudah terjadi kebakaran maka bisa menyala dalam waktu yang lama dan bisa menyebabkan kebakaran hebat
  • Limbah reaktif : limbah yang satu ini bisa menyebabkan kebakaran akibat melepaskan atau menerima oksigen atau limbah organic peroksida yang tidak stabil pada suhu tinggi.
  • Limbah beracun : limbah ini sebaiknya kita hindari karena mengandung racun yang berbahay bagi manusia dan lingkungan. Jika terkontaminasi limbah beracun dapat menyebabkan kematian atau sakit jika masuk kedalam tubuh melalui pernapasan, kulit atau mulut.
  • Limbah yang bisa menyebabkan infeksi : adalah limbah yang mengandung kuman penyakit atau terinfeksi limbah penyakit.

Pengertian dan jenis limbah dengan berbagai karakteristik yang ada memang sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitar kita. Hal ini patut kita waspadai agar tidak terkena dampak buruk limbah beracun. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *