Info Mudah

Mengintip Sejarah Mata Uang EURO

Anda bisa jadi belum mengetahui tentang sejarah mata uang EURO yang menjadi salah satu mata uang terkenal di dunia. Siapa sangka jika...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
mata uang EURO

Anda bisa jadi belum mengetahui tentang sejarah mata uang EURO yang menjadi salah satu mata uang terkenal di dunia. Siapa sangka jika sejarah di baliknya begitu panjang hingga akhirnya kini resmi digunakan di negara Uni Eropa bahkan hingga sekarang.

mata uang EURO

Belajar Sejarah Mata Uang EURO

Pada tahun 1999, inilah yang menjadi awal diberlakukannya mata uang Uni Eropa yang lebih dikenal dengan EURO. Mata uang ini merupakan satu-satunya yang diberlakukan di Uni Eropa meski fisiknya baru disahkan pada tahun 2002 silam. Kala itu, mata uang ini disambut dengan antusias oleh seluruh masyarakat dengan menghadirkan atraksi kembang api yang memukau.

Para penduduk bersuka cita dengan menyaksikan jam euro yang merupakan tanda peluncuran mata uang EURO sebagai mata uang tunggal yang sah di mata negara. Negara pertama yang mengadopsi mata uang ini adalah Finlandia. Kemudian, disusul oleh negara-negara lainnya di wilayah Eropa. Masa itu, ratusan warga Eropa beralih ke mata uang yang baru.

Setelah berjalan selama dua tahun mata uang EURO hanya berbentuk elektronik saja, tepat pada tahun 2002 mata uang EURO secara fisik dapat digunakan. Mata uang ini terdiri dari pecahan uang koin dan kertas. Setelah masa transisi pergantian mata uang, mata uang EURO sudah resmi menjadi mata uang tunggal dari 12 negara yang tergabung dalam negara Uni Eropa.

Mengenal 4 Mata Uang Paling Berpengaruh di Dunia

Setelah mengenai mata uang EURO sebagai mata uang tunggal yang ada di kawasan Uni Eropa. Kini, coba kenali empat jenis mata uang lainnya yang paling berpengaruh di dunia.

  1. US Dollar

US dollar merupakan mata uang yang sangat berpengaruh di dunia. Dolar AS ini sangat mudah diperdagangkan dan ditemui di mana-mana. Bahkan, mata uang ini juga dijadikan standar oleh mata uang lainnya. Dolar AS digunakan sebagai transaksi yang resmi antar belahan dunia selain emas. Bahkan, mata uang ini juga paling diterima di seluruh bank sentral seluruh negara.

  1. EURO

Selain mata uang dollar AS, EURO juga termasuk mata uang berpengaruh terhadap negara-negara Eropa. Bahkan, disebut-sebut mata uang ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dolar AS. Mata uang EURO yang paling banyak diperdagangkan di dunia, selain itu juga menjadi mata uang cadangan dunia terbesar kedua setelah dolar AS.

  1. Poundsterling atau Great Britain Pound

Poundsterling menjadi salah satu mata uang yang juga berpengaruh di dunia. Mata uang ini digunakan di wilayah Inggris Raya, seperti Inggris, Wales, dan Skotlandia. Wajar jika mata uang ini berada di urutan ketiga. Di dunia trading forex mata uang ini juga banyak diminati dan diperdagangkan. Inggris memilih mata uang poundsterling untuk mempertahankan eksistensinya agar tidak tergeser dengan mata uang lainnya.

  1. Japanese Yen

Mata uang ini sangat berlaku di kawasan Asia. Hal ini karena Jepang memiliki tingkat ekonomi yang kuat di bidang ekspornya. Sangat jelas bahwa mata uang ini sangat baik dijadikan sebagai investasi.

Demikian tadi, empat jenis mata uang yang paling banyak pengaruhnya di seluruh dunia yang patut Anda ketahui sebagai tambahan informasi bagi Anda.

Itulah ulasan singkat seputar mata uang EURO dan sejumlah mata uang lain yang berpengaruh di dunia. Jika di Indonesia ada rupiah maka di negara lainnya juga menetapkan jenis mata uang yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan negara masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *