Info Mudah

Mengetahui Seluk Beluk TDP Singkatan Dari Tanda Daftar Perusahaan

TDP singkatan dari tanda daftar perusahaan yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Baik itu berbentuk PT (Perseroan Terbatas), CV (Persekutuan Komanditer), Firma,...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
TDP singkatan dari

TDP singkatan dari tanda daftar perusahaan yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Baik itu berbentuk PT (Perseroan Terbatas), CV (Persekutuan Komanditer), Firma, Perorangan, Koperasi, dan yang lainnya. Dokumen ini biasanya berisikan tentang hal-hal yang harus didaftarkan oleh suatu perusahaan dan akan disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Dalam Undang-Undang nomor 3 tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan, dibahas mengenai apa saja badan usaha yang harus dan tidak harus mengurus TDP, persyaratan, yang dibutuhkan, dan juga prosedur pendaftarannya. Manfaat memiliki TDP adalah memperlihatkan bahwa perusahaan yang kita miliki aktif berjalan. Selain itu dokumen ini juga dapat menunjukkan profil perusahaan.

Badan Usaha yang Tidak Harus Mengurus TDP Singkatan Dari Tanda Daftar Perusahaan

Sesuai dengan undang-undang yang telah dibahas tadi, badan usaha atau kegiatan yang tidak harus mengurus TDP adalah usaha yang aktivitasnya tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Adapun jenis-jenisnya diantaranya:

  • Pendidikan formal bisa disebut juga dengan sekolah.
  • Pendidikan non formal diantaranya seperti kursus keahlian.
  • Yayasan seperti yayasan untuk anak yatim piatu, yayasan nonprofit yang bergerak di bidang pengembangan masyarakat.

Jenis TDP dan Persyaratan Pembuatannya

Ada beberapa jenis kepengurusan TDP yaitu TDP baru, perpanjangan, pembukaan cabang, perubahan, dan penutupan. Pembuatan TDP baru biasanya dilakukan oleh perusahaan yang baru berjalan tetapi belum pernah mengurus TDP.

TDP perpanjangan dilakukan oleh perusahaan atau badan usaha yang sedang berjalan, akan tetapi masa berlaku TDP nya telah habis. Perlu diketahui bahwa masa berlaku TDP adalah 5 tahun dan harus diperpanjang. Perpanjangan dapat dilakukan maksimal 3 bulan sebelum masa berlaku habis.

TDP pembukaan cabang dilakukan oleh unit badan usaha yang telah berjalan, akan tetapi ingin membuka cabang lainnya. TDP perubahan diperlukan bagi perusahaan yang ingin berganti format penyelenggaraan perusahaan misalnya dari CV berubah menjadi PT. Sedangkan TDP penutupan dibuat untuk menutup usaha yang telah selesai masa bisnisnya. TDP ini juga perlu diurus agar kemudian hari tidak ada masalah.

Setiap jenis TDP mempunyai persyaratan yang sedikit berbeda. Akan tetapi beberapa dokumen inti yang dibutuhkan tetap sama. Beberapa dokumen tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Surat Akta Pendirian Perusahaan yang sudah disahkan berikut akta perubahannya jika ada.
  • Surat Keterangan Pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
  • Surat keterangan terkait perubahan perusahaan, modal, kepengurusan, kepemilikan saham, dan yang lainnya.
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) bagi seluruh usaha. Khusus untuk usaha transportasi dan pelayaran wajib membawa SIUPAL, SIUJPT, dan surat izin lainnya.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Negara Indonesia. Sedangkan apabila warga Negara asing wajib membawa Paspor.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan identitas para pemegang saham.
  • Izin persetujuan dari BKPM bagi badan usaha PMA atau PMDN.
  • Surat TDP Asli jika pengajuan untuk perubahan data atau pendaftaran ulang.

Keseluruhan dokumen tersebut dapat difotocopy sesuai aslinya dan dibawa dokumen aslinya pada saat pengurusan. Biasanya setelah mengisi formulir dan membayar biaya administrasi, maka semua berkas yang di bawa akan di cek untuk memvalidasi persyaratan yang diperlukan.

TDP singkatan dari tanda daftar perusahaan pembuatannya tidaklah sesulit yang dibayangkan asal persyaratan dan prosedur pembuatannya dilalui secara benar. Untuk itu milikilah TDP untuk menjamin kepastian usaha, memiliki legalitas resmi yang terdaftar di lembaga pemerintah.

BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

Irfan in Info Mudah
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *