Info Mudah

Mengenal Surat Pengalaman Kerja Terbaik

Sangat penting mengenal surat pengalaman kerja, hal ini disebabkan oleh banyaknya pesaing, apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang menyebabkan dunia industri mencari...

Written by Irfan · 2 min read >
Mengenal Surat Pengalaman Kerja Terbaik

Sangat penting mengenal surat pengalaman kerja, hal ini disebabkan oleh banyaknya pesaing, apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang menyebabkan dunia industri mencari para pekerja yang sudah berkompeten dalam bidang tersebut untuk memenuhi semua kualifikasi dari perusahaan. Nah, untuk Anda yang memiliki pengalaman kerja Anda patut bersyukur karena Anda bisa menyingkirkan para pesaing yang ada di luar sana.

Surat Pengalaman Kerja Terbaik

Surat pengalaman kerja biasanya bisa didapatkan jika Anda sudah bekerja dalam sebuah perusahaan maupun lembaga, perusahaan akan mengeluarkan surat pernyataan dengan berakhirnya hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan. Lantas apa saja isi dari surat tersebut:

  • Surat pengalaman kerja yang pertama berisi tentang deskripsi dari pekerjaan yang selama ini digeluti ketika mereka bekerja di perusahaan tersebut
  • Yang kedua adalah waktu, jadi berapa lama karyawan tersebut bekerja, dengan begitu hubungan antara karyawan dan perusahaan pun akan semakin jelas
  • Yang ketiga adalah bagaimana kinerja karyawan selama mereka bekerja, itu semua sudah mencakup cara berpikir, bersikap, berperilaku dan yang terakhir integritas
  • Yang keempat adalah alasan kenapa hubungan pekerjaan tersebut berakhir.

Apakah Perbedaan Surat Pengalaman Kerja Dengan Surat Pemutusan Kerja

Yang perlu diketahui jika surat pemutusan kerja atau lebih sering disebut PHK itu akan diberikan kepada semua karyawan yang mengalami PHK. Namun, surat pengalaman kerja tidak diwajibkan diberikan oleh perusahaan. Untuk Anda yang ingin meminta Anda tentu diperbolehkan.

Jadi surat pengalaman kerja itu bertujuan untuk menjelaskan kinerja dari seorang karyawan, dengan adanya surat tersebut perusahaan baru yang akan dituju bisa mengetahui bagaimana pencapaian kinerja dari calon karyawan tersebut.

Surat pengalaman kerja juga sangat penting, jadi jika Anda ingin mengembangkan karir Anda, ada baiknya jika Anda memintanya. Bahkan dengan surat tersebut Anda akan mendapatkan tunjangan sosial contohnya BPJS, dan jangan lupakan untuk mendaftar program beasiswa.

Persyaratannya adalah Anda harus menjadi karyawan baik selama bekerja dalam perusahaan tersebut supaya jika Anda keluar Anda bisa mendapatkan surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja juga bisa dijadikan bukti yang kredibel dan juga menjadikan bahan pertimbangan saat Anda melamar pekerjaan baru. dengan memiliki surat pengalaman kerja Anda sudah mendapatkan poin plus di mata HRD.

Contoh Membuat Surat Pengalaman Kerja

  • Kop Surat

Langkah yang pertama adalah membuat kop surat atau bisa disebut dengan istilah kepala surat. Isinya meliputi nama instansi atau perusahaan, logo, alamat, email dan yang terakhir nomor telepon. Tahapan di atas adalah bentuk dari identitas perusahaan.

  • Nama Dan Nomor Induk Karyawan

Langkah yang kedua adalah perusahaan harus mencantumkan nama dari karyawan yang mengajukan surat pengalaman kerja, dan jangan lupakan untuk NIK yang akan berfungsi sebagai identitas resmi karyawan.

  • Periode Dan Posisi

Yang ketiga adalah periode dan posisi dari pekerjaan mesti dicantumkan. Ada baiknya karyawan dan perusahaan menyertakan hubungan struktural penulis. Dengan begitu isinya pun akan jauh lebih baik.

  • Skill Dan Pencapaian

Untuk bagian skill dan pencapaian berfungsi untuk menjelaskan dan memaparkan apa saja keterampilan yang dimiliki. Dan jangan lupakan soal pencapaian yang sudah diraih oleh karyawan ketika bekerja.

  • Stempel Perusahaan

Yang terakhir adalah adanya stempel perusahaan secara resmi dan sah.

Jadi dapat disimpulkan jika surat pengalaman kerja adalah bentuk apresiasi yang diberikan perusahaan untuk karyawan yang sudah lama bekerja. Dengan adanya surat tersebut karyawan tentunya mempunyai pekerjaan baru. Nilai surat ini pun cukup baik, karena dengan adanya surat ini membuktikan Anda adalah aset perusahaan.

Baca juga : Bagian-Bagian Contoh Surat Resmi Yang Wajib Diketahui

Jadi bagaimana? sudah paham apa itu surat pengalaman kerja. Tentunya dengan pembahasan di atas Anda akan menjadi semakin jelas dan paham jika seorang karyawan mempunyai hak untuk mendapatkan surat pengalaman kerja. Semoga dapat bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *