Info Mudah

Larangan Mahasiswa Magang Yang Patut Diketahui

Kesalahan magang terkadang mempermalukan pemilik perusahaan. Tak hanya itu, para karyawan yang sudah terlanjur bekerja di tempat itu pun merasa risih berkreasi....

Written by Irfan · 1 min read >
Mahasiswa Magang

Kesalahan magang terkadang mempermalukan pemilik perusahaan. Tak hanya itu, para karyawan yang sudah terlanjur bekerja di tempat itu pun merasa risih berkreasi. Jika Anda akan magang, Anda harus menghindari semua kesalahan tersebut jika ingin disukai oleh pemilik atau karyawan tetap di perusahaan.

Larangan Mahasiswa Magang Yang Patut Diketahui

1.Terlalu Santai

Saat ini memang banyak perusahaan yang mengadopsi budaya santai saat bekerja. Misalnya diperbolehkan memakai kaos, diperbolehkan menyalakan musik saat bekerja, bahkan menghilangkan jarak antara atasan dan karyawan. Biasanya yang menerapkan aturan semacam ini adalah kantor instansi atau perusahaan dengan latar belakang seni. Dengan artian bahwa ada norma-norma yang tetep dilakukan dengan disiplin . Anda tetap harus sopan dengan orang lain. Masih meminta izin saat melakukan tindakan, seperti meminjam barang milik orang lain, meninggalkan kantor, dan lain sebagainya. Berbeda jika Anda berada di kantor resmi. Semua aturan yang berlaku di kantor harus dipatuhi. Tunjukkan bahwa Anda sangat profesional, baik di tempat kerja maupun di acara atas nama perusahaan.

2.Banyak Pertanyaan

Memang, jika ingin menghindari kesalahan, sebagai magang Anda perlu bertanya kepada karyawan tetap yang sudah lama ada di sana. Tetapi, bukan berarti semua bisa Anda pertanyakan. Anda mungkin dicap lambat dan tidak fokus. Lebih kreatif dalam melakukan sesuatu. Gunakan perasaan itu dan perhatikan kebiasaan orang-orang di sekitar Anda. Jadi Anda tidak perlu bertanya banyak, tetapi Anda sudah bisa mengikuti kebiasaan tempat tersebut. Namun, itu tidak berarti Anda menjadi terlalu berpengetahuan. Kondisi seperti ini juga tidak disenangi oleh banyak orang di sekitar Anda. Bijaklah dalam menentukan kapan harus mengajukan pertanyaan dan kapan melakukannya sendiri.

3.Mengulangi Kesalahan yang Sama

Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, terutama magang. Namun, melakukan kesalahan yang sama, jelas akan membuat orang di sekitar Anda kesal. Oleh karena itu, ketika Anda melakukan kesalahan, ingatlah dan usahakan untuk tidak mengulanginya lagi. Padahal, sebisa mungkin belajar dari kesalahan orang lain. Jangan membuat kesalahan yang telah dilakukan orang lain.

4.Terlalu Banyak Mengeluh

Sebagai seorang magang, terkadang lingkungan di sekitarnya tidak cocok untuknya. Tak hanya itu, para magang juga diharuskan mengikuti aturan main di lingkungan baru. Ketidaknyamanan karena Anda tidak terbiasa. Namun, jangan mengungkapkannya dengan mengeluh. Terlebih apabila Anda mengeluarkan permasalahan ini lewat media sosial. Sebagai seorang magang, Anda harus berusaha untuk bisa mengikuti pola kerja di tempat tersebut. Siapa tahu, pekerjaan itu justru menjanjikan karier di masa depan.

5.Terlambat pulang kerja

Tidak hanya magang, terlambat masuk kerja merupakan kesalahan bagi karyawan yang sudah lama bekerja di sana. Yang Jelas, Anda mendapatkan bayaran untuk bekerja dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Keberangkatan yang terlambat berarti korupsi waktu. Meski magang tidak memiliki gaji yang sama dengan karyawan biasa, ini tidak berarti mereka bisa terlambat. Ini akan mempengaruhi penilaian kredibilitas di tempat itu.

6.Melewatkan kelas tanpa alasan yang jelas

 Ingat, Anda sudah memasuki dunia kerja. Jika Anda tidak masuk kerja, pasti ada alasan yang jelas. Sayangnya, karena merasa bukan pegawai tetap, banyak dari mereka yang membolos tanpa alasan yang jelas. Bahkan, ada juga warga yang membolos tanpa kabar sama sekali. Ini adalah kesalahan magang yang paling fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *