Info Mudah

Langkah Mudah Mencegah Ban Mobil Meledak Saat Di Jalan

Pada saat berkendara menggunakan mobil terkadang ada kejadian yang tak terduga terjadi seperti ban mobil yang pecah atau meledak. Ban mobil yang...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
cegah pecah ban mobil

Pada saat berkendara menggunakan mobil terkadang ada kejadian yang tak terduga terjadi seperti ban mobil yang pecah atau meledak. Ban mobil yang pecah dan meledak tentu menjadi masalah yang cukup menyusahkan. Maka perlu diketahui langkah mudah mencegah ban mobil meledak saat di jalan.

Dengan mengetahui tips – tips mencegah ban mobil pecah, maka dapat mengurangi resiko kerusakan ban yang bahkan bisa menimbulkan kecelakaan. Berikut adalah tips mencegah ban mobil pecah di jalan.

Langkah Mudah Mencegah Ban Mobil Meledak Saat Di Jalan

hindari pecah ban mobil

Gunakan Ban Mobil Sesuai Dengan Standar

Setiap mobil mempunyai standar ban tersendiri yang harus digunakan. Jadi tak sembarang ban dapat digunakan pada berbagai jenis mobil, hal inilah yang dapat menjadi salah satu pemicu ban mobil pecah dijalan.

Ban standar yang digunakan memiliki dimensi, serta bobot yang dapat menopang dari berat mobil itu sendiri, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan ban sesuai standar.

Menjaga Dan Memeriksa Tekanan Angin Ban

cegah pecah ban mobil

Tekanan angin pada sebuah mobil harus mempunyai angka yang pas, agar ban mobil tetap aman digunakan dan tidak cepat rusak.

Bila tekanan angin pada ban kurang akan mengakibatkan pemakaian BBM yang lebih banyak, karena tarikan dari mobil akan semakin meningkat.

Apabila ban mobil terlalu keras juga dapat mengakibatkan ban mobil cepat rusak karena udara yang terdapat di dalam ban terlalu banyak. Maka untuk menjaga ban tidak mudah pecah harus selalu memeriksa tekanan angin pada ban.

Merubah Posisi Ban Mobil

Salah satu cara mencegah ban mobil tidak mudah meledak saat dijalan yaitu dengan merubah posisi ban pada mobil.

Ban depan akan lebih cepat gundul karena lebih banyak menerima gesekan dibandingkan dengan ban belakang. Agar ban lebih awet, rubahlah posisi ban depan menjadi ban belakang begitu juga sebaliknya setiap  5000 km sekali.Dengan merubah posisi ban seperti ini akan membuat ban mobil memiliki umur yang lebih lama dan tidak mudah pecah.

Menghindari Lubang Di Jalan

Selain hal teknis, terdapat faktor lain yang perlu diperhatikan agar ban mobil tidak mudah pecah di jalan.

Usahakan untuk menghindari lubang yang ada di jalan. Sudah jelas bahwa bila lubang di jalan dapat menjadi pemicu ban rusak bahkan pecah. Berkendaralah dengan baik dan benar agar ban mobil tidak mudah rusak.

Memasang Tutup Pentil Pada Ban

Pentil pada ban mobil dapat berguna untuk mencegah terjadinya kekurangan tekanan angin pada ban. Ban yang tidak dipasang dengan tutup pentil sewaktu waktu dapat kehilangan tekanan udara pada saat sedang digunakan.

Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi pengendara. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memasang tutup pentil pada tiap ban, agar udara yang berada di dalam ban tetap terjaga dan tidak berkurang.

Rutin Periksa Ke Bengkel

Hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga ban mobil tetap awet dan tidak mudah pecah saat berada di jalan adalah dengan rutin memeriksakan ke bengkel.

Bengkel memiliki peralatan yang lebih lengkap yang dapat membantu memberikan perawatan lebih baik terhadap ban mobil bahkan hingga ke mesin mobil sendiri.

Perawatan mobil dapat dilakukan satu bulan sekali, selain perawatan ban mobil anda juga bisa memeriksa kondisi bagian – bagian pada mobil anda.

Demikianlah langkah mudah mencegah ban mobil meledak saat di jalan.  Tetaplah mematuhi peraturan dan berkendara serta selalu memeriksa kondisi kendaraan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *