Hubungan, Info Mudah

Kupas Tuntas Tentang Mindset Artinya Pola Pikir Seseorang

Mindset artinya adalah pola pikir seseorang. Artinya, pandangan yang dipercayai seseorang untuk menentukan perilaku, sikap, dan masa depan orang tersebut. Mindset ini...

Written by Irfan · 1 min read >
Apa Arti Mindset

Mindset artinya adalah pola pikir seseorang. Artinya, pandangan yang dipercayai seseorang untuk menentukan perilaku, sikap, dan masa depan orang tersebut. Mindset ini dibentuk dari lingkungan dan sesuatu yang masuk mempengaruhi diri kita selama bertahun-tahun. Mindset juga dapat diartikan sebagai sebuah keyakinan hidup. Sebenarnya definisi mindset tersebut sangatlah luas dan setiap ahli memiliki definisinya sendiri-sendiri.

Mindset Artinya

Menurut Ibrahim Elfiky seorang motivator, mindset adalah kumpulan pikiran dimana pikiran tersebut terjadi beberapa kali pada tempat dan waktu yang berbeda. Selain itu orang tersebut memiliki keyakinan bahwa pikiran tersebut akan menjadi kenyataan di tempat dan waktu yang sama. Maka dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa mindset adalah suatu kepercayaan yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang dan kepercayaan tersebut menentukan jalan hidupnya.

Mindset menurut Mulyadi yakni sikap mental, dibentuk dari pendidikan, prasangka, juga pengalaman. Ia menekankan pada perjalanan hidup seseorang akan mempengaruhi mentalnya baik positif maupun negatif.

Menurut James Arthur Ray mindset adalah kepercayaan dan cara berpikir yang akan mempengaruhi sikap seseorang dimana pola berpikir tersebut akan mempengaruhi sikap, perilaku pandangan, dan masa depan seseorang.

Dari beberapa definisi yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa mindset melibatkan pola pikir, pandangan, sikap, bahkan dapat menentukan masa depan seseorang.

Contoh sebuah mindset adalah waktu kecil Anda sangat mudah meminta apapun dari orang tua karena mereka berkecukupan dan Anda anak tunggal. Semua permintaan Anda diberikan oleh orang tua. Ketika beranjak dewasa Anda mulai mengalami bahwa tidak semua hal yang diinginkan dapat dengan mudah dipenuhi. Kepercayaan ini akan mengubah sikap dan perilaku Anda untuk jadi lebih sabar dan menerima segala kegagalan. Atau mungkin malah menyebabkan Anda menjadi stress dan depresi.

Pikiran Sadar dan Bawah Sadar

Pikiran manusia terdiri dari pikiran sadar yaitu pemikiran yang dapat dikendalikan sehingga manusia mampu untuk membuat suatu keputusan. Pikiran sadar mempunyai fungsi mengenali informasi yang didapat dari panca indera misalnya memproses bau, rasa, dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat membuat analisa tentang suatu masalah, memberikan perbandingan memori jangka panjang dengan jangka pendek, dan memberikan keputusan sebuah respon spesifik dari informasi tersebut.

Sedangkan pikiran bawah sadar adalah proses mental secara otomatis dan kebanyakan manusia tidak menyadarinya atau belum mampu mengendalikan secara sengaja. Pikiran bawah sadar biasanya memproses kebiasaan, perasaan, memori jangka panjang, asumsi, kepribadian, dan kreativitas. Alam bawah sadar sebenarnya dapat digali dan dimaksimalkan untuk dapat menemukan potensi diri dan kesuksesan. Tetapi hanya sedikit orang yang mampu memanfaatkan potensi ini karena tingkat kesulitan pemahaman mental yang tinggi.

Membentuk Mindset

Mindset dibangun melalui proses yang panjang sedari kecil. Untuk itulah pengajaran yang tepat akan membentuk pola pikir positif bagi tumbuh kembang anak hingga menjadi seseorang yang dewasa. Membentuk mindset dapat dilakukan dengan:

  • Trendwatching. Membentuk mindset melalui trend yang sedang berkembang akan membuat Anda memiliki visi ke depan dan memiliki pikiran yang selalu terbaharui.
  • Envisioning. Membuat gambaran mengenai perubahan lingkungan akibat dari trend. Bagian ini sudah memasuki analisis dari pola pikir.
  • Merumuskan paradigma dan mindset. Paradigma yang dibangun harus sesuai dengan lingkungan sehingga dapat merumuskan mindset tertentu.

Mindset artinya pikiran yang mempengaruhi seseorang. Tidak ada salah dan benar dalam sebuah konsep mindset. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan disesuaikan dengan cara hidup seseorang.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *