Info Mudah

Komoditas Adalah Berhubungan Dengan Perdagangan, Yang Seperti Apa?

Banyak diantara kita sering mendengar kata “komoditas” namun ketika menguraikan makna yang sebenarnya dari komoditas tersebut sangat membingungkan. Padahal Komoditas adalah benda...

Written by Irfan · 1 min read >
Komoditas Adalah Berhubungan Dengan Perdagangan

Banyak diantara kita sering mendengar kata “komoditas” namun ketika menguraikan makna yang sebenarnya dari komoditas tersebut sangat membingungkan. Padahal Komoditas adalah benda yang bentuknya nyata dan diperdagangkan walaupun berukuran kecil ataupun besar. Jenis benda ini tentunya bisa disimpan dengan jangka waktu tertentu dan jika Anda ingin bisa menukarkannya dengan produk lain tetapi harus dengan jenis yang sama.

Komoditas Adalah Kata Yang Sudah Ada Sejak Dulu

Pada abad ke-15, kata komoditas sudah mulai dipakai di Inggris walaupun asal kata komoditas berasal dari Bahasa Perancis “commodite” yang memiliki arti sesuatu yang membuat siapa pun senang dari sisi layanan dan juga kualitasnya.

Berbeda di Indonesia, dimana arti kata Komoditas ini adalah suatu benda atau barang dagangan baik itu benda yang berasal dari bahan mentah atau benda yang sudah jadi.

Berbagai Jenis Komoditas Perdagangan

Setelah Anda mengetahui apa itu sebenarnya Komoditas dalam perdagangan, maka selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja jenis Komoditas tersebut. Ada 4 jenis Komoditas yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Komoditas Energi

Untuk jenis Komoditas yang pertama adalah Komoditas Energi dimana seluruh hasil produk baik tambang dan eksplorasi dapat dipakai sebagai bahan bakar oleh manusia. Jenis Komoditas ini diperjual belikan secara internasional dengan satuan ton, metrik dan juga barrel. Untuk jenis produk yang masuk dalam Komoditas Energi adalah batu bara, bensin, gas alam, dan minyak bumi.

  1. Komoditas Logam

Jenis Komoditas selanjutnya adalah Komoditas logam yaitu seluruh produk yang bisa diperoleh berasal dari pertambangan yang memiliki sifat logam. Untuk jenis Komoditas Logam yang merupakan produknya adalah logam berharga terdiri dari emas, perak, palladium dan juga platinum. Sedangkan untuk logam industri terdiri dari timah, aluminium, tembaga, cobalt, dan lain sebagainya.

  1. Komoditas Pertanian

Komoditas pertanian merupakan seluruh produk yang diperoleh dari hasil pertanian yang berguna untuk kebutuhan manusia. Untuk jenis Komoditas ini terdiri dari dua jenis dimana produk pertanian yang berasal dari beras, jagung, gandum, kedelai, dan lainnya. Sedangkan jenis lainnya adalah produk perhutanan yang terdiri dari kapas, sawit, dan lain-lain.

  1. Komoditas Peternakan

Jika Komoditas pertanian berdasarkan dari hasil pertanian, maka begitu juga dengan Komoditas peternakan dimana seluruh produknya bisa diperoleh dari hasil peternakan dan tentu cukup berguna untuk manusia. Beberapa jenis yang masuk ke dalam produk Komoditas, diantaranya hewan seperti sapi, ayam, ikan dan lainnya. Lalu daging, telur, susu dan juga pakan fauna ternak.

Keempat jenis Komoditas di atas tentu menambah informasi yang selama ini Anda cari. Dengan begitu Anda bisa membedakan dari tiap-tiap jenis Komoditas yang ada.

Kriteria Yang Harus Terpenuhi Untuk Sebuah Barang Yang Diperdagangkan di Dalam Komoditas

Di dalam Komoditas perdagangan, tentu sebuah produk atau barang yang diperdagangkan haruslah memenuhi kriteria yang berlaku. Kriteria-kriteria tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Jika dipasarkan maka produk atau barang tersebut harus mempunyai daya saing yang tinggi,
  2. Semua memanfaatkan potensinya dari berbagai sumber daya dan sebaiknya yang lokal,
  3. Tentunya harus ada nilai tambah bagi masyarakat,
  4. Memberikan benefit.

Komoditas adalah barang yang diperdagangkan dan harus memiliki 4 kriteria yang sudah disebutkan di atas. Karena dengan begitu barang tersebut mudah diperjual belikan dan memberikan manfaat untuk berbagai kalangan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *