Info Mudah

Ketahui Prosedur Operasi Caesar Dengan BPJS Sebelum Menggunakannya

Prosedur operasi caesar dengan BPJS harus diketahui oleh para ibu yang ingin melahirkan. BPJS memberikan layanan ini untuk mempermudah proses bersalin agar...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
Syarat dan Prosedur BPJS Untuk Operasi Caesar

Prosedur operasi caesar dengan BPJS harus diketahui oleh para ibu yang ingin melahirkan. BPJS memberikan layanan ini untuk mempermudah proses bersalin agar ibu dan bayi bisa mendapatkan penanganan yang cepat. Namun operasi caesar hanya bisa dilakukan jika terdapat indikasi medis. Artinya dokter harus menyarankan ibu tersebut melakukan operasi caesar karena membutuhkan penanganan yang lebih serius.

Banyak sekali faktor yang bisa membuat seorang ibu harus melahirkan secara caesar misalnya pendarahan, pembekuan darah, atau berbagai resiko lain yang membuat dokter harus memutuskan untuk penanganan operasi caesar. Seringkali yang menjadi kendala untuk melakukan tindakan ini adalah masalah biaya. Namun dengan adanya BPJS, Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai hal tersebut.

Anda bisa menjalani operasi caesar dan biayanya akan ditanggung oleh BPJS. Dengan begitu Anda bisa melahirkan dengan lebih tenang dan aman.

Berikut beberapa prosedur operasi caesar dengan BPJS

Syarat dan Prosedur BPJS Untuk Operasi Caesar

Untuk bisa mendapatkan layanan operasi caesar ketika melahirkan, Anda perlu memperhatikan prosedur operasi caesar dengan BPJS. Jika Anda tidak memahami dengan baik, maka bisa saja akan kesulitan. Untuk memperlancar prosesnya, mari simak beberapa prosedur yang telah ditentukan oleh BPJS untuk layanan operasi caesar.

1.Tidak berlaku untuk operasi yang sudah direncanakan

BPJS tidak melayani operasi caesar yang diinginkan oleh pasien. Artinya seorang ibu tidak boleh merencanakan operasi caesar sesuai dengan keinginannya. BPJS hanya melakukan layanan bagi para ibu yang memiliki keadaan darurat dan dokter yang merekomendasikannya untuk menjalankan operasi caesar.

Dokter yang melayani pasien di faskes tingkat satu akan memberikan surat rekomendasi jika memang kondisi bayi atau ibu tidak memungkinkan untuk melahirkan normal. Jika dokter memberikan rujukan karena memperhitungkan kondisi ibu dan bayi, maka BPJS akan menanggung biaya operasi caesar.

2.Pasien bisa langsung dibawa ke IGD jika mengalami kondisi darurat

Jika ibu hamil mengalami kondisi darurat seperti ketuban pecah atau yang lainnya, maka bisa langsung dibawa ke IGD rumah sakit rekanan BPJS. Jika kondisi tersebut mengharuskan ibu hamil mendapatkan tindakan operasi maka bisa langsung menunjukkan kartu BPJS nya untuk mendapatkan layanan.

Biaya akan dibebankan ke BPJS karena memang kondisi ibu hamil darurat dan perlu mendapatkan tindakan secepatnya.

3.Membawa rujukan yang diberikan oleh dokter faskes tingkat 1

Ketika Anda harus menjalankan operasi caesar, maka harus membawa surat rujukan yang diberikan oleh dokter yang memeriksa Anda di faskes tingkat 1. Mungkin saja ketika memeriksa, dokter mengindikasi sebuah gejala atau kondisi yang mengharuskan tindakan operasi caesar.

Kondisi ini membuat dokter akan memberikan Anda rujukan agar bisa mendapatkan layanan operasi caesar. Setelah mendapatkan surat rujukan, maka bawalah surat tersebut dan tunjukkan pada pihak rumah sakit sebelum melakukan operasi.

4.Kartu BPJS kesehatan dalam kondisi aktif

Untuk mendapatkan layanan operasi caesar, maka Anda harus menunjukkan kartu BPJS yang masih aktif. Tunggakan iuran bisa membuat kartu BPJS menjadi non aktif dan tidak bisa digunakan untuk operasi caesar. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda harus membayar semua iuran yang tertunggak ditambah denda.

Setelah membayar semua tagihan, Anda harus menunggu selama 30 hari barulah kartu BPJS Anda kembali aktif. Pastikan Anda membayar BPJS secara rutin agar bisa menggunakannya pada keadaan darurat.

Itulah prosedur operasi caesar dengan BPJS yang harus Anda ikuti jika ingin menggunakan layanannya. Jika Anda tidak mengikuti prosedur yang berlaku dengan baik, maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan layanan tersebut. Untuk itu sebaiknya sebelum menggunakannya, Anda perhatikan prosedurnya dengan baik dan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *