Info Mudah

Inilah Daftar Penyakit Kronis Yang Tidak Ditanggung BPJS

Daftar penyakit kronis yang tidak ditanggung BPJS harus diketahui oleh para pasien agar memahami apa saja pelayanan yang diberikan. Meskipun BPJS melayani...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
Gangguan ginjal akibat minuman keras

Daftar penyakit kronis yang tidak ditanggung BPJS harus diketahui oleh para pasien agar memahami apa saja pelayanan yang diberikan. Meskipun BPJS melayani beberapa pengobatan penyakit serius, namun BPJS juga memiliki aturan tersendiri untuk masalah pelayanan. BPJS tidak akan menanggung pengobatan untuk penyakit yang diakibatkan oleh ulah pasien sendiri seperti percobaan bunuh diri, mengkonsumsi obat dan lainnya.

Layanan BPJS hadir untuk bisa bergotong royong menjamin kesehatan masyarakat pada umumnya. Dengan adanya BPJS, maka masyarakat yang kesulitan memenuhi biaya pengobatan bisa terbantu. Untuk itu BPJS memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi oleh para peserta yang ingin menggunakan layanannya. Kebijakan ini ditentukan agar layanan kesehatan bisa diberikan secara merata sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Berikut daftar penyakit kronis yang tidak ditanggung BPJS

Beberapa penyakit kronis di bawah ini tidak ditanggung oleh BPJS karena tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Untuk lebih mengetahuinya, simaklah daftar penyakit kronis yang tidak ditanggung BPJS. Informasi ini perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal dari BPJS. Apa saja penyakit kronis yang tidak ditanggung BPJS, simak informasi di bawah ini.

1.Gangguan ginjal akibat minuman keras

Gangguan ginjal akibat minuman keras

Gaya hidup yang salah bisa menyebabkan penyakit menyerang tubuh seseorang. Misalnya saja karena terlalu banyak minum alkohol, maka bisa saja orang menderita penyakit ginjal dan lain sebagainya. Semua penyakit yang diakibatkan oleh kecerobohan penderita sendiri tidak ditanggung oleh BPJS.

Kondisi tersebut disimpulkan oleh BPJS menjadi sesuatu yang dibuat sendiri, bukan karena gangguan kesehatan. Sehingga BPJS tidak menanggung pengobatan penyakit tersebut.

2.HIV/AIDS

penyakit yang tidak ditanggung bpjs

Jenis penyakit kronis ini tidak ditanggung oleh BPJS karena dianggap sebagai kesalahan penderita itu sendiri. Penyakit ini bukan hanya mengancam kesehatan penderita saja, namun nyawa penderita juga bisa hilang karena penyakit ini.

Penyakit berbahaya tersebut bisa diderita akibat pergaulan bebas ataupun seks bebas yang dilakukan oleh seseorang. Selain itu penggunaan jarum suntik yang akibat obat-obatan terlarang juga bisa mengakibatkan orang menderita penyakit tersebut.

3.Hepatitis akibat narkoba

Hepatitis akibat narkoba

Penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh gaya hidup penderita atau kesalahan mengkonsumsi obat-obatan terlarang akan dikecualikan oleh BPJS. Sehingga BPJS tidak akan menanggung semua pengobatan penderita tersebut.

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang fungsi hati. Peradangan akan semakin parah ketika tubuh terkena virus. Penyakit ini cukup serius karena bisa mengakibatkan kematian.

4.Operasi yang berkaitan dengan estetika

penyakit yang tidak ditanggung bpjs

Beberapa operasi mungkin ingin dilakukan oleh orang seperti menghilangkan bekas luka dan lain sebagainya. Kondisi ini tidak ditanggung oleh pihak BPJS. Keadaan yang diakibatkan oleh kesalahan kerja atau kecelakaan kerja juga tidak ditanggung oleh BPJS.

Semua operasi yang dilakukan atas dasar nilai kecantikan tidak dianjurkan untuk dilakukan karena tidak ditanggung oleh pihak BPJS.

5.Tetanus akibat percobaan bunuh diri

Penyakit tetanus membuat sistem saraf mengalami gangguan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang meracuni tubuh. Gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah tegang, sakit dan kaku. Namun hal ini bukan hanya timbul akibat gangguan kesehatan saja. Namun juga bisa terjadi ketika orang melakukan percobaan bunuh diri.

Jika disimpulkan bahwa bahwa penyakit tersebut terjadi akibat percobaan bunuh diri, maka BPJS tidak akan menanggung biaya kesehatannya.

Baca jugaCara Melakukan Pendaftaran BPJS Kesehatan

Itulah daftar penyakit kronis yang tidak ditanggung BPJS. Beberapa penyakit tersebut tidak ditanggung karena beberapa alasan dan mempertimbangkan kondisinya. Hal ini membuat para peserta harus memahami layanan BPJS dengan baik. Sebagai peserta Anda harus memahami semua layanan BPJS dengan baik agar bisa mendapatkan perlindungan kesehatan yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *