Info Mudah

Cara Mudah Menghafal, Makin Kinclong dan Berprestasi

Menghafal merupakan suatu hal yang tidak asing lagi untuk dilakukan. Terutama saat Anda sedang duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah lanjutan....

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
cara mudah menghafal

Menghafal merupakan suatu hal yang tidak asing lagi untuk dilakukan. Terutama saat Anda sedang duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah lanjutan. Bagi Anak SD, menghafal merupakan kegiatan yang sering dilakukan terutama dalam sebuah mata pelajaran.

Dengan menghafal dan memahami berbagai pernyataan dan perintah, Anda dapat mengingatnya dengan mudah juga. Namun tidak semua orang dapat menghafal dengan mudah. Terdapat metode lain yang dilakukan agar bisa menghafal sebuah konteks. Itu semua tergantung cara belajar setiap orang yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang memiliki metode belajar menghafal, jangan khawatir. Kini terdapat tips agar Anda mudah dalam menghafal. Simak tipsnya berikut ini.

Cara Mudah Menghafal

cara-menghafal-dengan-cepat

Segarkan Dirimu

Cara mudah menghafal yang dapat Anda coba adalah menyegarkan diri Anda. Cara menyegarkan diri yaitu dengan mencari waktu yang tepat sesuai dengan kenyamanan Anda. Waktu yang tepat untuk menghafal yaitu saat pagi hari atau tengah malam karena kedua waktu tersebut dapat dibilang kondusif dan sepi. Tips itu jika sesuai dengan diri Anda yang suka dengan suasana sepi.

Waktu tersebut sangat sesuai jika Anda ingin mudah menghafal dan mudah juga untuk diingat. Selain itu, Anda bisa berkonsentrasi penuh, otak masih segar sehingga lebih bisa menghafal dengan cepat.

 

Pengkondisian Tempat

Saat melakukan hafalan, carilah tempat yang nyaman dan kondusif. Dengan kondisi tempat yang kondusif,maka Anda bisa menghafal lebih mudah.   Jika Anda memilih tempat yang kondusif maka Anda dapat berkonsentrasi penuh sehingga mudah dalam menghafal. Namun ada juga orang yang menghafal dalam kondisi ramai tidak dipermasalahkan, namun alangkah lebih baiknya tempat yang digunakan saat Anda melakukan hafalan yang kondusif dan nyaman agar mudah masuk ke otak.

 

Butuh Motivasi

Motivasi merupakan cara yang penting saat Anda menghafal. Tanpa motivasi pastinya Anda tidak dapat menerima apa yang sudah dihafalkan untuk diterima ke otak. Saat Anda tidak memiliki motivasi berarti Anda sedang mengalami stres. Stres sendiri dapat dibagi menjadi dua, yaitu stres yang berakibat buruk bagi kesehatan dan stres yang dapat membuat sehat.

Stres dengan jenis membuat pintar ini merupakan jenis stres yang dapat memaksakan diri untuk selalu bersemangat dan termotivasi. Stres yang membuat sehat ini akan menyebabkan hormon adrenalin yang ada di dalam tubuh terpompa sehingga segala kemampuan yang Anda miliki dapat keluar.

 

Minum Ramuan Herbal

Dalam hal ini ramuan herbal yang dimaksud, ramuan herbal yang membuat Anda merasa segar saat meminumnya. Anda dapat meminum teh anget, susu jahe hangat,  jahe hangat, dan teh hijau. Tujuannya agar Anda tidak mengantuk dan butuh minuman yang mampu menemani Anda saat menghafal.

Dengan Anda mengonsumsi minuman yang sehat, sehingga Anda dapat menghafal lebih mudah karena reaksi otak akan menerima segala hal yang sudah dihafalkan tadi saat minuman yang dikonsumsi dapat membuat otak dan badan relax.

 

Catat Kembali Apa yang Sudah Dihafal

Cara mudah menghafal yang terakhir yaitu dengan melakukan pencatatan kembali apa yang sudah dihafal. Hal ini bertujuan agar apa yang sudah dihafal akan terus teringat. Jika Anda sudah lancar dalam melakukan hafal maka Anda dapat mencatat poin-poin dalam materi yang dipelajari.

Saat Anda menghafal poin-poin penting tersebut akan mempermudah Anda saat mengingat. Jangan lupa poin-poin yang sudah dihafalkan tersebut langsung dicatat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *