Info Mudah

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP

Cara mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan dengan KTP perlu diketahui oleh masyarakat pada umumnya, karena seringkali yang terjadi adalah orang akan lupa...

Written by Bambang Winarso · 2 min read >
Cara-Cek-Nomor-BPJS-Melalui-Website

Cara mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan dengan KTP perlu diketahui oleh masyarakat pada umumnya, karena seringkali yang terjadi adalah orang akan lupa dengan nomor anggota BPJS. Jika Anda mengalami hal tersebut tidak perlu panik karena terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu BPJS. Anda hanya perlu menyiapkan KTP untuk bisa mengetahui nomor kartu BPJS.

Nomor kartu BPJS ini sangatlah penting dan seharusnya tidak boleh hilang atau lupa, karena ketika Anda ingin membayar iuran maka harus memasukkan nomor kartu. Jika Anda lupa maka bisa saja tagihan iuran akan tertunggak dan mengakibatkan keanggotaan BPJS Anda non aktif. Untuk itu ketika lupa segeralah mencari cara untuk bisa mengetahui nomor kartu BPJS kembali.

Berikut cara mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan dengan KTP

Bagi Anda yang sedang bingung tentang cara mengetahui nomor kartu BPJS dengan KTP, bisa menyimak beberapa cara di bawah ini. Tidak masalah jika Anda melupakan nomor kartu BPJS, yang penting Anda masih memiliki KTP. Tidak sulit bagi Anda yang ingin mengetahui nomor kartu BPJS, karena beberapa cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simaklah langkah-langkahnya di bawah ini.

1.Melalui SMS

Cara paling mudah untuk mendapatkan kembali nomor kartu BPJS kesehatan Anda adalah dengan menggunakan fasilitas SMS gateway. Anda hanya perlu mengikuti format dan mengirimkannya ke nomor 087775500400. Formatnya adalah NIK<spasi>No KTP. Anda akan mendapatkan balasan berupa informasi terkait dengan No KTP yang dikirimkan.

2.Melalui sistem online

Cara-Cek-Nomor-BPJS-Melalui-Website

  • Sistem online ini menggunakan website sebagai medianya. Dengan adanya sistem ini, seluruh peserta bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Anda bisa mengakses website tersebut melalui ponsel ataupun laptop. Sistem ini cukup fleksibel dan hanya memanfaatkan internet, sehingga Anda bisa mudah melakukannya. Berikut caranya.
  • Buka website resmi BPJS kesehatan Jika Anda tidak mengetahuinya maka bisa memasukkan kata kunci BPJS pada halaman pencarian.
  • Pilihlah website yang paling atas karena itu merupakan website resminya.
  • Setelah masuk ke halaman utama website BPJS kesehatan, Anda akan melihat berbagai pilihan menu. Anda bisa mengakses semua menu yang dibutuhkan melalui website.
  • Untuk mengetahui nomor kartu BPJS, pilihlah menu Cek Iuran Peserta.
  • Akan muncul halaman formulir yang mengharuskan Anda menginput beberapa informasi. Masukkan salah satu nomor kartu BPJS keluarga Anda yang berada dalam satu KK.
  • Masukkan tanggal lahir sesuai dengan data yang terdapat di kartu anggota keluarga lain. Jangan lupa memasukkan kode validasi yang muncul. Klik Cek untuk menampilkan hasil.
  • Akan muncul seluruh data peserta yang tergabung dalam satu KK. Dari data tersebut Anda bisa melihat data nomor kartu yang Anda lupakan sebelumnya.
  • Anda bisa mencatat nomor kartu yang dicari dan menyimpannya dengan baik. Bukan hanya nomor kartu saja yang ditampilkan, namun status, nama peserta dan lain sebagai juga ditampilkan secara lengkap.

3.Melalui call center

Bagi Anda yang ingin mengetahui nomor kartu BPJS bisa langsung menghubungi call center di 1500400. Anda akan diminta untuk menyebutkan No KTP, nama dan tanggal lahir. Dengan data tersebut nantinya call center akan menginformasikan nomor kartu BPJS Anda dengan cepat.

4.Melalui Twitter

Anda juga bisa menggunakan Twitter untuk menanyakan informasi BPJS Kesehatan anda,  Akun Twitter BPJS Kesehatan dapat dibuka di @BPJSKesehatanRI.

Sama seperti Facebook, peserta mengajukan pertanyaan dengan melakukan tweet ke akun Twitter tersebut. Nantinya admin merespons pertanyaan dengan memberi informasi nomor BPJS Kesehatan sebagaimana pertanyaan yang diajukan.

Biasanya admin akun Twitter BPJS Kesehatan bakal meminta informasi, seperti:

  • Nama Lengkap
  • Tanggal Lahir
  • NIK KTP

Peserta diminta mengirimkan informasi di atas melalui fitur Direct Message (DM) pada Twitter. Dari informasi tersebut, admin Twitter BPJS Kesehatan bisa menginformasikan nomor BPJS ke peserta.

5.Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Sebenarnya, informasi layanan BPJS Kesehatan makin mudah dijangkau dengan install aplikasi Mobile JKN. Di aplikasi tersebut banyak fitur yang mempermudah peserta dalam memperoleh informasi.

Fitur-fitur Mobile JKN antara lain:

  • Fitur Peserta, fitur ini menyediakan informasi nomor BPJS peserta dan para anggota keluarganya. Terus di fitur ini data peserta bisa diubah, seperti pindah faskes ataupun pindah kelas perawatan. Fitur ini juga bisa menampilkan kartu JKN atau BPJS.
  • Fitur Tagihan, fitur ini menyediakan informasi tagihan iuran peserta, cara melakukan pembayaran yang terhubung ke channel pembayaran, mengetahui nomor Virtual Account, hingga informasi riwayat pembayaran iuran.
  • Fitur Pelayanan, fitur ini membantu peserta mendaftarkan diri di Faskes Tingkat Pertama. Terus di fitur ini peserta juga bisa memberi penilaian layanan di faskes yang dipilih.
  • Fitur Umum, fitur ini memberi informasi seputar program JKN KIS. Peserta juga bisa mengetahui lokasi Kantor BPJS Kesehatan, Faskes Tingkat Pertama, hingga Faskes Tingkat Lanjutan.
  • Fitur Pengaduan Keluhan, yang membantu peserta dalam menyampaikan keluhan terkait layanan BPJS Kesehatan.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, peserta gak perlu khawatir lagi apakah udah membayar tagihan atau belum, lupa nomor kartu BPJS, hingga kehilangan kartu JKN KIS. Semua hal tersebut tersimpan dalam aplikasi Mobile JKN.

Demikianlah cara mengetahui nomor kartu BPJS dengan KTP. Beberapa cara tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat jika memahami setiap langkahnya dengan baik. Untuk itu diharapkan, Anda bisa melakukan langkah-langkah sekaligus mempraktekkannya. Dengan begitu maka cara mengetahui nomor BPJS akan berjalan dengan lebih efektif. Secara cepat Anda bisa mengetahui lagi nomor keanggotaan BPJS yang dimiliki.

5 Replies to “Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *