Info Mudah

Cara mendidik anak-anak untuk mencintai bumi dan isinya

Bumi yang kita tinggali merupakan sebuah anugrah terindah dari sang pencipta alam semasta beserta seluruh isinya. Waktu yang terus berjalan setiap harinya...

Written by Dwi · 2 min read >
Cara mendidik anak-anak untuk mencintai bumi dan isinya [633 Kata]

Bumi yang kita tinggali merupakan sebuah anugrah terindah dari sang pencipta alam semasta beserta seluruh isinya. Waktu yang terus berjalan setiap harinya telah membuat beberapa kerusakan, hal ini tidak terlepas dari peran manusia sendiri. Bencana alam yang terjadi juga bisa dikatakan bukan karena alam, namun ada juga bencana alam akibat dari ulah manusia. Kerusakan lingkungan ini jika dibiarkan atau terabaikan akan berdampak buruk untuk generasi kedepan. Kita juga tidak ingin melihat dampak buruk yang terjadi nantinya pada anak-anak kita bukan. Untuk itu memberikan pendidikan bagaimana anak kita untuk mencintai bumi dan isinya adalah cara paling baik.

Tentunya hal ini harus didasari oleh pengetahuan Anda juga yang kemudian diberikan pada anak. Kami telah merangkum cara mendidik anak-anak untuk mencintai bumi dan isinya di bawah ini. Dengan bekal bacaan ini, mungkin Anda akan jauh lebih baik untuk memberikan pendidikan yang tepat pada anak Anda. Berikut ini penjelasan singkat yang dapat kami berikan untuk Anda di sini.

Cara mendidik anak-anak untuk mencintai bumi dan isinya

Cara mendidik anak-anak untuk mencintai bumi dan isinya [633 Kata]

1.Berikan pendidikan anak tentang cara berkebun sejak dini

Peran orang tua wajib untuk menunjukkan cinta mereka pada lingkungan yang ditujukan langsung kepada anak-anak Anda. Cara ini adalah yang terbaik untuk memberikan pendidikan anak bagaimana cara berkebun yang benar dalam kehidupan ini. Ceritakan pad anak-anak tentang pentingnya menanam bunga dan juga pohon yang dapat menghasilkan oksigen setiap harinya. Selain itu Anda dapat mengajak anak-anak untuk berkebun yang bisa membuatnya lebih bertanggung jawab tentang pentingnya menanam tumbuhan dan mereka juga wajib untuk terus merawatnya secara teratur hingga waktu panen didapatkan.

2.Mengajarkan anak-anak lebih hemat energi

Untuk yang kedua memberikan pendidikan pada anak-anak untuk mencintai bumi dan isinya adalah dengan hemat energi. Berikanlah dorongan untuk anak-anak agar lebih menghemat energy seperti kurangi penggunaan cahaya, menonton TV, gadget, atau menyalakan barang-barang elektronik lainnya. Jika seorang anak dapat menghemat energi, maka hal ini akan menjadi tindakan nyata dan juga menjadi sebuah pelajaran penting baginya tentang kelangsungan hidupnya untuk melindungi Bumi ini. Selalu ingatkan anak-anak untuk mematikan peralatan listrik rumah jika mereka tidak menggunakannya lagi.

3.Ceritakan pada anak-anak tentang keadaan bumi saat ini

Yang selanjutnya untuk Anda berikan pendidikan pada anak yaitu ceritakan pada anak-anak Anda tentang keadaan bumi saat ini. Ajaklah anak-anak untuk melihat lingkungan dan berbicara tentang apa yang membuat mereka menjelajahi keadaan Bumi lebih dalam dengan cerita dan cara yang menyenangkan. Dengan memberikan pendidikan tentang keadaan bumi pada anak-anak sejak usia dini, hal ini penuh dengan harapan besar bahwa dia semakin mencintai Bumi dan juga bertanggung jawab atas pelestarian Bumi hingga tingkat yang lebih besar. Jangan lupa juga untuk menceritakan tentang bahayanya plastic yang tidak bisa terurai pada waktu singkat hal ini dapat mengancam ekosistem alam dan juga Anda menjelaskan tentang adanya pemanasan global yang diakibatkan dari asap mobil, atau asap pabrik, dan kebakaran hutan serta lainnya.

4.Ajaklah anak-anak untuk berjalan dan bersepeda bersama

Memberikan pelajaran pada anak-anak untuk mencintai lingkungan sangat penting dan bisa Anda diberikan sejak dini. Langkah penting di sini yaitu membiasakan anak-anak untuk berjalan atau bersepeda sehingga mereka dapat pergi ke tempat-tempat yang masih dapat diakses tanpa memerlukan kendaraan lain. Kedua kegiatan ini akan mengurangi penggunaan kendaraan yang dapat menyebabkan polusi. Dimana kita tahu bahwa polusi bisa mencemari bumi tercinta.

5.Ajak anak untuk tidak menggunakan kantong plastik

Cara mencegah suhu global naik adalah dengan ajarkan anak-anak mencintai bumi sejak dini. Meskipun salah satu faktor penyebab perubahan iklim adalah kerusakan lingkungan akibat banyaknya sampah plastik. Mungkin sampai hari ini, Anda selalu memakai kantong plastik karena punyai sifat yang fleksibilitas dan kepraktisannya untuk pengemasan. Ternyata dibalik ini, kantong plastik sangat berbahaya dan menyebabkan kerusakan lingkungan. Cara termudah yang dapat dilakukan anak-anak untuk menyelamatkan bumi adalah dengan mengurangi pemakaian kantong plastik. Mulailah dengan memberikan contoh pada anak-anak menggunakan tas belanja atau tas dari rumah. Jika anak menyadari aktivitas ini sejak dini, maka mereka akan selalu melakukannya setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *