Info Mudah

Cara Membuat Surat Pernyataan Hutang

Surat pernyataan hutang adalah perjanjian tertulis berupa surat yang harus dimiliki oleh pemberi pinjaman dan orang yang berhutang. Hutang piutang merupakan masalah...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Surat pernyataan hutang

Surat pernyataan hutang adalah perjanjian tertulis berupa surat yang harus dimiliki oleh pemberi pinjaman dan orang yang berhutang. Hutang piutang merupakan masalah yang sangat sensitif sehingga harus jelas perjanjian yang dibuat. Meskipun yang meminjam uang adalah teman dekat, penting untuk membuat perjanjian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Seringkali karena masalah hutang, antara satu orang dengan yang lainnya sering terlibat pertengkaran. Pemicunya terdiri dari berbagai macam alasan seperti orang yang berhutang tidak mau membayar, kesalahpahaman pembayaran dan penerimaan uang terkait hutang, perasaan tidak enak si pemberi hutang, dan lain sebagainya.

Maka dari itu penting untuk dapat membuat surat pernyataan resmi yang diketahui oleh kedua belah pihak dan disepakati bersama. Di bawah ini akan dibahas mengenai komponen yang harus diisi dalam surat pernyataan hutang juga manfaat adanya surat perjanjian hutang.

Komponen Penting Dalam Surat Pernyataan Hutang

Pembuatan surat perjanjian hutang piutang sebenarnya tidak memerlukan format baku tersendiri. Yang terpenting adalah beberapa komponen di bawah ini harus dituliskan dengan jelas. Adapun komponen tersebut diantaranya:

  • Judul. Pemberian judul penting untuk mengetahui perihal hutang piutang tersebut. Dalam judul bisa dibuat “Surat Perjanjian Hutang”
  • Identitas kedua belah pihak. Identitas yang tercantum seperti nama, nomor KTP, pekerjaan, alamat, dan nomor yang dapat dihubungi. Identitas pemberi pinjaman dan penerima pinjaman harus ditulis dengan jelas tidak ada kesalahan.
  • Jumlah dan maksud dari pinjaman. Dalam klausul ini harus tertulis jelas terbilang dan angka jumlah pinjaman yang diberikan. Maksud peminjaman juga dapat dituliskan untuk memperjelas surat pernyataan tersebut agar di kemudian hari si peminjam ingat perihal pinjaman tersebut.
  • Waktu pengembalian dan mekanismenya. Disini dapat diatur mengenai jatuh tempo pembayaran hutang misalnya setiap bulan dilakukan pencicilan pembayaran atau dibayarkan sekali dalam jangka waktu tertentu. Jika ada bunga hutang juga dituliskan dalam klausul ini. Mekanisme pembayaran juga penting apakah akan dilakukan transfer, pembayaran secara tunai atau yang lainnya.
  • Jaminan. Adanya jaminan juga dapat dicantumkan apabila jumlah nominal peminjaman cukup besar. Jaminan dapat merupakan emas, sertifikat tanah, atau barang lainnya yang hampir setara dengan jumlah pinjaman.
  • Kompensasi pinjaman. Apabila peminjam tidak dapat membayar pinjaman tepat waktu, maka biasanya diberikan kompensasi waktu lebih sekitar beberapa minggu.
  • Menyelesaikan perselisihan. Apabila di kemudian hari terjadi masalah harus dicantumkan klausul mengenai penyelesaian perselisihan.

Manfaat Pembuatan Surat Perjanjian Hutang

Beberapa manfaat membuat surat perjanjian hutang diantaranya:

  • Menghindari kemungkinan resiko terburuk. Resiko terburuk yang terjadi misalnya si peminjam kabur dan tidak membayar hutangnya. Atau bahkan si peminjam meninggal dunia. Maka dari itu adanya surat akan memperjelas klausul penyelesaian bila terjadi hal tersebut di atas.
  • Menghindari terjadinya perselisihan akibat hutang, Perselisihan atau perbedaan pendapat sering terjadi. Apabila ini terjadi maka dapat melihat kembali surat perjanjian yang dibuat untuk dapat menyelesaikan masalah.
  • Kejelasan waktu transaksi, besaran hutang, pembayaran, dan pihak yang terlibat. Dalam surat hutang piutang telah tercantum lengkap tentang komponen yang harus diisi. Maka dari itu adanya surat perjanjian akan dapat mengingatkan dan menjelaskan perihal hutang tersebut.

Hutang piutang merupakan masalah yang harus dapat diselesaikan dengan baik. Si peminjam harus sadar akan dirinya dan bersedia mengembalikan pinjaman yang diambil. Si pemberi pinjaman telah memberikan kesempatan untuk menggunakan uang yang dipinjam. Maka dari itu adanya surat pernyataan hutang sangat penting untuk setidaknya sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi hal yang buruk.

Tags:

BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

Irfan in Info Mudah
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *