Info Mudah

Cara Melakukan Pendaftaran BPJS Kesehatan

Info Mudah – Saat ini hampir semua fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia baik itu rumah sakit atau klinik atau bidan sudah...

Written by Yoko Widito · 2 min read >
cara-mudah-daftar-bpjs-1

Info Mudah – Saat ini hampir semua fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia baik itu rumah sakit atau klinik atau bidan sudah melayani peserta BPJS Kesehatan dalam memenuhi hak kesehatan mereka.

Sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 BPJS Kesehatan adalah program Jaminan Kesehatan Nasional yang dimiliki pemerintah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi hak kesehatan.

Bagi anda yang belum memiliki BPJS, berikut kami berikan urutan cara mendaftar BPJS Kesehatan yang bisa anda lakukan sendiri.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

cara-mudah-daftar-bpjs-1

Sangat mudah untuk melakukan pendaftaran BPJS secara mandiri tanpa meminta bantuan orang lain.

Cara melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan untuk umum

  1. Calon peserta BPJS bisa mendatangi kantor BPJS terdekat.
  2. Isi formulir yang diminta dengan membawa kartu identitas resmi (salah satu) KTP, SIM, KK atau Paspor
  3. Setelah pendaftaran selesai dilakukan sesuai dengan kelas yang anda pilih, anda akan mendapatkan Virtual Account yang selanjutnya akan anda gunakan sebagai nomer pembayaran premi BPJS.
  4. Bagi anda yang mendaftar selain golongan PBI, anda diharuskan untuk membayar biaya kepesertaan BPJS sesuai dengan kelas yang anda pilih. Setelah anda membayar, maka proses pendaftaran sudah selesai.
  5. Golongan PBI setelah mendapatkan nomer virtual account maka proses pendaftaran sudah selesai karena biaya kepesertaan anda ditanggung oleh pemerintah.
  6. Anda akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan yang bisa anda gunakan sesuai dengan fasilitas kesehatan dan kelas yang sudah anda pilih.

Cara melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan untuk karyawan yang sebelumnya menggunakan Jamsostek

  1. Bagi anda yang sebelumnya sudah menggunakan Jamsostek, pendaftaran BPJS Kesehatan bisa anda lakukan melalui perusahaan tempat anda bekerja.
  2. Perwakilan perusahaan bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan Umumirtual Account untuk seluruh karyawan dalah satu perusahaan yang terdaftar.
  3. Bayar sejumlah premi per karyawan yang dikalikan dengan total karyawan dalam satu perusahaan untuk mengaktifkan BPJS Kesehatan.
  4. Setelah semua proses pendaftaran selesai dilakukan oleh perwakilan perusahaan, karyawan perusahaan akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan.

Cara melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan untuk PNS, TNI, POLRI dan para peserta yang sebelumya sudah menggunakan Askes

  1. Secara umum pendaftarannya sebenarnya adalah sama, namun prosesnya akan sedikit lebih mudah karena data data yang diperlukan sudah ada di kantor BPJS.
  2. Pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara mandiri ataupun berbarengan dengan peserta lainnya (kolektif) di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan menyertakan bukti kartu Askes yang sudah anda miliki sebelumnya.
  3. Setelah semua proses pendaftaran selesai dilakukan, anda akan menerima kartu BPJS Kesehatan yang sudah bisa anda gunakan.

Layanan kesehatan yang dijamin oleh BPJS

cara-mudah-daftar-bpjs-2

Pelayanan yang dijamin oleh BPJS terhitung cukup lengkap, anda bisa melihat daftar rinciannya berikut ini.

1.Layanan kesehatan tingkat pertama

Layanan kesehatan tingkat pertama ini adalah layanan kesehatan non spesialistik yang bisa anda dapatkan di Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang bisa anda lihat di kartu BPJS anda. Layanan ini mencakup :

  • Administrasi layanan kesehatan.
  • Layanan promotif dan preventif.
  • Pemeriksaan, tindakan dan konsultasi yang berkaitan dengan medis.
  • Tindakan medis non spesialstik, termasuk di dalamnya operatif atau non operatif.
  • Obat dan alat alat medis yang habis dipakai.
  • Transfusi darah sesuai kebutuhan.
  • Rawat inap tingkat pertama yang meliputi non intensif dan intensif.

2.Layanan kesehatan tingkat lanjutan

Layanan kesehatan tingkat lanjutan ini adalah layanan kesehatan spesialistik yang bisa anda dapatkan di Rumah Sakit dengan rekomendasi dari Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang bisa anda lihat di kartu BPJS anda. Layanan ini mencakup :

  • Administrasi layanan kesehatan.
  • Pemeriksaan, tindakan dan konsultasi yang berkaitan dengan medis oleh dokter spesialis dan subspesialis.
  • Tindakan medis spesialstik.
  • Obat dan alat medis yang habis dipakai serta alat kesehatan implant.
  • Layanan kesehatan tingkat lanjutan.
  • Transfusi darah sesuai kebutuhan.
  • Layanan forensic
  • Layanan jenazah
  • Rawat inap tingkat lanjutan yang meliputi non intensif dan intensif.

3.Layanan kesehatan lainya yang ditetapkan.

Cara pembayaran BPJS Kesehatan

cara-mudah-bayar-bpjs

Cara pembayaran biaya keanggotaan BPJS berbeda sesuai dengan golongan seperti yang tertulis pada Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013.

Mereka yang masuk ke dalam golongan PBI tidak perlu mengeluarkan biaya karena biaya kepesertaan mereka ditanggung oleh pemerintah. Namun mereka yang masuk ke dalam golongan Non PBI memiliki nominal iuran yang berbeda beda sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Golongan pekerja penerima upah berupa potongan sebesar 5% dari gaji atau upah yang diterima setiap bulannya. Dimana besarannya adalah 4% dibayar oleh pemberi kerja dan 1% dibayar oleh peserta. Pemotongan ini tidak dilakukan sekaligus namun dalam beberapa tahap

Golongan pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja akan membayar iuran secara mandiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan membayar masing masing peserta

Bagaimana kalau terjadi kelebihan atau kekurangan pembayaran biaya kepesertaan?

Saat terjadi kelebihan atau kekurangan biaya kepesertaan, pihak BPJS Kesehatan akan mengkalkulasi kekurangan atau kelebihannya.

Jika terjadi kelebihan pembayaran maka akan diperhitungkan dengan mengurangi pembayaran biaya kepesertaan BPJS Kesehatan pada bulan berikutnya. Dengan begini kelebihan pembayaran tidak akan hilang begitu saja.

Jika terjadi kekurangan pembayaran, maka akan ada pemberitahuan tertulis dan bisa dilunasi sekurang kurangnya 14 hari kerja sejak pembayaran diterima oleh BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *