Cara Melacak Pengiriman Barang di Tokopedia

2 min read

cara-melacak-pengiriman-barang-di-tokopedia-2

Cara Melacak Pengiriman Barang di Tokopedia – Marketplace saat ini adalah tempat yang paling banyak dikunjungi orang untuk membeli barang tanpa harus mendatangi lokasi berjualan. Salah satu yang paling populer saat ini adalah Tokopedia yang menawarkan banyak keuntungan berbelanja. Mulai dari harga yang murah, produk yang tersedia sangat banyak dan beragam, promo menarik dari Tokopedia dan masih banyak lagi.

Sistem penjualan di Tokopedia menganut sistem escrow, dimana Tokopedia adalah pihak netral yang menyimpan dana sementara dari pembeli, dan saat barang sudah benar benar sampai ke tangan penjual dana tersebut akan diteruskan ke pihak penjual. Dengan adanya sistem ini jual beli online menjadi lebih aman dan terpercaya.

Pengguna Tokopedia sudah sangat banyak dan akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya era digital yang membuat berbelanja di toko online menjadi lebih praktis dibandingkan berbelanja di toko fisik.

Kalau dulu banyak keraguan mengenai toko online, kalau anda berbelanja di Tokopedia semua keraguan itu akan benar benar sirna. Sampai saat ini belum pernah ada kasus penipuan yang dilakukan oleh Tokopedia, kalaupun ada pelakunya adalah seorang oknum bukan Tokopedia dan tentunya permasalahannya dapat terantisipasi dengan sistem pembayaran yang diterapkan oleh Tokopedia.

Disinilah anda harus berhati hati dan untungnya berkat sistem Tokopedia yang memungkinkan anda untuk memonitor semua transaksi yang anda lakukan bisa membuat anda terhindar dari kasus penipuan yang banyak membuat orang kapok melakukan belanja online.

Setelah anda selesai melakukan belanja online di Tokopedia dan menyelesaikan pembayaran anda bisa melihat status pemesanan yang bisa anda cek melalui notifikasi atau anda bisa cek gambar dibawah ini.

Disini anda bisa melihat apakah pesanan anda masih menunggu konfirmasi, sudah diproses, sedang dalam pengiriman atau sudah sampai. Cukup detil proses pesanan yang bisa anda lacak untuk keamanan transaksi anda. Ada beberapa tahapan yang dilalui sebelum pesanan sampai di tangan penjual.

Ada 4 tahapan sebelum pesanan diteruskan ke penjual

cara-melacak-pengiriman-barang-di-tokopedia-1

1.Pembeli melakukan check out order, pada proses ini pembeli diharuskan memasukkan jumlah barang yang akan dibeli dan detil alamat pengiriman

2.Setelah check out order masuk ke dalam sistem, maka sistem akan menunggu pembeli menyelesaikan proses pembayaran dan verifikasi. Mengenai cara pembayaran anda bisa memilih sendiri metode pembayaran yang anda lakukan.

3.Saat pembayaran sudah dilakukan proses verifikasinya hanya memakan hitungan menit dan pesanan anda langsung diteruskan ke tangan penjual.

4.Penjual yang sudah menerima order anda siap untuk memproses pesanan anda.

Untuk selanjutnya dan sudah bisa mulai memantau proses pembelian anda melalui notifikasi pada aplikasi anda. Anda bisa mulai melacak pengiriman anda saat pesanan anda sudah memasuki tahap sedang diproses. Saat pesanan sudah mulai dikirim dan diproses, penjual akan memasukkan nomer resi yang bisa anda lacak pengirimannya.

cara-melacak-pengiriman-barang-di-tokopedia-2

1.Masuk ke aplikasi Tokopedia melalui ponsel anda.

2.Klik icon notifikasi yang ada di pojok kanan atas atau anda bisa melihat pada gambar dibawah ini.

3.Pada menu transaksi anda bisa memilih Sedang Dikirim

4.Pilih menu lacak/track pada pesanan yang ingin anda lacak dan memantau perjalanannya.

Perjalanan paket anda akan tertampil di aplikasi sesuai dengan tracking yang dilakukan dari ekspedisi yang anda gunakan.

Baca jugaCara Membeli Pulsa Ponsel di Tokopedia Menggunakan OVO

cara-melacak-pengiriman-barang-di-tokopedia-3

Sistem juga akan melakukan proses verifikasi resi yang dimasukkan, jadi saat penjual memasukkan resi yang tidak seharusnya bisa mulai ketahuan pada tahap ini dan anda sudah seharusnya curiga terhadap penjual yang bersangkutan. Disini anda bisa bertanya langsung ke penjual mengenai kesalahan ini. Kalau anda mengalami kesulitan anda bisa juga meminta bantuan dari Tokopedia untuk menengahi masalah ini.

Apabila barang sudah sampai akan muncul notifikasi melalui aplikasi kalau barang sudah sampai dan anda bisa menyelesaikan pesanan tersebut dengan menekan tombol selesai. Namun sebelum menekan tombol selesai pastikan kalau barang yang anda terima sudah benar dan tidak ada kendala.

Jangan lupa untuk memberikan review kepada toko tersebut, kalau barang yang anda terima memuaskan jangan ragu untuk memberikan bintang 5 ke toko tersebut dengan segala pelayanannya.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *