Info Mudah

BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

Dalam rangka memberi pelayanan maksimal kepada peserta, BPJS Ketenagakerjaan mengenalkan nomor baru pada tahun 2019 lalu. Nomor tersebut menggantikan nomor yang digunakan...

Written by Irfan · 1 min read >
BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

Dalam rangka memberi pelayanan maksimal kepada peserta, BPJS Ketenagakerjaan mengenalkan nomor baru pada tahun 2019 lalu. Nomor tersebut menggantikan nomor yang digunakan sebelumnya yakni 1500910, ke nomor yang lebih sederhana yakni 175.

Perubahan BPJS Ketenagakerjaan Kontak

Nomor call centre ini sebenarnya telah beberapa kali mengalami perubahan, pertama di tahun 2013 dimana BPJS Tenaga Kerja pertama kali memperkenalkan enam angka sebagai call centre yaitu 500910.

Empat tahun kemudian yakni pada 2017, call centre mengalami penambahan satu angka menjadi 1500910. Barulah di tahun 2019 lalu, angka kembali dikecilkan hanya dengan tiga digit. Kontak tersebut juga terintegrasi dengan surat elektronik atau email.

Perubahan ini diharap mampu memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan, serta kemudahan akses lainnya yang berkaitan. Selain itu, layanan ini juga menjadi satu-satunya kanal informasi yang telah diintegrasi berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Dalam regulasi tersebut, menyebutkan perihal Rencana Dasar Teknis Telekomunikasi guna memudahkan masyarakat. Penyederhanaan ini sengaja dilakukan, agar masyarakat lebih mudah mengingat hanya dengan tiga angka saja.

Program ini, merupakan bagian untuk penyempurnaan, pengembangan sekaligus peningkatan agar pelayanan bisa diakses lebih cepat dibanding sebelumnya. Perubahan ini juga merujuk pada aturan Kode Akses Pusat Layanan Masyarakat, yang berkelanjutan.

BPJS Ketenagakerjaan Kontak yang Baru

Prosedur Menghubungi Call Centre BPJS Tenaga Kerja

Sebagai inovasi terbaru dari BPJS Tenaga Kerja, ada sejumlah media guna menghubungi layanan masyarakat tersebut, melalui beberapa cara seperti berikut ini.

1. Call Centre BPJS Ketenagakerjaan dengan Ponsel

Sebagaimana nomor yang tercantum yakni 175, Anda cukup menekan ketiga angka tersebut untuk kemudian menyambungkan ke call centre BPJS Tenaga Kerja. Dengan begitu, Anda bisa langsung menyampaikan keluhan serta pertanyaan yang relevan.

2. Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk Layanan Pengguna

Selain via ponsel dengan nomor 175, cara lain yang bisa dilakukan untuk menyampaikan keluhan serta menerima informasi adalah mendatangi kantor BPJS Tenaga Kerja terdekat berdasarkan domisili Anda. Setiap daerah, terutama kota besar memiliki kantor BPJS Tenaga Kerja sebagai pusat layanan.

Fungsi Call Centre untuk Iuran

Salah satu fungsi yang paling banyak digunakan pada call centre adalah seputar pembayaran, atau iuran BPJS. Iuran tersebut merupakan nominal yang mesti dibayarkan kepada perusahaan yang terdaftar sebagai peserta.

Setiap pekerja yang telah didaftarkan ke dalam program BPJS Tenaga Kerja, otomatis bakal mendapat sejumlah manfaat sebagai berikut:

  • Jaminan Kematian
  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Kecelakaan Kerja
  • Jaminan Pensiun

Seluruh rincian tersebut kemudian bakal diakumulasi, ke dalam iuran resmi untuk selanjutnya disetorkan dan menjadi jaminan tergantung jenisnya.

Program Layanan Cepat Tanggap

Tak hanya mengubah kontak informasi dan layanan. Pada waktu yang sama, BPJSTK juga turut meresmikan layanan terbaru yang diperuntukkan sebagai pelayanan cepat tanggap dalam menghadapi musibah dan bencana.

Baca juga: Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Diresmikan dengan singkatan nama (LCT), layanan ini memberi akses kepada peserta BPJS Tenaga Kerja sebagai objeknya. Peluncuran ini juga merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah pihak, termasuk tim bencana.

Tim bencana yang telah ditetapkan tersebut, bakal langsung bergerak dengan optimal guna memberi layanan yang memuaskan bagi masyarakat. Selain tim bencana, ada pula kerja sama dengan Rumah Sakit Pusat Layanan Kecelakaan (PLKK), Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta Badan Penanggulangan Daerah (BPBD).

Dengan mengetahui BPJS Ketenagakerjaan kontak, peserta tentu bisa lebih mudah terintegrasi. Jadi, pastikan Anda memanfaatkan layanan tersebut dengan masif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *