Info Mudah

Bagian-Bagian Contoh Surat Resmi Yang Wajib Diketahui

Adapun contoh surat resmi ada tiga diantaranya adalah surat undangan, surat pemberitahuan dan surat dinas. Untuk surat resmi sendiri atau bisa disebut...

Written by Irfan · 1 min read >
bagian surat resmi

Adapun contoh surat resmi ada tiga diantaranya adalah surat undangan, surat pemberitahuan dan surat dinas. Untuk surat resmi sendiri atau bisa disebut dengan surat pribadi biasanya diberikan untuk satu orang misalnya saja sahabat, keluarga atau orang terkasih.

Bagian-Bagian Contoh Surat Resmi Yang Wajib Diketahui

  • Kop Surat

Ketika ingin membuat surat resmi, pastikan di dalam kop surat berisi nama instansi, organisasi, dan yayasan yang dituju ketika membuat surat tersebut. Dan jangan lupakan soal nama yang harus ditulis dengan huruf besar. jika sudah, Kamu harus menuliskan alamat sekretariat instansi dari lembaga, organisasi ataupun yayasan yang ingin dituju. Padukan huruf besar kecilnya, pada bagian kiri dari kop surat ada logo yang harus diletakkan.

  • Nomor, Lampiran, Hal

Langkah yang kedua yang perlu dilakukan adalah mengurutkan nomor surat yang disesuaikan dengan keluarnya dalam satu periode. Di dalam contoh surat resmi berisi lampiran yang dengan jumlah lembar yang diletakkan di belakang surat.

Yang perlu diketahui jika di dalam surat resmi tidak selalu ada lampiran. Sedangkan “Hal” berisi surat secara garis besar. misalnya, surat undangan di dalamnya berisi pemberitahuan, laporan dan masih banyak lagi. namun, berbeda jika surat tersebut bersifat penting pasti pada bagian bawahnya ada tulisan memo yang berbunyi “sifat surat penting”.

  • Tanggal Surat

Untuk bagian yang ketiga ini Anda harus mencantumkan tanggal surat. Untuk peletakannya Anda bisa diletakkan di bagian kanan surat, letakkan sejajar dengan nomor surat. Untuk Anda yang masih bingung, Anda bisa belajar dari contoh-contoh surat yang ada di internet.

  • Tujuan Nama Dan Alamat Yang Jelas

Letaknya tepat di bawah perihal. Jadi, surat resmi harus terdapat  nama dan alamat yang dituju. Namun yang perlu diketahui adalah sebelum Anda menuliskan nama dan alamat  pastikan Anda mendahulukan “Kepada Yth” terlebih dahulu, jangan sampai lupa ya.

  • Salam Pembuka

Langkah selanjutnya untuk membuat surat resmi adalah terletak pada salam pembuka. Anda bisa menulis pembukaan dengan  beberapa pilihan kata seperti “dengan hormat, Assalamualaikum, salam sejahtera”. Hal yang sering dilupakan adalah membubuhkan tanda koma di akhir salam pembuka, setelah membaca artikel ini jangan sampai  lupa lagi ya.

  • Isi Surat

Yang perlu diketahui mengenai isi surat dibagi menjadi tiga bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup.  Ada juga surat yang isinya jauh lebih ringkas misalnya saja hanya terdapat pembukaan dan isi bahkan salamnya saja dijadikan dalam satu alinea. Dan yang perlu diperhatikan ketika membuat surat resmi Anda harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan. Untuk bahasanya juga gunakan Bahasa yang mudah dipahami. Hal ini bertujuan supaya tidak menyebabkan multitafsir.

  • Salam Penutup

Dan yang terakhir adalah salam penutup, jangan lupa membubuhkan nama, tanda tangan dan stempel. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya. banyak orang yang masih bingung membuat surat resmi padahal sangat mudah untuk membuatnya.

Berikut Tujuan Dari Surat Resmi

  • Sebagai sarana alat komunikasi ataupun dokumen pengingat. Hal ini dikarenakan surat dinas setelah dibuat bisa disimpan dan juga dijadikan arsip, jadi jika ada kepentingan mengenai surat tersebut Anda bisa membukanya kembali.
  • Surat dinas bisa dijadikan acuan untuk mengerjakan tugas misalnya saja, penulisan surat dengan tujuan memberikan instruksi, mengambil keputusan dan juga memberikan izin.
  • Menjadi bukti ketika ada perjanjian yang melibatkan kedua belah pihak lembaga.
  • Menjadi bukti untuk menelaah adanya perkembangan dalam sebuah lembaga ataupun perusahaan.

Semoga dengan contoh surat resmi di atas dapat memberikan Anda gambaran bagaimana cara membuat surat dengan baik dan benar.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *