Apa itu Tokopedia dan Apa Saja Fitur Di Dalamnya

2 min read

apa-itu-tokopedia-dan-fiturnya-1

Apa itu Tokopedia dan Apa Saja Fitur Di Dalamnya – Aktivitas jual beli online melalui marketplace saat ini sedang naik daun. Marketplace adalah sebuah platform yang menjadi perantara penjual dan pembeli sekaligus bertindak sebagai perantara penyedia tempat untuk melakukan penjualan yang disertai dengan fasilitas pembayaran.

Berbagai produk ditawarkan dalam marketplace, mulai dari produk fashion, kecantikan, kuliner hingga jasa tanpa anda harus melakukan tatap muka dengan penjual ataupun pembeli. Anda tinggal memilih dan melakukan pembayaran melalui fasilitas pembayaran yang sudah disediakan, nantinya barang akan dikirimkan langsung oleh penjual ke rumah anda.

Salah satu marketplace yang paling terkenal saat ini adalah Tokopedia. Berbagai invonasi sudah banyak diciptakan oleh Tokopedia untuk mempermudah penjual dalam menjual barangnya ataupun buyer untuk mencari barang yang diinginkannya. Pertumbuhan penggunanya semakin bertambah dari tahun ke tahun membuat banyak pengguna mempercayakan penjualan dan pembelian barangnya melalui Tokopedia.

Apa itu Tokopedia?

apa-itu-tokopedia-dan-fiturnya-1

Sebagai marketplace terdepan di Indonesia, Tokopedia adalah mall online yang memungkinkan penjual untuk membuka toko nya dan melakukan penjualan dengan mudah tanpa harus memikirkan sewa toko dan bayar gaji pegawai. Mengedepankan keamanan transaksi, Tokopedia menawarkan sebuah pengalaman jual beli online yang aman, mudah dan nyaman.

Tokopedia didirikan para 17 Agustus 2009 oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison yang didanai pertama kali oleh PT. Dwitama. Setelah mulai menancapkan kaki di Indonesia, perlahan Tokopedia mendapatkan suntikan dana sebesar USD 100 juta oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

Sepanjang perjalanannya Tokopedia berhasil mendapatkan banyak penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-commerce (Markplus Conference 2015), Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.

Tidak hanya berhenti disitu, Tokopedia berhasil berada di posisi puncak sebagai aplikasi paling populer di Apple Store mengalahkan Facebook, Whatsapp dan Instagram pada Mei 2018, Posisi ketiga di Top Chart Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram. Desember 2018 Tokopedia menjadi aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.

Sampai saat ini Tokopedia selain marketplace, Tokopedia memiliki banyak produk digital yang membuat para penggunanya semakin nyaman menggunakan Tokopedia untuk keperluan sehari harinya, seperti :

  1. TokoCash
  2. Tiket Kereta Api
  3. Air PDAM
  4. Angsuran Kredit
  5. Pascabayar
  6. Gas PGN
  7. Mitra Toppers
  8. Pulsa
  9. BPJS
  10. Telkom
  11. Donasi
  12. Voucher game dll

Kesemuanya ini membuat hidup menjadi semakin mudah, apalagi sekarang sudah dilengkapi dengan payment gateway yang bekerjasama dengan OVO. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan masyarakat pengguna dapat melakukan semuanya di Tokopedia, tidak usah ribet harus kesana kesini.

Baca juga : Bagaimana Cara Membeli Reksadana di Tokopedia

 

Fitur Tokopedia

cara-melacak-pengiriman-barang-di-tokopedia-3

Tokopedia memiliki banyak fitur yang membuatnya menjadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia sebagai tempat berjualan ataupun mencari barang yang diinginkan

1.TopAds

Dengan menggunakan fitur TopAds toko ataupun produk yang dipromosikan dapat dilihat banyak calon pembeli, karena muncul di pencarian teratas halaman yang diakses pembeli saat melakukan pencarian barang melalui kata kunci yang diinginkan.

2.Statistik Toko

Melalui statistik toko penjual bisa memantau perkembangan toko, dengan begini penjual bisa merencanakan strategi penjualan yang tepat supaya toko bisa semakin berkembang. Statistik toko bisa diakses bagi pelanggan Gold Merchant.

3.Gold Merchant

Ini adalah fitur berbayar di Tokopedia yang memberi kemudahan utuk penjual dalam pengelolaan toko nya. Penjual bisa melakukan perhitungan kurs dollar, informasi toko fisik yang dapat diakses di katalog, penambahan admin dan masih banyak lagi.

4.JNE Online Booking

Dengan menggunakan sistem otomatis ini, penjual tidak perlu lagi memasukkan resi manual karena sudah masuk secara otomatis melalui JNE. Jadi bisa menghemat banyak waktu penjual dalam menginformasikan resi pengiriman.

5.Preferred Logistic Partner

Logistic partner Tokopedia adalah JNE, jadi pengiriman dengan menggunakan JNE akan mendapatkan cashback sebesar 2% dari setiap ongkos kirim yang dikeluarkan.

6.TopPoints

TopPoints diberikan oleh Tokopedia kepada pembeli aktif yang beruntung. Point yang didapatkan bisa ditukar dengan berbagai voucher salah satunya voucher diskon 20% untuk semua produk yang ada di Tokopedia.

7.Lucky Deal

Kalau TopPoints diberikan kepada pembeli aktif, maka Lucky Dela diberikan kepada penjual aktif. Ada cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan penjual dari Lucky Deal dalam satu periode.

8.Reputation System

Ini adalah sistem penilaian yang diberikan untuk toko, pembeli dan juga produk untuk menggantikan sistem review. Disini bukan hanya pembeli yang memberikan penilaian kepada penjual, namun penjual bisa juga memberikan penilaian kepada pembeli.

9.Pusat Resolusi

Segala permasalahan yang terjadi dalam jual beli diselesaikan dalam Pusat Resolusi, seperti misalnya barang yang terkirim tidak sesuai deskripsi. Tidak perlu khawatir selama permasalahan belum teratasi dana masih ditahan oleh rekening Tokopedia menunggu selesainya permasalahan baru dana diteruskan ke penjual.

10.User Management

Ini adalah fitur berbayar yang dapat digunakan oleh penjual apabila sudah mulai kewalahan melayani pelanggan karena tingginya angka penjualan. Penjual dapat menambahkan hingga 10 admin untuk membantu penjual dalam mengelola toko, dimana admin dapat mengakses inbox, kelola toko dan transaksi.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *