Info Mudah

Adanya Subsidi Listrik dan Tagihan Pajak karena corona, positif atau negatif?

Wabah Corona telah menyebar ke berbagai negara termasuk di Indonesia. Kasus Covid 19 di negara ini bahkan tinggi. Corona juga berdampak pada...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
subsidi listrik dan pajak

Wabah Corona telah menyebar ke berbagai negara termasuk di Indonesia. Kasus Covid 19 di negara ini bahkan tinggi. Corona juga berdampak pada perekonomian negara. Tak heran pemerintah kemudian mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menyelamatkan laju ekonomi di dalam negeri. Pemerintah juga memberikan subsidi kepada masyarakat untuk mengurangi ekonomi di tengah pandemi Corona. Berikut adalah beberapa subsidi yang diberikan kepada masyarakat :

subsidi listrik dan pajak

Subsidi listrik

Subsidi pertama yang diberikan oleh pemerintah adalah subsidi listrik selama 3 bulan. Subsidi ini diberikan kepada pengguna listrik 450 volt dan 900 volt baik pascabayar dan prabayar. Untuk kelompok 450 volt akan bebas biaya listrik selama 3 bulan dari bulan April hingga Juni 2020. Sedangkan kelompok 900 VA akan mendapat diskon biaya listrik hingga 50%. Meski begitu tidak semua jenis pengguna listrik mendapat subsidi. Bagi mereka yang memiliki tagihan listrik pascabayar, mereka akan segera bebas atau dikurangi tagihan listriknya. Sementara mereka yang prabayar akan mendapat token gratis dalam bentuk voucher.

Token ini dapat diperoleh melalui whatsapp atau situs web PLN atau kantor PLN setempat. Klaim token gratis melalui WhatsApp dengan menghubungi nomor 08122123123 dengan memasukkan ID pelanggan. Token akan dikirim langsung melalui kotak masuk whatsapp. Untuk token gratis yang diakses melalui situs web, kunjungi saja www.pln.co.id. Masuk ke menu pelanggan lalu pilih Covid stimulus 19. Masukkan ID pelanggan maka token gratis akan muncul. Subsidi ini hanya untuk 450 VA dan 900 VA yang disubsidi.

Subsidi Instal Delay Kredit

Selain listrik, masyarakat juga menerima subsidi untuk menunda pembayaran kredit. Keterlambatan angsuran kredit ini termasuk hipotek untuk angsuran kendaraan. Untuk mendapatkan angsuran penundaan ini harus tidak memiliki tunggakan sebelum 2 Maret 2020. Untuk mengajukan permohonan bantuan angsuran, prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh formulir restrukturisasi atau pembayaran cicilan di situs web perusahaan pembiayaan tempat Anda berutang
  • Setelah selesai, kirim formulir ke email perusahaan
  • Jika aplikasi disetujui oleh perusahaan keuangan maka Anda akan mendapatkan notifikasi dari email
  • Penghapusan kredit itu sendiri tergantung pada jaminan atau kendaraan lain yang dimiliki oleh debitur sesuai dengan perjanjian pembiayaan

Penundaan pembayaran kembali kredit ini bahkan dapat diajukan hingga satu tahun. Terutama keterlambatan dalam properti angsuran. Sedangkan angsuran lainnya hanya bertahan 6 bulan. Pandemi Covid 19 diperkirakan akan berakhir hingga Juni mendatang. Meski begitu kasus Corona akan tetap ada, tetapi kegiatan bisnis akan meningkat sedikit demi sedikit selama penurunan kasus. Puncak pandemi Corona itu sendiri akan dimulai saat puasa dan Idul Fitri yang kegiatan mudik berlanjut meskipun telah didesak untuk dihapuskan.

 Subsidi pajak

Pemerintah juga menyiapkan stimulus di bidang perpajakan. Kementerian Keuangan telah menunda pembayaran pajak karyawan sebesar 20% dari total kewajiban selama 4 bulan ke depan. Perusahaan yang dapat melaksanakan kebijakan ini adalah perusahaan yang pendapatannya di bawah Rp.50 juta. Pemerintah memberikan subsidi pajak karyawan dari April hingga 6 bulan ke depan. Ini berarti bahwa gaji karyawan diterima pembayaran penuh tanpa potongan pajak. Bukan hanya PPh 21 yang mendapat stimulus tetapi juga PPh 25. Insentif ini berlaku untuk perusahaan manufaktur untuk memfasilitasi impor dan ekspor selama pandemi Corona. Selain itu ada juga kartu pra kerja yang dibagikan kepada pekerja yang diberhentikan dan yang diberhentikan atau tidak bekerja. Kartu pra-kerja ini memberi pemegang kartu hak untuk mendapatkan bantuan keuangan hingga Rp. 1.000.000 per bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *