5 Cara Hidup Bermasyarakat Dilingkungan Sekitar

1 min read

5-kiat-hidup-bermasyarakat

Infomudah – Manusia satu dengan lainnya, memang ditakdirkan oleh Tuhan sebagai makhluk sosial yang tentu saja saling bergantung satu dengan lainnya, sehingga menciptakan kehidupan bermasyarakat. Tentu saja, kehidupan bermasyarakat ini, bisa anda bangun dengan pondasi yang kokoh agar nantinya hubungan anda dengan lingkungan sekitar membaik, dan anda bisa nyaman dalam berkehidupan di lingkungan dimana anda tinggal saat ini, karena lingkungannya kondusif.

5-kiat-hidup-bermasyarakat

Konflik yang terjadi dalam bermasyarakat, biasanya terjadi karena hal – hal sepele yang dibesarkan. Ini tentu saja merupakan salah satu faktor penyebab hidup anda tidak nyaman, dan selalu gelisah, jika kehidupan dan hubungan anda dengan lingkungan sekitar tidaklah baik dan bahkan retak. Maka apa saja cara hidup bermasyarakat yang bisa anda terapkan dilingkungan anda. Berikut adalah beberapa ulasan menariknya, yang bisa anda ketahui.

Cara Hidup Bermasyarakat Dilingkungan Sekitar

1.Menyapa dan senyum

Semua hal yang berkaitan dengan kehidupan yang tentram, sebenarnya berawal dari hal – hal yang kecil. Senyum dan sapa kepada tetangga ketika berapapasan selain merupakan hal penting yang mesti kita lakukan, dampaknya juga akan sangat baik, dimana nantinya anda akan dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan dan ramah dengan tetangga anda. Terlebih ketika posisi anda sebagai masyarakat pindahan yang baru menetap.

 

2.Beribadah bersama

Hal lainnya yang bisa mendatangkan ketentraman dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat adalah dengan melakukan ibadah bersama dengan oranglain dilingkungan anda. Jika anda seorang muslim, maka shalat jamaah di masjid, aktif di kegiatan ibadah yang diselengarakan dilingkungan anda, merupakan hal yang baik untuk dilakukan, agar selain menambah keimanan anda, juga baik untuk kehidupan sosial anda.

 

3.Gotong royong

Jika anda mau bergotong royong dengan warga sekitar, misalnya saja dalam hal kerja bakti yang diadakan dikawasan Rukun Tetangga anda, atau RT, dan menjadi tenaga sukarelawan untuk membangun fasilitas bersama seperti Pos Ronda, atau tempat ibadah dilingkungan anda, tentu saja masyarakat akan jauh lebih mengenal anda, dan anda bisa diterima sebagai orang baik dikalangan lingkungan.

Baca juga5 Rahasia Hidup Sehat Dan Tidak Mudah Sakit

4.Menjaga keamanan

Ini merupakan salah satu langkah lainnya dalam membangun kehidupan bermasyarakat. Menjaga keamanan diwilayah anda, adalah hal yang bisa menjadi kontribusi anda dalam bermasyarakat. Misalnya saja dengan rutin mengikuti ronda, jika anda adalah laki – laki, atau membantu biaya keamanan, yang biasanya ditarik rutin setiap minggunya di lingkungan anda.

 

5.Hidup sederhana

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki sifat iri satu dengan lainnya. Maka agar anda tidak memicu rasa iri dan dengki dari oranglain, maka bersikap sederhana, misalnya saja dari bangunan rumah anda, bersikap dan berbicara dengan oranglain, dan lainnya, adalah hal penting dalam bermasayarakat, agar nantinya kerukunan dan kehidupan anda dilingkungan juga nyaman, dan jauh dari sifat sombong.

Itulah beberapa cara hidup bermasyarakat yang baik, sehingga dengan menjalin kehidupan yang tentram dan nyaman, kehidupan anda juga imbasnya lebih tentram dilingkungan anda. Semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *