Info Mudah

3 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak harus diketahui oleh para anggota, karena jika kartu BPJS dalam keadaan mati, maka layanan tidak...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >

Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak harus diketahui oleh para anggota, karena jika kartu BPJS dalam keadaan mati, maka layanan tidak bisa diberikan kepada anggota. Untuk itu pastikan keanggotaan Anda di BPJS dalam keadaan aktif agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. BPJS merupakan layanan kesehatan yang disediakan oleh negara, sehingga tidak mungkin Anda dikeluarkan begitu saja.

Tentu terdapat beberapa alasan mengapa status kartu keanggotaan BPJS Anda non aktif, salah satu penyebabnya adalah karena Anda tidak membayar iuran. Untuk itu pastikan Anda membayar iuran BPJS tepat waktu agar layanan BPJS bisa terus aktif. Tidak ada orang yang mengetahui dengan tepat kapan akan membutuhkan pelayanan kesehatan. Untuk itu sebaiknya Anda melindungi diri dengan layanan kesehatan BPJS.

Berikut cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak

Mungkin secara tidak salah Anda melakukan beberapa pelanggaran yang membuat status keanggotaan BPJS Anda tidak lagi aktif. Hal ini harus diketahui sebelum Anda membutuhkan layanan kesehatan. Terdapat 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek status keanggotaan BPJS Anda. Berikut cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak.

1.Melalui website

cek-bpjs

Saat ini Anda bisa mengecek status keanggotaan BPJS melalui sistem online. Hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, simaklah langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka browser yang terdapat pada ponsel maupun laptop Anda. Ketikkan BPJS kesehatan, maka akan muncul halaman resminya paling atas. Kemudian klin BPJS Checking.
  • Anda akan masuk ke halaman cek status keanggotaan BPJS.
  • Anda akan diminta untuk menginput beberapa informasi pribadi yang diperlukan seperti no peserta, tanggal lahir, dan nomor validasi yang muncul. Klik Cek untuk mengetahuinya informasi detail mengenai status keanggotaan Anda.
  • Akan muncul seluruh data terkait dengan informasi yang sudah diinput sebelumnya. Dari informasi tersebut Anda bisa mengetahui apakah keanggotaan BPJS dalam keadaan aktif atau non aktif. Jika dalam keadaan tidak aktif, maka Anda akan melihat laporan tunggakan iuran yang belum dibayarkan. Anda bisa membayar tunggakan untuk mengaktifkan kembali keanggotaan BPJS.

2.Melalui customer service

Untuk mengecek keanggotan BPJS, Anda bisa menghubungi pihak customer service di nomor 1500400. Akan ditanyakan beberapa hal terkait dengan data diri agar pihak customer service bisa mengecek data Anda. Data yang dibutuhkan untuk mengecek status keanggotaan adalah nama dan juga nomor peserta BPJS. Seluruh informasi yang Anda butuhkan akan disampaikan oleh customer service. Melalui customer Anda bisa menanyakan informasi apapun terkait BPJS. Anda juga bisa memberikan keluhan dan juga saran agar BPJS bisa semakin memahami masyarakat secara luas.

Baca juga : Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

3.Melalui SMS gateway

cara-cek-status-bpjs-kesehatan-dengan-SMS

Layanan SMS gateway ini dihadirkan untuk memudahkan para peserta untuk mengetahui status keanggotaannya dengan cepat. Anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan format yang telah ditentukan, dengan cepat maka status keanggotaan BPJS Anda bisa diinformasikan. Untuk mengecek status keanggotaan BPJS, Anda bisa ketik NOKA<spasi>No kartu peserta BPJS atau NIK<spasi>No KTP. Kemudian Anda kirimkan ke nomor 087775500400. Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisikan status keanggotaan BPJS Anda.

Demikianlah 3 cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak. Anda bisa memilih salah satu cara yang dianggap paling mudah. Setelah Anda mengetahui status keanggotaan, maka Anda bisa lebih tenang jika status keanggotaan masih dalam keadaan aktif. Namun Anda harus mencari solusinya jika keanggotaan BPJS Anda dalam keadaan non aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *